Cara Mengatur Kamar Kost yang Sempit agar Telihat Lapang






Berbagi dan menginspirasi
Yang udah pada nge-kost, pasti sebagian di antaranya punya uneg-uneg buat ngatur kamar kost yang ukurannya ngga luas-luas amat. Untuk kalian yang dari jurusan arsitektur dan temen-temennya, saya angkat tangan aja. Pasti kalian lebih jago nata kamar kost-nya.

Ngga salah kan kalo saya yang ngga dari jurusan apa-apa ini pengen berbagi sedikit tips ke temen-temen tentang cara mengatur kamar kost yang sempit agar terlihat lapang. Berdasarkan pengalaman, ada banyak banget temen-temen yang sama-sama senasib se-kost, ngeluh ngga bisa nata barang-barang di kamar. Jadinya, kamar yang udah sempit, malah tambah sempit dan terkesan berantakan. Udah dicoba atur-atur barang biar keliatan lapang. Alhamdulillah-nya, tetep sempit.

Nih ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan.

1. Taruh barang-barang besar di atas lemari.
Pada punya lemari, kan? Nah, barang-barang yang berukuran besar dan ngga kepake, itu bisa kalian taruh di atas lemari. Kertas-kertas materi atau hasil ujian yang ngga terlalu terpakai juga sebaiknya disimpan di dalam koper. Sewaktu-waktu kalo butuh kita bisa turunin koper itu lagi, dan kertas-kertas atau dokumen-dokumen yang kita simpan di dalamnya masih tetap aman.


2. Seringlah jual barang :-D
Barang yang dijual sih jangan barang-barang yang penting dan selalu dibutuhkan, ya. Saya punya contoh, misalnya saya udah beli dispenser. Dan ternyata setelah dua tahun dipake, dispenser itu rusak atau udah ngga dipakai lagi. Daripada penuh-penuhin tempat dan kita yakin ngga bakal terlalu butuh lagi, mending dijual aja. Selain dapet duit, ruang-ruang kosong juga tersisa banyak.





3. Letakkan kasur di sudut ruangan
Ada sih temen-temen yang suka banget meletakkan kasurnya di tengah-tengah ruang. Akibatnya apa, ruang yang lapang jadi tersisa dikit. Mau gerak-gerak agak susah. Beda lagi kalo kasur ditaruh di pojok ruangan, kamar akan semakin kelihatan longgar.


4Selalu rapikan baju dan peralatan kuliah atau kerja
Jadilah anak kost yang rapi dan rajin. Selain rajin kerja atau kuliah, kita juga harus jadi anak kost yang rajin. Jangan mentang-mentang ngga ada orang lain selain kita di dalam kamar, kita jadi seenaknya aja main taruh barang. Sepatu bahkan sendal bisa aja ditaruh di kamar kost. Jorok. Inget ya, kebersihan kan sebagian dari iman. Jadi, ngga ada salahnya kan kalo rajin bersih-bersih. Dapat pahala lagi.


5. Buat rak-rak kecil di permukaan dinding
Kalo ada duit lebih, mending beli rak-rak kecil yang bisa diletakkan di dinding. Enaknya kita ngga usah beli rak buku kalo misal kita suka koleksi buku. Buku bisa kita taruh di rak-rak kecil itu, jadinya ngga perlu buang-buang banyak tempat untuk rak buku.

Nah, itu tadi sedikit tips mengatur kamar kost biar ngga keliatan sempit. Semoga info ini bemanfaat buat kalian ya. salam.

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v






Share on Google Plus

About ilmi cilik

32 komentar:

  1. menarik, mak,
    sayangnya ibu kosku ga izinkan dinding dipaku, jadi aku ga bisa bikin rak dinding :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, gak apa-apa Mbak. ^^v. Bisa diletakkan di kardus.

      Delete
  2. Cuma tambahan Mak,kalau mau lebih lapang lagi, tidak usah pakai kasur. Beli sofa yang bisa dibuka jadi kasur, jangan banyak menggantung gambar, kurangi pajangan diatas lemari.Lemari buku baiknya berpintu/berhorden kalau tak ada pintu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mak tambahannya. :) Manteb banget deh. :D

      Delete
  3. wah jarang-jarang nih ada info tentang kamar kos, boleh lah nih jadi nambah ilmunya nih dan kayaknya juga bisa segera di aplikasikan nih hehehe. Ohw ya saya juga punya artikelnih mengenai cara mengatur ruang tamu kecil yang mungkin saja bisa menambah info dan wawasan juga http://deasin-rumah-minimalis.blogspot.com/2014/01/cara-mengatur-ruang-tamu-kecil.html makasih ya :)

    ReplyDelete
  4. Makasih .... Meluncur ke ruang tamu kecilnya. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah.... kamar kosku ditempatin ber-4 lho Mbak... cukup sempit, tapi alhamdulillah muat-muat aja. Kita jarang beres-beres, jadinya lebih sering beraktakan. Intinya saling memahami biar gak jadi konflik.

    ReplyDelete
  6. Wah, keren persahabatannya. ^^

    ReplyDelete
  7. wahh membantu sekali tips nya mbak nisa... memang harus begitu...

    ReplyDelete
  8. nice info mbak nisa
    bisa dicoba juga untuk dindingnya dipasangin cermin yg agak besar biar makin berasa lapang :)

    ReplyDelete
  9. intinya harus rapi dan kreatif sebenarnya... Dan ini yang susah aku ikutin... karena aku orangnya berantakan abesss *ngaku dosa*

    ReplyDelete
  10. awal awal si bisa merapikan baju tapi lama kelamaan tetap saja berantakan .
    kamar kos yang luas jadi terlihat sempit haha

    ReplyDelete
  11. Hahah Juallah barang barang... lah ngapain di beli kalo mau dijual hehhe
    tapi ampuh kok tipsnya... saya juga lagi sering jualin barang2 teman saya...*lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho? :v Wah, gawat mas ini. Barang temannya dijual. Hahahaha

      Delete
  12. Kalau dulu kan temenku sering main ngerjain tugas bareng di kost ya Mba, jadinya biar muat banyak kasurnya aku gulingin ke atas. Eh bener nggak sih bahasanya. Aku

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah ngerasain kos :D

    ReplyDelete
  14. Meminimalkan barang dikamar dengan jual-juali yang nggak perlu emang penting ya maaaak.. Hihihiii. Dan harus rajin beres-beres, bener bangeeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya. Jual biar dapat uang.

      Delete
  15. Saya gak pernah nge-kos sih tapi kayaknya bisa dipraktekin juga buat kamar berukuran kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bangetlah mbak. Kebetulan kamarku juga mini

      Delete
  16. rak-rak kecil penolong banget untuk kamar atau ruangan yang sempit ya mba :D

    ReplyDelete
  17. memang kalo kamar kecil susah2 gampang menata kamar ya, namun jika barang2 yang jarang kepakai biasanya saya juga letak diatas lemari, agar ruangan gak penuh barang dilantai..

    ReplyDelete
  18. jadi nostalgia jaman aku kuliah dan ngekos...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa ketika berkawan dengan indomie. :D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.