Catatan Juri #DearDiary

 
Berbagi dan menginspirasi 



Selamat malam semuanya ....

Sambil mencoba postingan blog via andro, saya akan menuliskan beberapa catatan buat kalian yang ikut #DearDiary. Dari puluhan naskah masuk, yang konfirmasi via twitt kok gak ada separuhnya sih? Ketahuan banget kalo gak baca syarat dan ketentuannya.
Lepas dari syarat dan ketentuan, sayang banget banyak diary yang tak berjudul. Jadi, walaupun pakai format diary, kalian harus tetap memberikan judul di dalam naskah. Judul itu di atas sendiri. Paling atas, di tengah, bisa dibold atau diperbesar.
Lagi nih, udah gak pake judul, gak ada nama penulis dan biodatanya pula. Trus juri mau menilai gimana hayo?? Apa kalo naskahmu bagus, juri mau buka email satu per satu dari puluhan email? Please deh. Cintai naskahmu sendiri.
Judul ada, nama ada, biodata ada, tapi kok kertasnya jadi warna-warni???? Banyak bunga-bunga di naskahnya???

Emang sih niatmu pingin membuat juri terkesan dengan naskahmu, tapi ... buat normal aja kali. Iya kalo pas mood juri bagus, mau membaca tinta hitam di atas kertas warnamu, gimana kalo enggak? Buat sewajarnya aja agar naskahmu bisa dibaca.
Penyimpanan file jangan di word 2010. Kenapa gak boleh? Karena jika dibuka di word 2003/2007, hasilnya akan berantakan. Tulisannyajadi seper tiini.Lhagimanabacanyacoba?
Jumlah halaman juga penting. Kan biasanya ada tuh min-max berapa halaman. Jangan kurang atau lebih dari halaman itu.
Jangan mentang-mentang nulis diary, trus 1 halaman kamu isi cuma 1 paragraf. Sepet deh matanya yang baca.
Trus format penulisan yang benar gimana?
Judul (bisa dibold atau diperbesar fontnya. Letaknya di tengah)
Nama penulis (bisa nama pena atau asli. Ini yanv nanti akan dimasukkan ke buku)

Isi (kamu bisa nulis diarymu sebelah sini)

Biodata (jangan lupa cantumkan FB atau twitter. Ni kebanyakan nama FB dan nama penulis beda. Gimana PJ mau menandai kalo bukunya udah terbit? Nanti PJ dibilang gak woro-woro. Oh iya. Biodata jangan seperti KTP, tapi buat narasi)
Terakhir. Kalo udah pengumuman, rajin tengok grup,twit, atau FP AE buat info e-sertifikat. Jangan sampai udah diuplod 1 bulan, baru ditanyain.
Sepertinya itu dulu catatannya. Mau lanjut baca diary. ^^v
Yang mau tips agar disayang PJ event bisa cek di sini.
Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

0 komentar:

Post a Comment

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.