Hal-Hal yang Bikin Kita Ngga Jadi Nulis






Anisa AE - Ada beberapa hal yang bikin saya pengen nulisin ini, ‘hal-hal yang bikin kita batal nulis’.
Pertama, karena beberapa minggu terakhir saya jadi males nulis. Mungkin juga karena lagi skripsi dan nyiapin wisuda, sih. Eits, sebenernya itu cuman alasan doang. haha. Padahal aslinya ya emang males. Kedua, bener-bener males.

Temen-temen pembaca pasti lebih tahu nih apa yang bikin kita batal nulis. Apalagi kalo salah satu, dua, atau tiga di antara banyaknya pembaca adalah penulis. Tapi ngga apalah ya saya sharing-sharing dikit mengenai ini. Biar temen-temen yang baru belajar nulis atau sedang menulis, ngga ikut ketularan males. Atau paling tidak, bisa menghindarkan diri dari berbagai hal berikut ini sebelum menulis.

1. Ngintipin sosial media
Kalo udah nyiapin diri di depan laptop, aduuh, jangan sekali-sekali deh ngintipin sosial media. Maksud hati Cuma intip bentar aja, semenit. Eh, tau-tau kebablasan deh. Waktu udah berjalan dua jam dan kita sudah sangat asyik nulis. Iya, nulis status.

2. Balas SMS/BBM
Kalo bisa sebelum nulis, silent atau kalo perlu matiin hape. Bunyi hape bisa gaggu konsentras kita kan. Apalagi kalo ada BBM masuk dan setelah di cek, eh, BBM dari si dia. Pengennya sih tinggal aja dulu. Tapi tetep aja ngga bisa nahan diri buat ngga bales BBM, toh.

3. Acara TV yang asyik
Pergi jauh-jauh deh, dari TV. Mungkin ada sih beberapa temen yang udah jago banget nulis dalam keadaan apapun. Jago nulis di tengah keramaian, di tengah orang berantem, atau di tengah badai sekalipun. Mereka ngga bakal keganggu hanya karena acara TV. Tapi, untuk temen-temen yang suka banget ngolor kegiatan nulis gara-gara acara TV, mending matiin dulu deh tivinya.

4. Kepikiran sama buku yang baru dibeli dan belum dibaca
Sebaiknya, ya, kalo habis beli buku langsung baca aja. Daripada kepikiran isi buku karena penasaran, entar malah ngga konsen nulis.






5. Dapat telepon dari pacar atau orang penting
Nah, ini nih. Pasti banyak kan, yang ngalamin. Hihi. Udah seriuuuus banget nulis. Eh, tau-taunya si dia telepon. Konsentrasi dan jalan cerita yang terbangun, mulai goyah dan bubar satu persatu. Udah susah-susah nyusun, eh, segampang itu ngerusaknya ya.

6. Sakit
Kalau ini sih mungkin dari gaya hidup kali, ya? Kalo udah sakit, ngga bisa deh nolak. Sakit itu paling ngga enak. Jangankan nulis, buat bangun aja bikin kepala cenut-cenut terus.

7. Padat kegiatan dan terlalu lelah
Ya, mungkin ini cuman alasan kali ya. selelah apapun, sebenernya kita masih bisa sih bagi waktu buat nulis. Nulis kan, ngga harus sepuluh lembar. Setengah paragraf pun juga termasuk nulis, kan. Bahkan nulis status juga gitu, termasuk nulis.

Tips-tips ini ngga berlaku buat kalian yang udah pada jago nulis. Apalagi jago menej waktu. Bahkan jago ngelakuin beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan.

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v



Share on Google Plus

About ilmi cilik

4 komentar:

  1. kadang malah gak ada ide buat nulis mak hehehe... itu salah satu kendala juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal ide ada di mana-mana lho. Tinggal gimana kita mendapatkannya. ^^v

      Delete
  2. Iya mak, bener bgt, pdahal ide selalu bermunculan, tetapi sll aja ada godaan yg bikin gak betah lama2 depan leptop... hikz :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa oh kenapa? Mungkin perlu me time khusus di depan lepi, ya? ^^v

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.