RESENSI FORBIDDEN LOVE


Anisa AE - Bismillahirrahmanirrahim

Sebelumnya, big thanks to Kak AnisaAe Kepompong, Alhamdulillah bukunya sudah landing dengan selamat beberapa waktu lalu. Maaf baru bisa posting review-nya sekarang kiki emotikon



Judul: Forbidden Love
Penulis: Elia Abdillah, Anggita Asakura dan ECA Lovers
Pemerhati Aksara: Nury
Desain Sampul: Azka Amalia & Ahmad Faruq
Tata Letak: Meiga
Penerbit: AE Publishing
Cetakan Pertama: Mei 2014
Jumlah Halaman: vi + 184 hlmn

Forbidden Love

“Cinta belum tentu memiliki jodoh, tetapi jodoh selalu memiliki cinta.”

Glossy cover dengan desain warna putih dipadu warna abu-abu, serta sebuah gambar liontin hati yang retak terbagi dua menyiratkan kisah-kisah cinta terlarang di dalamnya. Di cover belakang, ada cuplikan dua kisah yang sukses menyita perhatian calon pembaca untuk berbalik kembali dan mulai membaca kisah dari halaman pertama.

Jika selama ini kisah cinta terlarang banyak yang hanya terpaku pada kisah restu orang tua yang tak didapat atau kisah cinta antara dua orang yang tak dapat bersatu karena ikatan saudara, buku Forbidden Love menyuguhkan kisah-kisah apik yang berbeda.

Ialah antologi dua puluh empat cerpen, yang memuat cinta terlarang dari dua puluh empat penulis berbeda dalam buku Forbidden Love. Semua cerpen di kemas dengan nuansa yang unik. Cara para penulis bertutur dan ide yang disajikan, membuat saya merasa seperti sedang melahap makanan spesial dengan bumbu-bumbu ajaib. Semua cerita jauh dari kesan klise.

Kisah pertama dibuka dengan kisah perasaan cinta seorang wanita bernama Sera dengan lelaki bernama Aria yang ternyata sudah meninggal. Lebih mengejutkan lagi, karena Aria punya tujuan kenapa hadir di antara dua sahabat, Sera dan Raya.

Selanjutnya ada kisah seseorang yang menjalin hubungan terlarang dengan sosok bernama Lyra, kekasih virtual di aplikasi handphone-nya. Aneh, bukan? Di situ keunikannya, akan ditemukan kisah-kisah unik yang tak biasa dan mampu mengoyak batin pembaca.

Ada pula cinta terlarang dari perasaan yang tidak wajar, yang seharusnya tidak ia rasakan. Bagaimana para tokoh dalam buku ini menghadapi kenyataan-kenyataan yang memang tak sesuai dengan keinginan hati mereka. Hingga kisah itu berujung pada air mata dan penerimaan yang harus dijalani.

Lagi-lagi, mayoritas kisah menyuguhkan ending yang tak terduga. Seperti kisah cinta yang sepihak antara dua sahabat sampai rela menyusul salah satunya hingga ke negeri ginseng. Namun sayang, bagaimanapun juga cinta tersebut merupakan kisah cinta sepihak yang harus dilepaskan.

“Merunut waktu dengan jejak cinta yang haram, sekejap membawaku terbang, lalu sekejap lagi terempas. Aku mencoba bertahan karena rasa ini masih menggeliat di benak.” (Halaman 73)

Cuplikan di atas merupakan ungkapan seorang mantan istri yang masih tinggal seatap dengan mantan suami. Bagaimana bisa? Lalu kenapa cinta mereka tak bisa bersatu lagi? Temukan jawabannya hanya di buku Forbidden Love.

Semua ulasan di atas hanya beberapa gambaran dari seluruh kisah dalam buku ini. Tidak rugi menamatkan buku ini segera karena terikat rasa penasaran yang luar biasa. Dari kisah-kisah cinta terlarang tersebut, banyak pelajaran berharga yang bisa diambil. Tentang penerimaan, kesadaran bahwa cinta bukan hanya tentang perasaan dalam hati, bukan hanya tentang sebuah hubungan dua orang manusia saja. Melainkan cinta sejati yang indah itu adalah cinta yang dijalani dengan melibatkan Tuhan di dalamnya—seperti yang dikatakan oleh Ami dalam Cinta tak Berjodoh halaman 70.

Ada beberapa typo dalam buku ini, namun itu berhasil tertutup oleh kisah-kisah yang membuat pembaca mendadak terkekeh atau tiba-tiba akan termehek-mehek dengan kenyataan para tokoh. Jadi, saran saya, siap sedia tisu. Jangan ketinggalan camilannya, karena buku ini benar-benar berisi extraordinary Forbidden Love, *recommended.

Tidak mau berpanjang lebar, biar yang baca makin penasaran sama bukunya grin emotikon Mohon maaf karena masih harus banyak belajar bagaimana me-review buku dengan benar, review ini jauh dari bagus apalagi sempurna. Sekali lagi terima kasih banyak, Kak Anisa. Bagi teman-teman yang mupeng mau beli Forbidden Love, jangan khawatir, bisa langsung menghubungi Kak Anisa AE atau Ae Publishing wink emotikon

Blitar, 03 Maret 2015

 Annisa Azzahra


Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

0 komentar:

Post a Comment

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.