14 Pilihan Pekerjaan untuk Mahasiswa



Anisa AE- Sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa jika harus serius belajar, belajar, dan belajar. Tapi tak bisa dipungkiri, mahasiswa akan terbelah konsentrasinya jika mendapat masalah keuangan. Bersyukur saja untuk mahasiswa yang kiriman dari orang tuanya tak pernah telat, bahkan selalu lebih nominalnya. Nah, untuk mahasiswa yang kirimannya selalu telat dan minus di akhir bulan, mereka biasanya memilih untuk meluangkan waktu demi mengumpulkan remah rupiah.

Untuk mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan part time di sela-sela waktu kuliahnya, ini ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa dan bisa dicoba.

1. Penjaga toko
Di toko-toko atau minimarket dekat lingkungan kampus, biasanya menerima pekerja part time. Menjadi penjaga toko juga lumayan memberikan penghasilan. Karena pada toko-toko tertentu ada yang berani membayar karyawannya sesuai UMR dengan waktu kerja rata-rata selama delapan jam.

2. Penjaga warnet
Menjadi penjaga warnet punya keuntungan sendiri buat kita. Selain kita juga dapat upah selama bekerja, kita juga bisa mendapatkan kesempatan untuk online setiap waktu. Kesempatan itu bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas dari kampus.

3. Membuka rental pengetikan
Punya komputer atau laptop sendiri, kan? Nah, kalo udah, kenapa ngga buka rental saja? Kan kita tahu sendiri kalau sebagian besar mahasiswa itu malas ngetik skripsi. Kesempatan seperti ini kita manfaatkan saja untuk membuka usaha rental pengetikan. Apalagi pekerjaan ini sangat fleksibel dan bisa kita kerjakan di mana pun dan kapan pun.

4. Menjual makanan di kantin kampus
Kalau usaha yang ini biasanya dilakukan oleh temen-temen cewek. Bagi cewek yang pintar masak, biasanya mereka berinisiatif membuat cemilan atau nasi bungkus dan dikemas dalam wadah, lalu dititipkan di kantin kampus. Untuk teman-teman yang cowok juga bisa kok membuka usaha ini. Kan banyak juga cowok yang pintar masak.

5. Ikut event organizer
Keluhan dari teman-teman yang mengikuti event organizer sih, katanya melelahkan. Tapi hasilnya, lumayan banget. Untuk teman-teman yang berminat, masih bisa dicoba kok.

6. Menjadi relawan penelitian
Ada banyak sekali penelitian baik dari mahasiswa S2 atau S3 bahkan dari pemerintah yang membutuhkan tenaga untuk terjun ke lapangan. Untuk kita-kita yang memiliki banyak waktu luang, bisa juga memilih menjadi relawan penelitian. Selain bisa mendapatkan uang, kita juga bisa mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman.

7. Membuka toko serba ada
Begitu banyak kebutuhan mahasiswa, tapi kadang mahasiswa beralasan tidak punya waktu untuk bisa melengkapi kebutuhannya. Nah, untuk teman-teman yang minat dalam pekerjaan ini, silakan saja dicoba. Apa pun yang mahasiswa butuhkan, kita bisa mencarikannya dengan upah-upah tertentu atau kita sendiri yang mengambil keuntungan dari harga barang atau kebutuhan yang dicari.

8. Nekat berbisnis
Di Jogja dan kota-kota besar lainnya yang dipenuhi mahasiswa, tidak jarang kita temui mahasiswa yang nekad berbisnis. Modalnya dari mana, ada sebagian mahasiswa yang memanfaatkan betul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan atau Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Modal yang ditawarkan juga tidak main-main dan merupakan kesempatan emas untuk mewujudkan ide-ide bisnis yang muncul di otak kita.

9. Menulis
Di bidang ini, tidak banyak mahasiswa yang menggeluti. Untuk kita yang hobi atau suka menulis, kenapa tidak kirimkan saja tulisan kita ke media atau kita mendaftar menjadi kontributor di sebuah majalah baik online maupun majalah cetak?

