Belajar Jadi Ibu Bersama Dancow Parenting Center

Dancow Parenting Center di Malang
Anisa AE - Sekolah untuk mencetak sarjana sangat banyak, kampus sudah begitu banyak. Namun, tak ada sekolah untuk mencetak seseorang menjadi ibu. Tanpa disadari, tiba-tiba saja menikah, punya anak, dan bingung bagaimana mengasuh anak. Padahal ilmu untuk menjadi ibu masih sangat kurang, apalagi jika hanya didapatkan dari buku. Ah, itu yang saya alami.

Oke, saat ingin membuat rumah, apa yang Anda lakukan?
Sebuah pertanyaan ringan yang tiap orang pasti tahu jawabannya. Yup. Sebuah pondasi. Apalagi? Sayangnya jawaban tersebut salah. Yang benar adalah membuat gambar bagaimana rumah tersebut akan dibangun. Nah lho? Iya juga, kan?

Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 3 Oktober 2015 di Hotel Santika Malang ini benar-benar fenomenal. Salah satu acara dengan peserta terbanyak yang pernah saya ikuti. Bayangkan, yang hadir saja lebih dari 300 orang, dengan para narasumber yang tak kalah kerennya.

Inilah kali pertama saya bertemu dengan Mbak Shahnaz Haque, ih katrok banget. Gak apa-apa sih, jarang banget beliau ke Malang. Apalagi waktu itu beliau memang punya jadwal padat karena setelah acara mau langsung melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Ilmu apa yang saya dapatkan di sana?
Permalink gambar yang terpasang
Lebih banyak kematian bayi karena kekurangan gizi
Saat itu saya baru tahu bahwa otak bayi mulai berkembang saat berumur 3 minggu. Apalagi 1000 hari pertama sejak di dalam kandungan adalah masa anak tumbuh dengan cepat.  So, dedek di perut saya harus mulai diisi dengan nutrisi untuk perkembangan otaknya. Padahal beberapa minggu ini kurang nafsu makan.


Dr. Ratih
Dra. Ratih menjelaskan banyak hal tentang psikologi anak. Cara bertutur yang bak anak muda dan membuat saya tertawa terasa sangat friendly. Bagaimana menyuruh anak makan dengan metode incip yang luar biasa. Hanya dengan incip sedikit yang penerapannya membuat saya angguk kepala.

Dr. Saptawati Menjelaskan Lingkaran Masalah Nutrisi
Dr. Saptawati pun tak kalah, ilmu yang dibagikan membuat berdecak kagum. Menjelaskan tentang bagaimana nutrisi, prebiotik, probiotik, dan perkembangan otak si kecil. Wow, sangat luar biasa, penjelasannya gamblang dan mudah diterima.

Permalink gambar yang terpasang
Bunda Sari
Bunda Sari menjelaskan bagaimana memberikan nutrisi secara tepat kepada si kecil. Tahu tipsnya? Lihat telapak tangan kita, itulah potongan porsi kita yang tepat. Porsi makan tergantung ukuran telapak tangan per individu. Jadwal makan pun harus konsisten, jenis beragam, dan porsi yang tepat jika ingin menutrisi anak dengan baik.


Permalink gambar yang terpasang
My Plate Planner

Dulu ada 4 sehat 5 sempurna, sekarang ada tumpeng gizi
Bedanya 4 sehat 5 sempurna dengan tumpeng gizi apa? Sebenarnya sama saja. Biar gak pusing, bedanya adalah susu ,masuk ke dalam nomor 4, sedangkan nomor 5 adalah gula, garam, dan minyak. Kok bisa masuk ke yang 4? Karena susu adalah sumber protein, sama seperti daging dan ikan.

Kalau semua ditulis, bakal panjang banget. Tapi gak usah khawatir, karena Dancow Parenting Center sudah merangkum artikel-artikel penting untuk para bunda di Indonesia di webnya dancow.co.id.

Di sesi terakhir ada chef yang memasak makanan bernutrisi plus berbagi resep. Saya sempat cobain hasil masakannya, tapi kayanya memang lagi gak doyan makan si dedek, apa-apa terasa gak enak. :(

Serunya di sana banyak bagi-bagi hadiah. Tanya jawab dan lomba share di twitter. Pas tanya jawab gak dapet, tapi dapat goodie bag pas di twitter. Gak cuma saya, Bunda Dzakiyyah dan Bunda Sukimah Yono juga dapet. Sayang hadiahnya hilang pas ditinggal makan. Kan gak mungkin makan bawa-bawa. Kecewa banget.

Asma action

Ya jelas sedih dong, soalnya udah fotoin hadiahnya ke si kecil yang ada di rumah. Saya bilang itu hadiah buat Asma dari Dancow karena mau nungguin Bunda di rumah. Asma suka banget karena dapat tas lucu dan susu 800 gram.

Komplain 3x ke panitianya gak direspon, entah dibersihkan ma panitia karena saya duduk paling depan, atau diambil peserta yang lain. Tapi gak apa-apa juga sih, pulangnya semua peserta dapat goodie bag lagi yang isinya majalah Nakita terbaru, materi saat acara, 2 kardus susu 200 gram, dan lunch box lucu. Saya mencoba mengikhlaskan, walau ditanyain Asma sampai rumah.

Hadiah dari Dancow
Eh, tapi oleh pihak Dancow diganti lho. Senin, saya langsung dapat telepon dari Dancow yang di Jakarta, menanyakan tentang kehilangan tersebut akan diganti oleh tim. Dikirim langsung ke rumah saya. Itu karena sebelumnya curhat kehilangan saat acara ke twitter. Ada tambahan kaos Dancow dan velt lucu. Asma seneng banget ...

Saran buat Dancow kalau bikin acara lagi, tempatnya gak usah di hotel mewah, tapi yang ada tempat mainan buat anak. Tambah panitia untuk menjaga anak-anak yang diberi nama dada. Soalnya banyak anak kecil yang di ajak oleh bundanya, mereka berseliweran di depan, belum lagi yang mulai bosan di lokasi. Bahkan ada yang tidur di lantai depan sendiri dan pisah dari bundanya.

Yang kedua, tempat pendaftaran peserta dan pengecekan saat pulang diperbanyak dan diperluas. Semua berdesak-desakan di lokasi, tidak bisa antri, soalnya ada stand juga pas mau keluar lokasi. Apalagi pas ambil makan, full banget deh, gak bisa gerak, banyak yang duduk di lantai untuk makan.

Untuk keseluruhan sudah oke banget. Materi, pembiacara, hadiah, acara, semua ok. Salut deh buat Dancow .... Selain acaranya keren, hadiahnya oke punya, tanggung jawab pula. Kalau buat saya, 75 ribu untuk ilmu sepenting itu tidak rugi lho. Belum lagi dapat goodie bag dan makan siang.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

4 komentar:

  1. Wah... kok ga update banget ya saya...
    *padahal tua di Malang*
    Makasih share nya...


    .phy.

    ReplyDelete
  2. Wah pas di jogja kmrn Mba Ratih ga jd ngisi, padahal pgn bgt ktemu beliau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang banget, ya? Padahal Mbak Ratih yang paling cool ngisinya.

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.