Gaji Job Review Blogger






anisa ae

Anisa AE - Kemarin setelah membahas tentang fee penulis artikel, saya akan membahas fee job review para blogger. Blogger saat ini sudah menjadi pekerjaan tetap lho. Kebanyakan dari job review dan banner iklan di dalam blog. Untuk banner iklan, tergantung dari penghitungan masing-masing yang memberi iklan.

Yang lagi booming dan tak ada matinya adalah adsense. Banyak juga dari luar negeri maupun Indonesia yang bisa digunakan, salah satunya adalah pay per click.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang job review. Pekerjaan mereview suatu produk/jasa di dalam blog kita. Ini dilakukan oleh sebuah perusahaan yang memerlukan promosi gencar. Biasanya untuk meringkas biaya, mereka menggunakan blogger.

Hal pertama yang akan dilihat oleh marketing dari perusahaan tersebut adalah kesesuaian blog dengan produk yang akan dipromosikan. Gak lucu banget kalau produk rumah tangga diberikan ke blog dengan niche kecantikan. Setelah itu bagaimana dengan traffik pengunjung dan keaktifan blognya. Apa sosial medianya dan sering berbagi apa tidak.


Dilihat webnya seperti apa dan pantas mendapatkan fee berapa untuk tiap artikel yang ditulis di sana. Biasanya juga dilihat dari alexa, DA, dan PA-nya. Semakin bagus, maka akan semakin mahal pula. Biasanya, pihak marketing yang lebih tahu. Tapi blogger bisa juga menaikkan harga per artikel, tergantung kesepakatan juga. Asal tahu itu memang pantas didapatkan. Jangan sampai menawar fee perusahaan kecil seperti perusahaan besar.

1. 20-75 ribu
Ada banyak blogger yang masuk di dalam kategori ini. Blogger baru yang masih mempunyai blog gratisan, blogger yang tinggal tempel doang, dan blogger yang lagi butuh duit.







Untuk blogger yang tinggal tempel doang, konten sudah disediakan oleh pihak marketing. Jadi, blogger hanya tinggal memindahkan ke dalam blognya. Ada pula yang konten disediakan, tapi blogger menambah dengan foto. Untuk blogger tempelan, biasanya dipilih yang sudah pakai domain berbayar.

Blogger dengan domain gratisan juga masuk di dalam kategori ini karena jarang sekali dilirik oleh marketing, kecuali memang mempunyai traffik yang tinggi.

2. 80-150 ribu
Harga ini ditetapkan oleh perusahaan kepada penulis yang mempunyai situs web domain berbayar dengan traffik kecil untuk mempromosikan produk mereka. Saya pun dulu menerima fee segini teman atau saudara. Biasanya saya kasih gratis juga untuk teman dan saudara, asal ada testernya. Kan gak lucu kalau review makanan, tapi gak tahu rasanya.

2. 200-500 ribu
Ini juga dilakukan oleh perusahaan untuk promosi. Biasanya harga semakin tinggi untuk web dengan rating yang tinggi pula. Keunikan tulisan artikel juga mempengaruhi berapa bayaran yang akan diberikan kepada blogger. Sekali lagi, ini bisa dinego juga kok.

3. 500>
Semakin tinggi jam terbang seorang blogger, maka makin mahal pula bayarannya. Selain keunikan konten, traffik pengunjung, dan familiarnya di dunia maya, juga dilihat dari kerumitan bahan review yang akan dibuat.

Untuk saat ini, saya mematok harga 400 ribu ke atas. Kebanyakan juga menolak job yang tidak sesuai dengan web ini. Lebih sering review secara sukarela karena suka dengan produk atau jasanya. Kalaupun ada kekurangan juga akan langsung saya tulis. Namanya juga review sukarela, jadi tanpa beban.

Ada hal yang lebih membahagiakan daripada uang, yaitu bisa membagi pengalaman dengan orang lain lewat tulisan. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

54 komentar:

  1. ketika passion kita sudah di dunia nulis, yang utama adalah kenikmatan bisa berbagi

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk yang mana ya? 😃😃😃

    ReplyDelete
  3. lumayan juga ya. apalagi kalo udah 500 rb ke atas udah mantap.
    setuju sama kalimat penutupnya.

    ReplyDelete
  4. pengennya bisa sering-sering dapat job review :D

    ReplyDelete
  5. masih baru banget di dunia perbloggingan ini, mudah-mudahan suatu saat nanti saya juga bisa "menghasilkan" dari kegiatan menyenangkan ini, amin.. :)

    ReplyDelete
  6. Aku kurang setuju dg poin nmr 1 , coba mba anis riset lagi. Banyak kok blogger yang masih pakai blog gratisan dan belum TDL bisa dapat fee lebih dari 1000K per artikel. Bahkan gak cuma sekali atau dua kali saja dapat jobnya.

    Gak salah sih kalau agency sekarang melirik blogger untuk nitip backlink atau review karena memang sudah booming sekali kredibilitasnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ini udah diriset.

      Coba dong blognya apa yang udah dapat 1000k ke atas pakai blogspot. Nanti aku mau wawancara juga dan nimba ilmu. ;)

      Delete
    2. Beneran udah riset ?

      Blognya Diana Rikasari, blognya Teh Ani Berta, Hans Danial, Evita Nuh. Silakan di cari mba.

      Delete
    3. Mbak juga bisa lihat ini eatandtreats.blogspot.com

      Delete
    4. Baru baca lagi, kok TDL sih, TLD hahaha maaf typo ^_^

      Delete
    5. Mbak itu riset kemana?
      Coba cek duniaspasi.blogspot.co.id, blog Diana Rikasari dan masih ada eatandtreats.blogspot.com (yang sudah masuk di Trans 7 Hitam Putih)
      Bahkan tidak hanya 1000K, lebih dari itu...