10. Tenaga pengajar privat
Menjadi tenaga pengajar privat merupakan salah satu pilihan pekerjaan yang banyak diminati mahasiswa. Waktu yang dibutuhkan untuk mengajar hanya satu atau dua jam seharinya. Tidak terlalu menyita waktu. Selain mendapat keuntungan berupa upah, kita juga bisa kembali belajar dan mengulang mata pelajaran sewaktu SD, SMP, atau SMA dulu.

11. Membuka bimbel
Untuk mahasiswa yang suka mengajar dan doyan berbisnis, biasanya mereka bisa bekerja sama untuk membuka bimbel. Bimbel memiliki keuntungan lumayan karena setelah lulus kuliah nanti, bimbel bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi.

12. Menjadi pemandu wisata
Beruntunglah kita jika mengenyam pendidikan di tempat yang menjadi salah satu tujuan pariwisata. Kita bisa menjadi tenaga pemandu wisata freelance. Untuk tarif, kita sendiri yang memasangnya. Jadi, lumayan menguntungkan.

13. Agen pulsa
Menjadi penjaja pulsa berjalan juga salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang banyak dipilih mahasiswa. Apabila kita memilih bisnis ini, harus ‘tega’ ya? Karena mahasiswa yang rata-rata perantau biasanya selalu berhutang dan enggan membayar pulsa pada waktu yang ditentukan, dengan alasan belum mendapat kiriman uang dari orang tua. Nah, kita harus ‘tega’ dan berani mengambil hak kita jika ada mahasiswa yang bertingkah seperti itu.

14. Lain-lain
Masih banyak sekali pekerjaan lainnya yang bisa kita jadikan kerjaan sampingan selain dari ketiga belas pekerjaan di atas. Apa pun pekerjaan yang kita ambil, kita tetap harus fokus pada kuliah, sebesar apa pun keuntungan yang kita dapatkan dari bekerja.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan tinggalkan G+, ya? Kalau info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About ilmi cilik

15 komentar:

  1. Dari sekian banyak pilihan pekerjaan mahasiswa diatas, menurutku pekerjan paling ideal adalah MENULIS hehehhe tidak butuh modal, tidak terikat waktu... kuliah tetap jalaaaaaaannn :-D hanya butuh ketekunan dan kemauan :-D

    ReplyDelete
  2. ia banyak peluang untuk mahasiswa..tp nyatanya kadang banyak yg terlena dgn uang kiriman ortu.pdahal dgn melakukan pekerjaan sampingan saat kuliah bsa jd modal setelah mereka tamat, bahkan bisa kerja utama ya..semoga sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... Makasih, Mak. Salam suskes buat Mak juga. :)

      Delete
  3. Aku dulu pernah ngitungin mobil lewat depan pom bensin mak selama tiga hari, kerjaan dari pertamina, mungkin untuk mengetahui seberapa ramai jalanan tersebut. Lumayan perhari 150rb padahal jaman tahun 2004an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangnya ada kerjaan seperti itu, Mak? :O

      Delete
  4. Dulu aku pengen jadi mbak mbak yang di pizza hut gitu kan cantik cantik ya haha. tp gak jadi, karena aku nggak cuman kuliah, langsung kerja :D

    ReplyDelete
  5. Dulu saya ngajar privat, jualan majalah, sama nulis yg cuma dibayar 20 rb-25 rb perak, lumayan buat beli pulsa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayaran dulu ma sekarang udah beda Mbak :D

      Delete
  6. kalo saya pernah jadi penjaga warnet, flexible sih waktunya :)

    ReplyDelete
  7. Saya setuju banget tuh kalo nulis jadi yg paling asyik pas mahasiswa, entah ngeblog, atau kirim opini ke media, jadi duit juga jadi identitas diri lewat tulisan

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.