Kuliah Sambil Kerja? Ngga Masalah!


Berbagi dan menginspirasi
Kuliah Sambil Kerja, Siapa Takut?
Kata siapa kerja paruh waktu itu susah?
Tidak ada hal yang tidak bisa kita lakukan asal kita yakin. Mungkin kalimat itu yang tepat untuk selalu memompa semangat kita ketika memilih untuk kerja sambil kuliah.

Banyak sekali mahasiswa yang merangkap bekerja, entah menjadi tenaga freelance, karyawan toko, penjaga warnet atau bahkan ada yang usaha online. Oke, semua itu baik. Yang menjadi tidak baik adalah ketika kita memilih kuliah sambil bekerja, lantas, karena terlalu terlena dengan pekerjaan kita, jatuhnya malah lupa dengan kewajiban utama. Yakni, belajar sebaik mungkin di kampus. Akibatnya seringkali bolos kuliah atau bahkan mandeg. Ujung-ujungnya cuma bisa meraih gelar MA (Mahasiswa Abadi)

Oh, tidak. Siapa sih yang ingin mendapatkan gelar seperti itu? Tentu semua mahasiswa selalu ingin lulus dengan nilai yang baik dan tepat waktu. Ya, namanya juga paruh waktu, ngga gampang loh kerja sambil kuliah! Mungkin sederet kalimat itu yang timbul tenggelam dalam pikiran kita. Membenarkan sesuatu untuk membela diri padahal sebenernya emang kurang benar.

Ketika kita memilih paruh waktu, kuliah sambil bekerja, maka, kita pasti sudah memikirkan terlebih dahulu konsekuensi yang akan kita terima, bukan? Capek, itu pasti. Lelah, jelas. Namun, itu semua bukan penghambat untuk bisa menyeimbangkan keduanya. Kuliah ok, dompet, juga ok. Caranya?

Ini ada beberapa tips untuk teman-teman yang ingin kuliah sambil kerja:

1.     Niatkan dalam hati, kuliah sambil kerja. Bukan kerja sambil kuliah. Niat kita dari awal adalah kuliah, jadi bagaimanapun keadaannya kita harus selalu menomorsatukan kuliah.
2.     Seimbangkan keduanya. Menyeimbangkan keduanya tidaklah mudah. Kadang kita malah cenderung malas untuk berangkat ke kampus dari pada ke tempat kerja. Waktu kuliah fokus pada kuliah, waktu kerja ya fokus pada kerja. Ada waktu luang, segerakan tugas kuliah yang menunggu.
3.     Jaga kesehatan sebaik mungkin. Atur waktu sebaik mungkin. Manfaatkan waktu untuk beristirahat, jangan membuang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.
Share on Google Plus

About ilmi cilik

14 komentar:

  1. Bener bangeeet. Kuliah sambil kerja jangan kerja sambil kuliah. Nanti kayak aku, kuliah ora uwis uwis. hihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, enaknya gimana, ya? Aku mah belum ngrasain kuliah. :D

      Delete
  2. saya sebagai pelakunya mau ngaku, kuliah baru beres 7 tahun :)) hahahaha. seru, mak nisa. kadang2 saya nyesel juga ngapain kerja segala wong kuliah aja belum beres. tapi saya seneng juga, karena di bangku kuliah gak diajarin cara komunikasi sama orang, ga diajarin gimana cara mengemukakan pendapat yang baik di muka si bos, gak diajarin etika komunikasi lah intinya. semuanya belajar dari pengalaman. saya sih ngeliat keunggulan ini nih yang didapat kalau kita kuliah sambil kerja, ibaratnya dewasa sebelum waktunya, tapi dengan cara yang baik. hohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho. Seru mak seritanya. Jadi pingin kuliah. :D

      Delete
  3. mba aku kliah sambil kerja dari awal masuk tapi kenapa yah ipk nya slal pas pasan walau lebihdari rata rata....

    ReplyDelete
  4. Lebih dari rata-rata itu harus disyukuri lho. :) Dengan banyak bersyukur, nanti akan ditambah. :)

    ReplyDelete
  5. Tapi biasanya kalo dah tahu bau duit, tetep bakal galau mana yg jadi prioritas: kuliahnya atau kerjanya. Biasanya sih justru kuliah yg dikorbanin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, biasanya sih emang gitu Mbak

      Delete
  6. Dulu waktu kuliah aku sempet berniat buat sambil kerja Mbak, ternyata waktunya nggak sempat, kuliah dari Senin sampai Sabtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, yang penting kan sekarang udah 'jadi', Mbak. ^^

      Delete
  7. Dua tahun ini aku ber-status sebagai mahasiswi dan karyawati. Kadang ngeluh capek, tapi ya resiko karna aku sendiri yang ambil keputusan. So far, menyenangkan kok kuliah sambil kerja walaupun jadinya gak punya waktu libur. Hihi kok jadi curhat ya :D

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.