15 Cara Menaikkan Traffic Blog







Anisa AE - Kemarin saya sharing dengan teman-teman di WA tentang blog. Intinya saling berbagi dan mengunjungi blog masing-masing agar blog tidak sepi seperti kuburan. Lalu semuanya sharing bagaimana cara menaikkan traffic blog agar banyak pengunjungnya. Termasuk saya.

Saya bukan orang ahli dalam menaikkan traffic, apalagi dengan view rata-rata 600-700 per hari. Kalau beruntung, bisa sampai lebih dari 10 ribu. Tapi sepertinya layak juga dicoba dan saya share di sini agar bisa dipraktikkan oleh yang lain.

1. Artikel
Saya selalu berusaha konsisten menulis satu artikel per hari. Bisa tulisan apa saja, tidak hanya tips dan info terkini, tapi juga opini, resensi, dan juga curhat lebay. Kalaupun tidak menulis, saya usahakan untuk terua membagikan link artikel.

2. Share Facebook
Saat ini facebook saya gunakan juga untuk membagikan postingan. Ke FB pribadi, fans page, dan juga grul. Tapi tidak sekadar membagi ke grup, saya cari yang paling ramai dan banyak pengunjungnya. Itu terlihat dari berapa komentar dalam share link pertama.

Cari juga grup yang sesuai dg tema yang akan dibagikan. Misalnya parenting, bagikan ke grup ibu-ibu. Kalau wisata ke grup traveller, resep masakan ke grup kuliner. Review produk dan promosi ke grup jual beli.

Yang saya share linknya juga bukan artikel terbaru saja, banyak pula artikel lama. Tapi tidak setiap hari, biasanya diberi jarak 2-3 hari agar anggota grup tersebut tidak bosan. Saya pernah diblokir beberapa grup karena menerapkan motedo ini.
3. Share Twitter
Ini masuk bagian wajib karena banyak sekali grup blogger yang berada di twitter. Tinggal klik blogger, maka akan banyak grup yang muncul. Tidak
hanya grup, bisa jadi juga blogger yang lain.

Dalam share artikel,  ada banyak peraturan yang harus ditaati. Misalnya jika share di @Warung_Blogger maka harus mencantumkan #HappyBlogging di dalamnya. ( .... link .... @Warung_Blogger #HappyBlogging ).
Begitu juga KEB harus ada #updateemak. 

4. G+
Ini selalu menjadi andalan saya tiap habis posting pertama. Karena selalu share secara otomatis di G+. Kalau ada yang mengklik G+ saya, maka akan otomatis muncul berbagai postingan yang telah saya bagikan. Ini pun hanya berisi postingan saja.

Baca Juga : Evaluasi Wajib Bagi Blogger

Coba lihat di liputan6. Di sana ada tempat agar tulisan para blogger bisa mempunyai banyak pengunjung. Biasanya hanya dimasukkan 2-3 paragraf, setelah itu ada baca selanjutnya yang mengarah ke blog pribadi kita. Lumayan bisa meningkatkan traffic dengan cepat, tapi lewat seleksi juga.

Dulu saya sering lolos di sini, tapi akhir-akhir ini tidak pernah. Sepertinya mereka memilih postingan terbaru yang tidak ada hubungannya dengan promosi. Tips lolos bisa dibaca di sini.

Ini hampir sama dengan liputan6, juga lewat seleksi yang lumayan ketat. Bisa juga artikel lama, asal artikelnya tidak basi.

Saya sering lolos juga di sini untuk tips, tapi kalau postingan curhat dan opini, sepertinya gak bakalan dilirik. Kecuali memang benar-benar diminati oleh adminnya. Hehehe.
8. Dream
Kata teman saya (Ihwan), di sini lumayan bisa menaikkan traffic. Saya belum pernah lolos di sini. Kirimnya juga baru satu kali. Coba langsung kunjungi saja di dream.co.id.







Ini adalah salah satu web yang saya gagas bersama teman-teman. Memang web baru, isinya juga masih sedikit, tapi bisa menaikkan traffic blog karena tidak lewat seleksi ketat. Blogger hanya perlu menulis di draf yang disediakan dan oleh admin nantinya akan diposting.

Ini mah gak boleh ketinggalan. Situs web yang baru satu bulan berdiri. Isinya lebih ke Kepanjen dan sekitarnya, tapi menerima tips, masukan, opini, karya, dls. Kalau ini, saya langsung akan menjadikan blogger yang berminat sebagai penulis. Jadi, mereka bisa langsung posting artikel tanpa lewat admin.

