Catatan PJ "Benda Kenangan di Sekolah"

Pelajar SMAI Kepanjen yang Belajar Penerbitan

Berbagi dan menginspirasi

Anisa - Banyak yang inbox PJ, kapan event "Benda Kenangan di Sekolah" diumumkan? Sebelum kalian menanyakan hal itu, sebaiknya membaca catatan saya terlebih dulu.

  1. Patuhi peraturan. Pasti ingat kan syarat dan ketentuan ikut event. Jangan lupa gabung di grup, tag PJ, ataupun yang lain. Kenapa? Agar kamu bisa update setiap kali ada info seperti ini. Masa' udah pengumuman 1 bulan dan pembagian sertifikat, kamu malah inbox PJ tanya pengumuman? Biasanya sertifikat dibagikan di grup ECA (bukan email ataupun inbox, karena nama sertifikat biasanya berbeda dengan nama pena). Halow .... Kok gak update sih? Makanya patuhi peraturan biar gak ketinggalan info. Biasanya, kamu yang gak update, PJ yang disalahin.
  2. Nama penulis, biodata, dan format file.  Ini wajib diketahui, setelah menulis sebuah naskah, beri nama penulis di bawah judul dan biodata di akhir naskah. Bagaimana PJ bisa tahu siapa penulisnya jika tak ada nama ataupun biodata penulis yang dicantumkan? Belum lagi semua udah lengkap, tapi naskah gak bisa dibaca karena dikirim dalam format file 2010/2014. Mau tak mau, PJ harus menghapus naskahmu, walau ceritanya bagus. Ada nih yang naskahnya bagus, tapi nama penulisnya gak ada. PJ harus cari di email buat tanya? Halow, masih banyak tugas yang lain.
  3. Benda bukan hanya meja. Kebanyakan naskah yang masuk menceritakan tentang meja. Walaupun gambar meja dalam event, benda kenangan gak harus meja, kan? Ada kursi, dinding, buku, bulpoin, dll. Bayangkan kalau 60% naskah yang masuk hanya bercerita tentang meja. (Apa yang seperti ini termasuk karyamu? Kalau bukan, kamu bisa bernapas lega)
  4. Penulisan. Bayangkan kalau 1 halaman isinya hanya 1 paragraf dan satu cerita dengan naskah yang lain bercampur menjadi satu. Misalnya percakapan atau deskripsi 2 orang dijadikan dalam 1 paragraf. Waw, bayangkan mata PJ yag juling karena baca naskahmu, belum lagi editor yang harus menata ulang. Itu belum dilayout lho, kalau dilayout bisa 2 halaman yang isinya hanya 1 paragraf. Tulislah sewajarnya saja. 1 paragraf berisi 4-7 baris.
Sepertinya itu aja sedikit catatan PJ hari ini. Pengumuman bisa dilihat tanggal 14 di blog ini juga.
Untuk event selanjutnya, saya harap kalian mematuhi 4 poin di atas. Semakin banyak yang kamu patuhi, semakin besar pula kemungkinan naskahmu lolos. Jika naskahmu tidak lolos, bukan berarti jelek, tapi harus belajar lebih baik lagi.:)

Jangan lupa baca catatan PJ yang lain. :)

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

3 komentar:

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.