Wanita dan Diskon Belanja


Anisa AE - Siapa yang suka belanja? Wah, belanja adalah salah satu hal yang paling disukai oleh wanita. Itu sudah tak bisa dipungkiri. Apalagi jika melihat banyak sekali diskon di mall ataupun toko waralaba lain, wanita bisa gelap mata.

Nah, bagaimana menyikapi agar belanja tidak sampai gelap mata? Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan layanan kartu kredit saat belanja. Memang sangat sulit sih, tidak ada kartu kredit, tapi membawa ATM yang saldonya masih banyak, sama saja dengan bohong.

Sebelum belanja, kita harus memastikan tiga hal kecil berikut :

1. Cek Dapur, Kamar Mandi, dan Lemari
Sebelum belanja, kita wajib mengecek barang apa saja yang sudah habis atau hampir habis. Misalnya bumbu dapur dan sabun cuci yang sangat cepat habis karena penggunaan hampir setiap hari.
Cek Lemari juga untuk memastikan bahwa baju-baju pun masih layak pakai. Wanita paling tak sabar jika melihat baju dengan model yang menurutnya terbaru, padahal baju dengan model yang hampir sama sudah ada di lemari.

2. Daftar Belanja.
Ini penting. Sangat ampuh dalam mengatasi jika lupa barang apa yang mau dibeli. Dengan daftar belanja, kita juga bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam satu kali belanja. Sangat efesien.

3. Kebutuhan dan Kesenangan
Saat menulis daftar belanja, kita harus bisa memastikan dan memisahkan mana kebutuhan dan kesenangan. Kebutuhan itu seperti jika sabun di kamar mandi sudah habis, susu dan diapers si kecil tinggal sedikit. 
Kebanyakan wanita lebih tertarik pada barang yang baru saja dipajang atau kosmetik baru yang ditawarkan. Apalagi jika ada baju atau tas dengan model terbaru, tanpa sadar bahwa banyak sekali kebutuhan yang perlu dibeli.

4. Uang Cash
Tidak bisa lepas dari ATM? Ini adalah salah satu cara yang paling praktis. Tinggalkan ATM di rumah saat akan pergi berbelanja. Dengan membawa uang cash, kita tidak akan tergiur dengan diskon yang terpampang di tiap produk. 
Ingat, jangan hanya satu ATM yang ditinggal, pastinya semua ATM plus kartu kredit. Kalau ATM ditinggal, tapi kartu kredit dibawa, ya percuma. :D

5. Pas
Membawa uang cash pun harus sesuai dengan barang kebutuhan yang akan dibeli. Lebih baik jika uangnya pun pas dengan harga barang yang akan dibeli. Mungkin bisa juga disisakan beberapa rupiah untuk mengantisipasi kenaikan harga secara tiba-tiba.

6. Wajib Sendiri
Kenapa sendirian masuk dalam kategori yang perlu diperhatikan? Karena orang kedua, apalagi ke tiga akan sangat mempengaruhi pemikiran dalam berbelanja. Misalnya saja ketika membawa suami dan anak, pasti akan ada pengeluaran tak terduga yang pasti tidak sedikit karena mereka juga akan ikut belanja.
Sendirian sangat memungkinkan untuk tidak gelap mata saat belanja karena akan cepat pulang jika keluarga berkali-kali mengirim pesan singkat untuk segera pulang.

Nah, itu adalah beberap tips keren yang sering saya gunakan jika akan berbelanja. Wanita dan gelap mata saat diskon berlangsung? Sudah tidak lagi. :)

Bagaimana tisp belanja online? Wah, tunggu tulisan berikutnya, ya? Apalagi kalau belanjanya di blanja.com yang pasti bikin gelap mata dan ingin beli semua. Kenapa? Karena di blanja.com banyak sekali diskon yang pastinya gedhe banget. :D

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v 

Share on Google Plus

About Anisa Ae

15 komentar:

  1. saya biasanya bikin daftar belanja... Dan bener, mesti belanja sendiri... Kl pergi sm temen, pasti ada yg jadi kompor gas.... daaah, beli ajaaa baju itu... mumpung diskon looowhhh....

    ReplyDelete
  2. kadang saya lupa ngecek,asal aja beli sabun mandi padahal stok masih lumayan banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Sama suka lupa ngeceknya, Mak. :D

      Delete
  3. Bukan hanya wanita sih, saya juga sering kalap kalau belanja. Gara-gara diskon, suka terkecoh antara mana yg kebutuhan mana yg cuma keinginan sesaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lho? Ada lelaki yang ngaku nih :D

      Delete
  4. memang wanita itu suka kalap ya mbak liat barang2 cantik apalagi klo liat baju, sepatu tas dll he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sam aja sih Mbak. :D Suka gak mikir kalau belanja.

      Delete
  5. Biasa udah bikin list belanja, tetapi klu sampai spm ada diskonan ya dibeli juga, karena barangnya blm tentu bakal didiskon lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah. Kamu kan hobi belanja. :D

      Delete
  6. Setuju mak. Ceki2 dulu sebelum shopping...ajarin dunk mak cara biar dapet job review hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mak ...

      Nawarin blog, Mak. Ni alexa turun drastis. :(

      Delete
  7. Ah. Pengen bgt dapet job review. Tapi blog msh gratisan. Hihihi. Ah...sudahlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok gratisan yang dapat job review. Ikutan snapshot aja. Lumayan fee 250 ribu

      Delete
  8. entah kenapa aku semuanya tergantung mood. bisa dateng, beli yang dibutuhin, keluar lagi. bisa dateng, gak nemu yang dibutuhin, beli yang lain. bisa juga dateng, keliling-keliling gak sadar nemu aja yang menarik, beli yang dibutuhin, baru keluar. hahaha semoga ketika udah nikah nanti bisa lebih efisien dalam ngatur duit deh :3

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.