Buka Bersama KEMENLU dan DISNAKER di Amsterdam


Anisa AE -  Ada yang menunggu ulasan tentang acara kemarin? Yup, kemarin saya menghadiri acara buber bersama perwakilan dari kemenlu (Kementrian Luar Negri) dan DISNAKER di Cafe Amsterdam, dekat Stadion Kanjuruhan.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2015 kemarin dimulai pada pukul 04:00 lebih sedikit. Ada tiga perwakilan KEMENLU dari Jakarta dan satu dari Disnaker Malang. Kali ini, mereka datang ke Kabupaten Malang untuk sosialisasi pada segenap mantan TKI dan para keluarga.

Acara dibuka oleh Pak Ade, beliau mengemukakan banyak hal tentang TKI. Salah satunya adalah himbauang Bapak Jokowi untuk tidak memilih dan memilah para TKI yang meminta bantuan kepada KEMENLU, entah itu ilegal maupun legal, semua memiliki hak yang sama untuk dilindungi oleh negara. Tidak hanya itu, saat ini TKI yang bekerja untuk urusan domestik di wilayah Timur Tengah sudah ditutup

Ada 3500 kasus tentang TKI di luar negri yang terus meingkat. Karena itu pihak KEMENLU bersosialisasi bagaimana menjadi TKI yang aman dan sesuai dengan prosedur. TKI hanyalah batu loncatan untuk mencari modal usaha dan bekerja di negeri sendiri, bukan untuk menjadi tujuan hidup.

Pun jika ingin menjadi TKI, jangan sampai daftar menjadi ABK Taiwan. Karena tiap kapal yang berbendera Taiwan selalu bermasalah. Rekruitmen ABK pun masih carut marut, ada 3 instansi yang berbeda kebijakan. Di Taiwan pun, surat kontrak kerja 80% berpihak pada perusahaan.

Untuk masalah gaji ABK, hanya dibayar 50 dolar per bulan. Menurut perjanjian, 50 dolar untuk pribadi, 50 dolar untuk ditabung, dan 50 dolar lagi untuk keluarga. Namun kenyataannya hanya dibayar 50 dolar untuk pribadi.

Bagi TKI yang tidak sah dan ingin menjadi sah, bisa langsung datang ke kantor perwakilan Indonesia yang ada di tiap negara. Meminta saran hal yang harus dilakukan, disuruh kembali dulu ke Indonesia atau langsung diarahkan ke PJTKI.

Saran yang paling utama adalah jangan sampai para warga Indonesia menjadi TKI yang tidak terdaftar di negara. Karena hal itu secara tidak langsung akan menyulitkan TKI sendiri nantinya.
Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

4 komentar:

  1. Waaa asyik buber ...jarang2 soale ada acara ya dimalang?

    ReplyDelete
  2. Masalah TKI gak ada habisnya yaa

    Tadinya saya kira di Amsterdam beneran Mbak - yang di Belanda itu, saya pikir Mbak Annisa sudah pindah ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemarin saya juga ikut pelatihan TKI.

      Wkwkwk. Itu nama cafe, Mbak :D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.