Baca Juga : 6 Cara Menaikkan Rank Alexa

11. Memangkas Postingan
Dalam home, biasanya ada yang terlihat satu postingan full. Selai kurang nyaman di mata, juga tidak menambah visit. Ini bisa diatasi dengan memangkas postingan menggunakan insert jump break yang terletak di satu baris dengan tambahkan foto. Sebelahnya vidio pas, ada gambar kertas disobek.

12. Menambahkan Link Artikel
Di dalam artikel, saya beri juga link artikel tulisan lama yang masih berhubungan dengan tulisan. Ada kemungkinan besar link tersebut diklik, karena tidak mungkin pembaca akan mengobrak-abrik blog, capek. Walaupun kemungkinan tipis ada juga. Hehehe.

13. Membuat Related Article
Banyak juga ternyata yang menggunakan ini, termasuk saya. Ada beberapa artikel yang terkait dengan artikel lama. Biasanya muncul 5 artikel. Saya selalu mencari template yang sudah ada related article-nya, jika tidak ada, bisa ditambahkan juga secara manual kok.

Baca Juga : Gentong Uang dari Blog

14. Meninggalkan Backlink
Beberapa hari ini saya selalu menerapkannya. Katanya sih dengan meninggalkan backlink di postingan orang lain, akan menambah visitor juga. Ternyata benar lho, ada beberapa yang saya tanya menjawab kalau mendapatkan link blog ini dari komentar saya ketika BW (blog walking). Jadi, kalau meninggalkan komentar, jangan lupa pakai yang Name/URL.

15. Blog Walking
Terlihat biasa saja, tapi efeknya luar biasa. Selain bisa menambah kedekatan dengan para visitor, menambah back link dengan meninggalkan URL, bisa tahu informasi dan job review apa yang sedang hits. Untuk ini biasanya saya jadwal pagi hari, selalu BW postingan baru pada blog yang saya ikuti. Malam hari BW pada yang udah komentar 

Saya buka sharing, ya? Yang mau menambahkan pengalamannya untuk menambah traffic juga boleh. ^^

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari. ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

76 komentar:

  1. Saya ikut kepanjen kita nih. Haha. Baru dimasukin sama mbak anisa. Btw, terimakasih atas tips nya ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Mb kayaknya blogger skrg bny yg tdk menyukai komen dgn backlink hidup di dalam komen (bkn id mksdnya)

    Yg dimaksd mb backlink hidup apa penggunaan id wktu komen kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Backlink bukan di kolom komentar, tapi pas komentar itu, masukkan nama/URL blognya.

      Delete
  3. Wiihh cakep,aku jugalagi latihan nih mbak biar bisa nulis tiap hari. Semangaattt :D

    ReplyDelete
  4. Jurus utamaku baru share di medsos, gplus, sama blogwalking mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai semua jurusnya biar makin manteb visitornya :D

      Delete
  5. katanya ada satu teori juga di blogging, semakin banyak artikel semakin besar kemungkinan pengunjung datang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan katanya :D Itu masuk dalam tips pertama. :)

      Delete
  6. Makasih Mba infonya. Saya langsung coba nih comment pake "Name/URL", biasanya pake Google profile hehe. Yang "Name/URL" soalnya langsung mengarah ke blog kita ya, beda sama Google profile yang ngarahin ke akun Google Plus.

    Untuk masalah konsistensi artikel, bagi saya cukup sulit haha. Kalo share di media sosial, yang pertama pasti G+ (seperti kata Mba, selalu otomatis share pertama), baru ke Twitter. Kalo Facebook, ngga pernah saya pake untuk share blog (frekuensi buka Facebook aja bisa dihitung pake jari hehe).

    "Blogwalking" emang berasa banget efeknya, luar biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Name/URL-nya langsung ke artikel yang dituju aja. Jangan ke home. :D

      BW emang ajiib

      Delete
  7. Wuhaha...topiknya memang lagi dicari2 neh hehe
    mau nyoba yang blogger kekinian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiip. Itu udah mulai nerapin URL, ya? :D

      Delete
  8. Wah banyak juga ya ternyata, biasanya cuma share di medsos atau di grup, pantes pengunjungnya gak banyak :D

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat banget buat blogger pemula kayak saya.. hehehe
    Dan saya belum bisa konsisten menarapkan tipsnya... Inshaa Allah dicoba konsisten :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimulai dari meninggalkan URL tiap komentar ^^

      Delete
  10. wah iniii, gak gampang tapi dicoba dech

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah,,, dapat ilmu baru yang bermanfaat dari anisae.com terima kasih sobat, semoga barokah.

