Apa itu Penerbit Mayor, Self Publishing, dan Indie?

halaman 4-5

Berbagi dan menginspirasi

Sebenarnya mayor dan indie hanyalah sebuah sebutan dari proses menerbitkan buku tersebut. Mayor biasanya sebutan untuk penerbit besar yang berani mendanai seluruh proses pembuatan buku, mulai dari editing, cover, layout, cetak ribuan ekslempar, sampai ke pendistribusian, semua dikerjakan oleh penerbit tersebut.


Indie berasal dari kata independen, yang berarti berdiri sendiri, bebas, merdeka. Jadi, di sini tidak seluruhnya dibiayai oleh penerbit, melainkan ditangani langsung oleh penulis tersebut. Mulai dari editing, cover, layout, cetak, sampai ke penjualan, semua dana dikeluarkan sendiri oleh penulis.

Jelas berbeda kan?

Lantas, seperti apa itu penerbit indie? Penerbit yang menyediakan fasilitas penerbitan yang salah satunya terdapat paket indie untuk penulis. Editing, cover, dan layout dilakukan oleh penulis.

Kalau penerbit yang menyediakan seluruh jasa penerbitan buku seperti editing, cover, layout, menyediakan jasa pengurusan ISBN dengan nama penerbit tersebut adalah self publishing.

Kalau AE Publishing termasuk yang mana? Indie atau self publishing? AE Publishing masuk dalam indie karena menerbitkan buku untuk kalangan sendiri, yaitu grup ECA (ANTOLOGI ES CAMPUR). Buku dikerjakan sendiri, diedit sendiri, dilayout, dan yang membuat cover adalah anggota dari grup tersebut.

Bisa juga masuk dalam self publishing karena menerima permintaan dari penulis dengan menyediakan jasa penerbitan untuk buku-buku mereka. Kan ada tuh judul buku AEP dengan penulis tunggal atau dari grup lain.

Bingung ya? Semoga tidak. ^^

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

2 komentar:

  1. Kalau AE publishing ada ISBN nya gak, mbak Anissae?

    ReplyDelete
  2. Tiap penerbit ada ISBN-nya kalau terdaftar di perpusnas. ^^v. AE sudah menjadi penerbitan selama 3 tahun dan sekarang punya 4 lini penerbitan

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.