5 Tips Menjalani LDR




LDR
Banyak orang bilang, katanya cinta tak mengenal jarak. Memang benar. Buktinya, banyak juga pasangan yang rela menjalin hubungan meski terpisak jarak yang tidak dekat atau biasa disebut long distance relationship (LDR). Sebagian di antara mereka yang akan atau tengah menjalani hubungan jarak jauh, mempersiapkan hatinya sekuat mungkin agar bisa memendam rindu. Mungkin banyak juga di luar sana, pasangan yang memilih mengakhiri hubungan cintanya ketika jarak menyambut di depan hubungan mereka. Tapi tak sedikit pula yang malah menguatkan hati untuk tetap menjalin hubungan meski dipisahkan jarak dan siap menerima berbagai konsekuensi.\


Sayangnya, membangun hubungan jarak jauh tidaklah mudah. Ada banyak sekali hal-hal yang mengancam dan meretakkan hubungan pasangan yang menjalin LDR kapan pun. Nah, untuk teman-teman yang akan atau tengah menjalin hubungan jarak jauh, nih, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Kepercayaan
Sudah banyak orang tahu, kalau kepercayaan amatlah berharga dalam suatu hubungan. Tanpa kepercayaan, sebuah hubungan bagaikan kapal yang melaju tanpa nahkoda. Bisa jadi berlayar tanpa arah, tersesat lalu diserang badai, menabrak karang dan hancur. Menumbuhkan kepercayaan satu sama lain amatlah penting. Tapi tidak semua hal yang ia katakan harus kita percaya. Kenapa? karena kita tidak tahu, benar atau tidak dia melakukan itu. Bisa saja tangannya melakukan A tapi bibirnya berkata B, bukan. Yang terpenting adalah jeli. Kita sudah mengenalnya, pastinya kamu tahu perubahan terkecil yang terjadi padanya. Bila ada yang berubah, kita berhak bertanya 'ada apa' padanya.







2. Komunikasi
Sudah menjadi kodrat makhluk hidup, sesamanya harus saling berkomunikasi. Tidak hanya dalam hubungan pacaran. Atasan dan bawahan, orang tua dan anak, guru dan murid pun harus berkomunikasi. Tanpa komunikasi, kita tidak akan merasa terikat secara emosional dengannya. Komunikasi yang kita jalin pun sebaiknya komunikasi yang proporsional. Jangan terlalu berlebihan. Secukupnya saja kita saling memberi kabar. Perlakukan dia sesuai dan dia tidak harus selalu memberikan kabar pada kita 24 jam nonstop. Begitu juga sebaliknya. Masing-masing kita memiliki kesibukan. Jadi, berkabar secukupnya sudah cukup ampuh untuk mengikatkan emosi.

3. Menjadwalkan waktu untuk bertemu
Namanya juga long distance relationship, ya. Jadi wajar dong kalau harus menahan rindu selama beberapa waktu untuk bertemu. Pada waktu-waktu tertentu, sebaiknya kita atur jadwal untuk menemukannya atau dia yang menemukan kita. Pertemuan yang singkat dan efektif bisa membuat hubungan yang kita jalani terasa semakin hangat.


4. Memberi kejutan
Salah satu poin ini juga penting untuk diterapkan. Tidak perlu kejutan yang mengeluarkan biaya. Cukup kejutan-kejutan kecil tapi membuatnya terharu. Misalnya, kita buat saja video yang berisi foto-foto kita dengan si dia, lalu kita kirim ke emailnya. Itu juga bisa jadi kejutan manis yang akan membuatnya tersenyum dan semakin subur menumbuhkan rindu.

5. Setia
Tidak akan ada hubungan yang berjalan lancar tanpa sebuah kesetiaan. Percuma saja jika kita melakukan semua hal dari empat poin di atas, tapi ternyata kita tidak setia. Ketika kita sudah diberikan kepercayaan, jangan lupa untuk selalu menjaganya. Karena dia sudah menempatkan hatinya di hati kita, maka kita harus senantiasa menjaganya.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan tinggalkan G+, ya? Kalau info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v








Share on Google Plus

About ilmi cilik

10 komentar:

  1. Aku udah pernah LDR 7 tahun dg suami & dalam waktu dekat akan LDR lagi. Kalau dimintai tips sama pasangan yg muda2 aku gak mau. Keluarga seharusnya tidak LDR, tidak baik bagi pasutri, tidak baik bagi anak2. Aku sudah telanjur, kalau gak LDR gak bisa makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. :( Aku juga LDR-an. Nyiksa banget.

      Delete
    2. Iya bener sekali mbak, saya juga LDR, rasanya nyiksa banget, apalagi skrg ada rencana pengen punya momongan lg.

      Delete
    3. Subhanallah, saya juga sedang hamil, Mbak. :( Jauh dari suami itu rasanya kangen mulu. :'(

      Delete
  2. Semoga ini ngebuat gue jadI lebih baik dalam menjalani LDR

    ReplyDelete
  3. Aq jg LDR mbak, 2x hamil ldr
    Tp kami memutuskan stl fase ini tak ada ldr lagi. Kasian anak2
    Smg qt diberi kekuatan ya mbaak :)

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.