      Dan ada juga blog dengan domain TLD (Top Level Domain) yang jarang dilirik advertiser... Banyak karena fokus mereka juga bukan di situ...

      Delete
    6. Ini hasil riset dari beberapa grup WA, BBM, dan FB. :D Lha gak ada yang ngasih tau kalo ada yang domain gratisan dapat lebih dari 1000K.

      Untuk yang TV, aku gak punya TV Mbak. -,- Nanti aku ganti. Nice info. Makasih. ;)

      Delete
    7. Oh iya, maaf sebelumnya. Itu di bawahnya yang no 1 sudah ditulis 'kecuali untuk yang mempunyai traffik tinggi". ^^

      Delete
    8. Untuk TDL nih, ini yang paragraf mana, ya? Kok saya cari gak ketemu. :)

      Delete
    9. Buat Mbak Silvi dan Mbak Rachma :

      Blogger dengan domain gratisan juga masuk di dalam kategori ini karena jarang sekali dilirik oleh marketing, kecuali memang mempunyai traffik yang tinggi.

      Di paragraf yang atasnya nomor 2 pas. Itu sudah ada kotaknya agar bisa diperjelas. Monggo dipahami lagi, Dear .... Mungkin para pemilik domain gratisan itu masuk di dalam traffik tinggi.

      Makasih infonya, ya? ^^

      Delete
    10. kok komentar saya nggak di munculkan mbak ? :D

      Delete
    11. Komentar yang mana? Kayanya udah aku acc semua deh. -,-

      Delete
  7. Semua pilihan masing2 blogger sih..mau pilih atau dapat fee berapa juga bisa saja kita nolak..soal bayaran buat aq sih ga terlalu ambil pusing ya..rejeki aja ud diatur sama Tuhan.drpada mematok harus nerima bayaran 400rb atau lebih tp malah ga dilirik brand sama skali jadinya ya baper sendiri...jauh lbh bagus kalau fleksible aja karena walaupun masih ada yg pakai blog gratisan kialitas tulisan jauh lbh oke juga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau patokan kan tergantung masing-masing blogger dan brand. Alhamdulillah masih banyak yang melirik. ;) Malah ada yang bayar lebih.

      Coba Bu Guru baca kalimat selanjutnya : Lebih sering review secara sukarela karena suka pada produknya. :)

      Delete
  8. coba mba, kasih tau salah satu contoh job review yang di bayar 400.000 keatas itu biar aku juga bisa tau sewaktu waktu mau minta bayaran juga *matre* hehehe.. btw ranking itu maksudnya alexa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Asti. :) Kalo mau tahu, PM aja.

      Delete
  9. Variasinya banyak banget ya mbak. Mulai yang murah sampai pada yang mahal. Soal TLD or gak. Seperti dlm bahasan komentar, ada juga yang gak sih mbak memang. Tp kalau diperhatikan, itu adalah yang niche nya kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Febri : Itu kan sudah saya jelaskan:

      Blogger dengan domain gratisan juga masuk di dalam kategori ini karena jarang sekali dilirik oleh marketing, kecuali memang mempunyai traffik yang tinggi.

      Nah, traffik tinggi bisa diperoleh dari mana aja, termasuk niche yang kuat.

      Delete
  10. saya masih nulis sebagai hobi aja..hehe.. semoga nanti ada masanya bisa menikmati hasil dari job review..aamiin..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga hobi. Kalo job review mah sambilan aja. Ada yang lebih berharga dari uang. ^^

      Delete
  11. Baru tahu kategori gaji blogger. Hihihii...

    ReplyDelete
  12. Menulis sdh menjadi passion dalam hidupku.. Ketika punya blog maka terakomodir semua deh ide2 yg menari2 dlm benak dan dituangkan dalam blog pribadi.. Kini kegiatan menulis di blog malah melebihi kesenangan atau hobi.. bahkan sdh menghasilkan uang juga.. alhamdulillah banget.. Btw, Mba Anisa blm menerima pertemananku di FB ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak ^^

      FB-nya apa? Ada 1000 lebih yang belum aku konfirmasi.

      Delete
  13. Ada tuh cara ngitung rate blog, Mbak ... pernah di-share di grup KEB. Tapi saya gak paham cara ngitungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak paham cara ngitungnya. :D

      Delete
  14. Replies
    1. xixixi, kan udah di grup sebelah :D

      Delete
  15. Harus lebih semangat lagiiii... biar dapet penghasilan dari ngeblog :D. Thanks infonya ya mba ;).

    ReplyDelete
  16. menyenangkan dan bikin semangat ngeblog artikelnya

    ReplyDelete
  17. mudah mudahan blog saya bisa menghasilkan juga nanti

    ReplyDelete
  18. Saya kalau ditanyain rate masih suka bingung deh. Akhirnya ada email yang kelewat dibalas saat saya lagi mabok2nya di kehamilan kedua. Moga2 akan ada tawaran lagi dari yang lain he he. Cuma kalau ada yang mau membayar dengan voucher misal 100K tapi syarat pembelanjaan lebih dari itu dan belum termasuk ongkir plus nggak boleh lewat dari batas waktu yang ditentukan, gimana ya Mbak? Yang begini bisa dinego ga ya he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalo aku, semuanya tak nego Mbak :D

      Delete
  19. Wah bagus infonya. Oh iya mbak, cek email yah....

    ReplyDelete
  20. wah ... mantap Mbak, bermanfaat banget.

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.