Tips Sepele Buat Cari Ide







Berbagi dan menginspirasi.

Ngaku suka nulis, tapi selalu kehilangan jejak si ide?
Jangan sedih gitu, masih banyak cara kok untuk mendapatkan ide. Ide sebenarnya tidak perlu dicari. Dia akan datang sendirinya tanpa kita perlu mencari-carinya. Hanya saja, tinggal kita pintar atau ngga nangkap ide-ide yang bermunculan. Semakin banyak ide bermunculan, seharusnya semakin banyak ide yang kita tangkap.

Ide sebenarnya juga bisa ditemui pada hal-hal yang sebenarnya sepele. Mau tahu? Ini dia.

1.      Indra
Ide biasanya bisa kita dapatkan apabila kita memaksimalkan penggunaan seluruh indra yang kita punya. Coba deh pejamkan mata, lalu rasakan permukaan kulit tangan kita yang menyentuh barang-barang. Gimana rasanya menyentuh barang tanpa membuka mata? Pasti beda banget dengan meraba barang dengan membuka mata. Dari sana, kalian akan mendapatkan ide tentang tekstur kasar, halus, dan lain sebagainya. dari ide-ide kecil itu bisa menjadi ide-ide yang besar.

2.      Lagu atau musik alam




Nada-nada lagu biasanya menghadirkan ide tersendiri. Dengan mendengarkan lagu, pikiran kita bisa melompat-lompat dari satu hal ke hal lain. Lagu atau musik alam yang memberikan ketenangan biasanya cepat sekali mendatangkan ide.

3.      Mendengarkan
Dua telinga kita berfungsi untuk mendengarkan lebih banyak. Apabila kita suka mendengarkan apa yang menjadi keluh kesah seseorang, pasti kita lebih mudah dan peka akan keadaan. Dari mendengarkan keluh kesah tentang kehidupan orang lain pula, kamu akan menemukan sesuatu yang tak kamu temui dalam hidupmu. Itu bisa jadi ide yang bagus yang bisa kamu tuliskan.

4.      Keadaan sekitar
Peka dengan keadaan sekitar sebenarnya sangat mudah sekai mendatangkan ide. Ada banyak ide berseliweran di sekitar kita. mulai dari jaun yang terjatuh, rumput yang berembun, angin sepoi, semuanya adalah hal-hal yang bisa mendatangkan ide. Ide memang tidak tampak, tapi kita bisa merasakannya, bukan?

5.      Masa lalu
Sekali-sekali, putar memori di otakmu untuk mengingat masa lalu. Masa lalu bisa memberikan banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik.

6.      Khayalan
Dari semua hal di atas, ada satu hal lagi yang bisa mendatangka ide. Yakni khayalan. Khayalan yang hidup di alam imajinasi kita begitu liar dan menggebu. Khayalan-khayalan itu merupakan satu kesatuan ide yang selalu tumbuh di otak kita. tumbuh terus menerus, tanpa henti.




Share on Google Plus

About ilmi cilik

10 komentar:

  1. masa lalu. sering bgt mak jd inspirasi. baik yg dah lama berlalu mapun yg baru2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, biasanya masa lalu jadi inspirasi kehidupan. Apalagi yang tak terlupakan.

      Delete
  2. waahhh ini cucok bgt buat aku yg kadang selaluu bingung cari ideeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dishare kok. Barangkali banyak yang butuh. ^^v

      Delete
  3. paling sering dari keadaan sekitar...atau lempar status di fesbuk :)))))

    ReplyDelete
  4. Ide itu berseliweran dimana aja, nah tergantung kepekaan tiap orang untuk ngeliatnya. Ngelatih kepekaan ngga mudah, tapi bukan berarti sulit hehe. Enam poin yang udah dijelasin di atas bagus tuh, karena dari sana bisa muncul ide tak terduga. Kalo saya biasanya malah lebih gampang dapet ide dari dengerin lagu atau baca (apa aja yang bisa dibaca).

    Poin "khayalan" itu bener banget. Imajinasi kita itu bergerak tanpa batas, jadi kita mesti biarin dia mengembara, at least tetep terkendali :D
    Thanks ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Senang juga telah berbagi.

      Delete
  5. Bagus tipsnya. Cuma kadang sudah dapat ide gak sempat2 nulis, kabur deh! Hi..hi..hi..(maklum amatir gitu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, perlu nulis di HP biar gak kabur.

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.