Trik Dapur untuk Telur

anisae.com

Anisa AE - Saat pagi tiba dan harus buat sarapan kilat tapi tetap enak, bahan apa yang paling cepat terpikir di kepala? TELUR! Iya telur, si bulat lonjong kaya protein yang selalu jadi andalan tiap kepepet. Laper malam-malam, rebus telur. Siang hari pengen ngemil, masak telur. 

Pagi hari? Untuk sarapan? Lagi-lagi telur. Tapi walaupun telur sangat mudah untuk diolah dan harganya masih cukup terjangkau untuk semua kalangan, masih banyak yang sedikit kerepotan saat mengolah bahan yang satu ini. 

Tidak terkecuali saya. Uh ... padahal kalau sudah tahu triknya juga gak bakal ribet kok. Hanya terkadang kita sendiri yang membuat pusing, xixixi. Maka dari itu, yuk disimak beberapa trik di bawah ini agar kita tak lagi ribet.

1.       Memisahkan kuning telur

Memisahkan kuning telur dengan putih telurnya bakal jadi satu hal paling repot deh buat ibu-ibu yang suka bikin kue. Bayangkan saja, setidaknya delapan butir telur yang harus dipisahkan kuningnya, berapa waktu yang harus dibuang untuk hal itu? Ada cara yang sangat mudah untuk memisahkan kuning telur, cukup sediakan botol plastik kosong dan wadah yang agak rata (misalnya baki dengan pinggiran yang cukup tinggi) saja. Pecahkan telur-telur yang akan digunakan di atas wadah (satu-satu juga tak apa), lalu pegang botol dengan posisi mulut botolnya di bawah, tekan botol dan letakkan mulutnya tepat di atas kuning telur, lepaskan tekanan, PLOP! Kuning telur masuk ke dalam botol dan terpisah dari putihnya tanpa belepotan!

2.       Mengupas telur rebus

Telur rebus enak buat cemilan, apalagi bagi ibu-ibu yang lagi diet. Tapi ada satu hal yang ribet tentang telur rebus itu, apa lagi kalau bukan ngupasnya? Mengupas telur rebus itu harus telaten, dan cukup makan waktu. Pengen cepat tapi telurnya tak rusak? Coba pecahkan sedikit ujung kecil telur rebus dan ujung lainnya dengan pecahan yang lebih besar (jadi cangkang telurnya punya dua lubang di tiap ujung), setelah itu tiup telur kuat-kuat di bagian lubang yang kecil dan telur rebus pun sudah terkupas dengan kilat.

3.       Telur rebus tanpa air

Telur rebus tanpa air? Mana bisa? Ya bisa dong, ada life hack-nya! Saat pengen telur rebus tapi gas habis atau air PAM mati, atau mungkin juga saat kemping dan malas bikin-bikin api unggun dan segala tektek bengeknya, maka trik yang satu ini mungkin akan cukup membantu. Yang dibutuhkan cuma telur, wadah dan cuka. Masukkan telur ke dalam wadah (gelas), lalu tuangkan cuka sampai telurnya terendam, biarkan selama dua atau tiga jam dan voila! Telur rebus matang!

Itu dia beberapa tips mudah mengolah telur, semoga bisa cukup membantu ibu-ibu muda di luaran sana yang masih sedikit bingung otak-atik dapur.

 Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

5 komentar:

  1. wah akan lebih paham kalo ada illustrasi gambar atau videonya nis,,
    ane masih bingung masa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, bingung kalo mau bikin vidio. Kurang alat pendukung.

      Delete
  2. wow! dengan cuka bisa utk merebus telur? mau coba ah! makasih banget yaaa ^_^

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.