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya mbak. Saya jadi tau banyak web-web yang bisa jadi tempat berbagi tulisan ;)

    ReplyDelete
  13. setiap blogger butuh banget tips tips nya Anisa, makasih yaaa

    ReplyDelete
  14. Salut sama konsistensi Mbak Nisa ... juga sama semangat belajarnya. Moga makin sukses ya Mbak :)

    ReplyDelete
  15. Liputan 6 dan viva log nggak dulu deh, masa sejak sign up gak bisa login sampai sekarang -__- hihihii.. Aku coba dream aja kali ya.. Thanks for sharing mba..

    ReplyDelete
  16. Noted. Makasih tipsnya mbak. Penting nih buat diterapin

    ReplyDelete
  17. Sy selalu menyempatkan ngepin postingan di pinterest, tapi bgt ngecek google analytics traffic gak ada satupun dri sana. Hiahahaha.. Nomer 1 tetap FB, 2. Twitter 3. GOOGLE+ dan 4 kebetulan tulisanku sering dipilih di website salah produsen mobil. Yaahh alhamdulillah.. oiya jangan lupa bahas topik kekinian, pembaca dri US, Singapore, Canada selalu masuk 5 besar di stat traffic, mungkin krn beberapa postinganku ada yg berbahasa Inggris full dan ada juga yg setengah2. Mungkin bsa dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww info baru. Makasih Mbak Vita. Sayangnya saya gak bisa bahasa Inggris :D

      Delete
  18. Replies
    1. Coba kamu komentar lagi. Di bawah kolom komentar ada tulisan : Reply as.

      Itu kamu pilih : Name/URL. Masukkan namamu dan URL artikel

      Delete
  19. wah name url suka saya abaikan, ga lagi2 ah.
    makasih sharingnya, mbak :)

    ReplyDelete
  20. thank's infonya,saya baru sharenya di fb ajah, follow juga ya http://www.bangriko.com/

    ReplyDelete
  21. thanks mbak untuk tips-tipsnya, blog saya sepi sih , saya juga jarang update :D

    ReplyDelete
  22. Mbak,, caranya menulis di blogger kekinian gimana ya??? Cari draf nya gak ketemu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung di grup FB-nya Blogger Kekinian dulu say

      Delete
    2. Sudah minta gabung mbak, setelah itu gimana????

      Delete
    3. Coba diubek postingannya. Atau bikin post gimana posting ke web. Aku lupa pastinya. Atau kalo ribet, kirim aja ke emailku ae.anisa@gmail.com dengan subjek : Blogger Kekinian.

      Delete
  23. Postingan tiap hari dan rajin BW itu andalan paling bagus mbak kalau mau naikin traffic. Kalau mau lebih ribet dikit ya bermain yang Google Analytics, lihat kekuatan traffic kita di postingan apa, dari mana dan lainnya. Tfs ya Mbak.

    ReplyDelete
  24. Trafik adalah suksesnya seorang blogger, bahkan trafik juga menjadi misteri yang paling sering menjadikan seorang blogger kandas ditengah perjalanan.

    ReplyDelete
  25. Super sekali tips & trick nya.
    Bener banget grup komunitas bisa jd cara utk share postingan

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Boleh dicoba buat naikin traffic mbak :D

      Delete
  27. wah malam ini judulnya bw blognya mba anisa.. tulisannya kece2 sekaleee.. :D
    bookmark semua hehehe

    ReplyDelete
  28. ternyata banyak cara yang bisa dilakukan ya mbak.
    tapi, biasanya saya lebih sering menggunakan dengan trik 'pusaran traffic' dan hasilnya lumayan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang pusaran traffic itu apa? Aku malah gak tau. Wkwkwk

      Delete
  29. mba anisa tipsnya mantap-mantap sekali. bookmark semua nih lariiis

    ReplyDelete
  30. Kepanjen apa tuh mba anisa? Tulisan tips2 bloggingnya bagus n enak dibaca, perlu dipraktekin segera nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepanjen itu nama kota di Kabupaten Malang

      Delete
  31. mba guru, lihat dong blog aku. taraaa...

    ReplyDelete
  32. Mba munculin related artikel gimana caranya yang manual ? :p mohon infonya :)

    ReplyDelete
  33. Wah banyak yang harus saya pelajari untuk optimasi blog saya, dan tulisan2 mba anisa sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  34. tips dan triks dari mbak anisa tentang trafik blog cukup lengkap dan rasanya mudah untuk dikerjakan oleh mereka yang ingin menaikkan traffic blognya..
    salam sukses selalu mbak anisa

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.