Ini Kata Pandji tentang Bali

Berbagi dan menginspirasi

Tidak ada yang bakal protes kalau Bali adalah salah satu surga di dunia yang sangat menawan. Tapi ternyata, di balik ke-surga-an-nya, Bali memiliki sisi lain yang sebenarnya cukup menarik untuk diketahui.

Ini dia ‘wajah’ Bali menurut Pandji Pragiwaksono.

1.      Bali teh island of ugly dogs.
Bali memang isinya anjing-anjing buruk rupa. Coba saja keliling Bali, pasti ketemu anjing-anjing liar berkeliaran.

2.      Bali the island of unclicensed moped rider
Berhubung di Bali turis boleh nyewa motor bebek, akhirnya Bali, terutama Kuta dan Legian, isinya orang-orang seliweran dengan motor bebek sewaan. Masih mending kalau mereka bisa naik motor. Beberapa, bahkan banyak di antara mereka, yang saya yakin baru kali pertama naik motor bebek sehingga jalan kaki ataupun nyetir mobil di sana selalu mencemaskan. Tiba-tiba dari gang keluar motor ngebut isinya dua perempuan Jepang cekikikan.

3.      Bali the island of  BINTANG T-SHIRTS
Tidak ada tempat lain di dunia selain Bali yang jadi tempat paling sempurna untuk promosi merek bir yang satu itu. Dari kaus dewasa sampai anak-anak ada logo bir tersebut menghiasi kaus.

4.      Bali the island of enjoying long walks
Karena Bali begitu menarik di mata, terkadang kita tidak sadar telah berjalan sangat jauh. Bahkan kalau dipikir, salah satu perjalanan kaki terjauh saya kelihatannya di Bali ini... kalau di Jakarta sih saya mungkin enggan untuk jalan kaki sejauh itu, tetapi karena di Bali, capek dan jauh tidak terasa.

5.      Bali the island of forget ur diet
Saya kalau di Bali, makannya benar-benar tidak terkontrol. Hehehe. Sayang soalnya. Jauh-jauh datang ke Bali, tetapi tidak bisa menikmati indahnya kuliner Bali.

6.      Bali the island of beautiful women
Sebagai laki-laki, saya akui, kalau ke Bali selalu bertemu dengan perempuan cantik, baik asing maupun orang Indonesia sendiri. kadang saya suka bingung, di mana mereka ini tinggal. Kok di Jakarta ngga pernah ketemu. (ya ya ya, saya tahu, pemikiran yang beloon memang, hehehe).

7.      Bali the island of free
Kalau Amerika “the land of free”, Bali adalah “the island of free”. Soalnya Bali itu memang sangat menggambarkan kebebasan mutlak. Orang di sini berpakaian seenaknya, kadang tidak mandi, bangun tidur dan tidur di malam hari sebebasnya, ini yang memberikan kesan santai di pulau ini. Sementara di masa sekarang ini “santai” bukan sesuatu yang mudah didapatkan di mana pun kita berada. Bahkan, saking santainya di pulau ini, hal-hal yang ilegal pun masih relatif santai untuk dilakukan/nikmati. Hehehe...

8.      Bali the island of cash spending
Kalau ke Bali ngga bawa uang lebih untuk berbelanja, teramat disayangkan. Bali adalah tempat yang tepat untuk berbelanja. Kalau mau menghabiskan uang, ini tempatnya.

9.      Bali the island for children
Banyak tempat liburan yang tidak “ramah anak”, saya merasakan ini kali pertama di Ragunan. Ragunan adalah salah satu kebun binatang terlengkap di Indonesia. Mungkin bahkan yang paling lengkap.
Tetapi, ukurannya yang luar biasa besar dan marka yang tidak jelas membuat anak-anak akan kelelahan berjalan di sana. Jarak antarkandang jauh sekali, marka yang tidak jelas membuat perjalanan kurang efektif karena sering muter-muter dan kadang bahkan ketika pulang, tidak semua kandang terkunjungi.
Nah, Bali, kebun binatangnya adalah salah satu kebun binatang terbaik yang saya pernah lihat. Rapi, jalurnya jelas, bisa foto-foto dengan hewan seperti burung-burung dan anak singa, kemudian kandangnya tidak terlalu besar sehingga kita bisa melihat hewan yang ada di dalamnya dengan lebih jelas, tetapi tetap aman...

Selain kebun binatang, pantainya juga jadi andalan keluarga untuk mengajak anak bermain. Namun, salah satu yang sebenarnya enari untuk anak-anak, tetapi jarang diperhatikan oleh orang-orang adalah Sendra Tari.
Nah, itu dia secuil pandangan Pandji tentang Bali. Gimana, masih ngga tertarik juga main ke Bali. Oh, ya, tulisan ini dikuti dari cuilan teks dari buku Nasional Is Me karya Pandji sendiri.

 Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v

Share on Google Plus

About ilmi cilik

0 komentar:

Post a Comment

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.