9 Cara Belajar Pintar

coretan kecil anisa ae

Anisa AE - Sudah belajar tiap hari, buka buku ini, buka buku itu, hasilnya segini-segini mulu. Ayok deh, tutup bukunya. koreksi, di mana letak kesalahannya? Mungkin kita sendiri yang salah atau cara belajar kita yang kurang tepat. Agar bisa paham pelajaran dan semakin rajin, ini ada beberapa tips belajar cerdas biar materi yang kita pelajari cepat nyantol di otak.

1. Membaca
Membaca sudah menjadi dasar penting sebuah pembelajaran. Ngga ada lho, orang pintar di dunia ini tanpa membaca. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan membaca, Salah satunya adalah pengetahuan. Dengan membaca kita bisa memperluas cakrawala ilmu.

2. Memahami
Apa pun yang kita baca, jangan hanya sampai dibaca saja, tapi juga dipahami baik-baik. Tidak perlu dihafalkan apa yang udah kita baca. Cukup pahami saja. Memahami lebih mudah dari pada menghafalkan.







3. Mencatat materi yang dijelaskan
Jangan hanya mengandalkan apa yang kita baca dari buku-buku. Sebaiknya kita memperhatikan apa yang guru jelaskan. Biasanya apa yang guru jelaskan kadang tidak tercantum di buku. Maka, jangan malas mencatatnya dan pelajari catatannya sepulang sekolah.

4. Hafalkan kata kunci
Menghafal memang boleh, tapi cukup hafalkan kata kuncinya saja. Ngga bagus kalo kita hafalkan semua yang kita baca. Kalau kita menghafal, biasanya akan cepat lupa. Beda dengan memahami. Kalau kita paham, pasti kita tidak akan lupa keran kita sudah paham.

5. Jadwalkan waktu belajar
Ada waktu-waktu tertentu yang kita sukai untuk belajar. Nah, kalau sudah memiliki waktu favorit, susunlah jadwal untuk belajar sesuai dengan waktu yang kita sukai.







6. Ciptakan suasana yang mendukung
Belajar dengan suasana yang mendukung sangatlah efektif. Apa jadinya kita belajar kalau suasananya sangat tidak mendukung. Pasti apa yang kita pelajari ngga akan masuk ke otak. Masuk sih, Cuma mampir doang habis itu kabur lagi.

7. Kembangkan materi yang diberikan
Setelah kita membaca, mencatat, dan memahami, jangan lupa juga untuk mengembangkan materi yang ada. Atau lihat implementasi dari teori-teori yang kita pelajari di lingkungan sekitar. Dengan begitu kita akan mudah paham dengan apa yang kita pelajari.







8. Istirahat cukup
Tanpa istirahat yang cukup, badan akan letih seharian. Jadi, sebaiknya, setelah belajar, kita mengistirahatkan badan. Ngga usah begadang. Seperti kata bang haji Roma Irama, Begadang tiada artinya. Begadang kan memang ngga ada untungnya.

9. Doa
Ini adalah akhir dari segalanya. Jika semua usaha sudah kita lakukan dengan maksimal, maka tak ada lagi selain berdoa. Menyerahkan semuanya kepada sang pemberi kehidupan, karena hanya Dia yang bisa membolak-balik hidup ini.

Nah, kalo semua udah dilaksanakan, silakan cek hasil belajarmu nanti. ^^v, Semangat!







Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About ilmi cilik

10 komentar:

  1. setuju sama tipsnya :D
    memperhatikan guru penting banget.. kadang guru kasih contoh baru, tips sampai kisi2 buat ujian :D

    ReplyDelete
  2. yang nomor 5 itu sebenarnya penting.."Jadwalkan Waktu Belajar"...tpi susahnya mbak ngatur waktu dan menaatinya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sebenarnya gak susah, tergantung kita aja

      Delete
  3. tips yang membangun mbak,yakin deh kalau tipsnya di jalankan pasti akan pintar :)

    ReplyDelete
  4. Setuju Mak...Do'a paling utama. Jika usaha sudah maksimal, tinggal serahkan pada yang di atas.

    ReplyDelete
  5. Tapi susahnya itu lho buat ngejalaninnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tergantung masing-masing individu sih

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.