Berawal Dari Berbagi, Sampai Didatangi Rezeki

 
Anisa AE - Pasti pembaca awal coretankecilanisa.blogspot.com tahu kalimat apa yang ada di dalam awal pembukaan paragraf. Yup, berbagi dan menginspirasi. Bukan Anisa AE seperti saat ini. Kenapa? Karena memang ingin menanamkan pada otak pembaca bahwa saya ingin berbagi pada mereka dan membuat terinspirasi dari tulisan tersebut. Simple memang, namun, itulah niat awal saya ngeblog.

Awal membuat blog ini bukan hal yang mudah. Sering kali galau karena bingung mau menulis apa pada akhir tahun 2013. Tepatnya Desember 2013 adalah bulan lahir blog ini. Karena bulan ini membawa sejuta cerita, juga bulan lahir saya.

2014 adalah masa-masa mengejar google adsense. Well, tidak bisa dipungkiri kalau saya adalah tipe orang yang suka ikut-ikutan. Demi adsense, saya juga menyewa (ceilah bahasanya) ghost writer. Itu tidak berlangsung lama, hanya April-Mei.

Bersama Blogger Ngalam di Kantor Walikota Malang

Ternyata mendaftar adsense tidak semudah yang dibayangkan. Berkali-kali ditolak dan gagal, sampai akhirnya lelah. Ah ... buat apa ngejar adsense? Toh niat awalnya untuk berbagi? Uang nantinya akan datang sendiri.

Sampai pada Desember 2014, saya mendapat hadiah gamis cantik. Tidak hanya itu, juga job pertama menulis artikel tentang profil seseorang dengan fee 100 ribu. Sebelumnya, selalu menulis profil orang lain tanpa fee, kebanyakan teman-teman yang mulai naik daun.

Januari 2015 datang lagi satu job review dari salah satu produk kesehatan, walaupun cuma dapat produk. Bulan selanjutnya sama sekali tidak ada job. Kecewa? Tidak! Karena saat itu saya telah menemukan asyiknya ngeblog, mulai mengganti coretankecilanisa.blogspot.com menjadi anisae.com.

Review De Pawon Bersama Blogger Kekinian

Bulan selanjutnya, mulai aktif 'promo' jualan saya dan teman di blog ini. Jalan-jalan bentar, foto, tulis. Bahkan keseharian keluarga yang tidak penting juga ditulis. Blog ini sudah menjadi diary yang wajib diisi tulisan. Sampai-sampai ngebet pingin punya android agar bisa mengisi blog tanpa rebutan laptop dengan Asma. Akhirnya dapat deh android bekas seharga 700 ribuan.

Tidak ada yang lebih membahagiakan ketika banyak komentar di blog. Ini tidak lebih dari sering blogwalking pada temen dan membagikan link blog ke grup-grup blog. Selain itu, saya juga mulai gila lomba blog. Ada lomba apa saja, pasti dibookmark. Selain ngeblog, saya tetap tak lupa dengan AE dan keluarga. Buat saya, ngeblog tetap sebagai hobi.

Bulan Mei adalah masa mulai aktif mendapatkan job review. Entah kenapa, ada yang email untuk minta menulis review sebuah web dengan fee lumayan. Tentu saja senang. Lalu muncullah satu per satu job review web yang lain. 

Bersama Para Blogger dan Reporter di Ubud Hotel

Saya mulai aktif ikut acara kopdar blogger dan grup-grup blogger yang lain. Keinginan untuk berbagi ilmu ngeblog selalu ada, apalagi untuk teman-teman di Kepanjen. Hanya beberapa saja yang suka ngeblog dan mendapat penghasilan dari.

Sayangnya ajakan ini dipandang sebelah mata. Bahkan ada yang tidak tanggung-tanggung menanyakan fee yang akan didapatkan dari ngeblog. Well, tentu saja tidak sim salabim. Saya mendapatkan job review juga tidak mudah, semua perlu proses yang panjang. Tidak mungkin juga ada yang minta review jika blognya ngasal.

Mulai eksis lagi di blog dengan mengirimkan email ke beberapa perusahaan. Ada juga perusahaan yang email untuk diliput acaranya atau sekadar review produk. Feenya lumayan juga sih, bisa buat jalan-jalan bareng keluarga AE. 

Acara Arisan KEB di Kebun Bibit, Surabaya

Kumpul dengan blogger yang paling berkesan adalah ketika di Surabaya. Saya suka banget ikut acara-acara di sana walaupun jauh dan harus rela menahan mual karena trimester awal kehamilan. Ada juga yang gagal, seperti acara liputan pameran produk Indonesia di Surabaya.

Ada yang tanya juga berapa fee jadi blogger, apa lebih banyak dari penerbitan? Hahah, lumayan sih buat tambahan penghasilan. Pastinya masih jauh dibandingkan Emak Gaoel yang sering dapat sponsor buat event. Apalagi saya selalu gak lolos tiap eventnya dia. Xixixi. Tapi don't worry sih, toh sudah seneng dengan ngeblog.

Seneng ketika daftar jadi reporter suatu agen travel, akhirnya saya terpilih. Itu juga karena tulisan di blog. Entah karena tulisannya atau keaktifannya. Go for it, kamu pasti juga bisa.












Permalink gambar yang terpasang
Ngedit Foto dengan Photo Editor

Untuk menunjang dalam ngeblog, saya selalu pakai photoeditor di andro. Jelas saja, tinggal edit trus post di blog via andro juga. Menurut saya udah cukup lengkap dan gak pakai ribet. Bisa crop, edit kontras, kasih watermark, dan lainnya. Gak ngabisin memory juga.


Go For It Blog Competition

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

Share on Google Plus

About Anisa Ae

13 komentar:

  1. Aku juga dari panjen mbak...masih belajar juga...hihihi....aku baru nyampe taraf maksain diri biar bisa update blog, suka males dan (sok) sibuk sih hehehhe...betewe thanks for sharing yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah? Panjen mana? Wah, baru tahu kalau ada blogger dari Kepanjen juga.

      Delete
  2. Hihiii seru jg perjlanne pas nyewa gost writer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saat ini aja juga mulai nyewa lagi, walau gak sekonsisten dulu.

      Delete
  3. Nama Emak Gaoel nggak mau link-kan ke blognya Nis? :D

    ReplyDelete
  4. Bener, Mba.

    Postingan kita dibaca udah seneng. Apalagi kalau bisa bermanfaat tambah seneng deh

    ReplyDelete
  5. pengalaman yg keren ya mbak..mksh sharingnya :)

    ReplyDelete
  6. Saya awalnya juga pengen berbagi, alhamdulillah iseng-iseng daftar adsense langsung diterima.. Tapi selang beberapa waktu hilang semuanya setelah tugas banyak menyerang... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang banget kalo adsensenya hilang.

      Delete
  7. sukses untuk lombanya ya Bunda ^_^

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.