Gaji Penulis Artikel







Anisa AE - Saat ini, penulis artikel tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai pekerjaan. Mulai banyak bermunculan para penulis yang menggantungkan hidup pada artikel yang mereka buat. Bahkan, bermunculan pula agensi artikel. Wow, luar biasa.

Nah, kemarin malam saya melakukan survei kepada teman-teman yang sering mendapatkan job menulis artikel. Berapa aja sih fee yang mereka dapatkan untuk menulis artikel dengan minimal 300 kata? Saya kan penasaran juga.

Ternyata untuk sebuah artikel, fee juga bermacam-macam. Mulai dari seribu rupiah sampai ratusan ribu. Kok bisa sih? Apa yang membedakan?

1. Seribuan
Kok saya tulis seribuan? Iya, soalnya lebih murah dari bayar tukang parkir. Saya pun kaget ketika ada yang cerita soal ini. Tapi banyak juga kok yang mau menulis dengan fee segini. Ya, kebanyakan pelajar dan mereka tidak ada pilihan lain untuk menolak. Ketika saya minta link, ternyata artikel tersebut kebanyakan copas dan tidak ditulia ulang. Hm, kebayang kan? Resiko juga sih.

Ada yang bayar segini? Ada kok. Malah beberapa teman saya menggunakan para pelajar untuk menulis artikel di webnya. Tentu saja semuanya diawali dengan perjanjian dulu. Hitungannya, semakin banyak yang ditulis, maka semakin banyak pula gajinya. Lha? Kan emang iya. ^^

2. 3-5 ribu
Untuk penulis di kategori ini ada banyak sekali. Salah satunya adalah teman yang sering curhat ke saya. Eh, saya juga biasa pakai harga ini jika membeli artikel. Tergantung artikelnya juga sih. Biasanya saya tanya dulu dia biasa dibayar berapa trus saya naikin dikit.

Untuk artikel ini, banyak yang menulis ulang dari beberapa sumber. 80% lolos dari copas. Nah, para penulis di sini masuk dalam kategori yang daripada nganggur. Ada juga situs online yang membayar dengan fee segini, tapi juga lewat seleksi. Mungkin diseleksi yang lolos copas atau enggak. Tapi kan emang kebijakan masing-masing juga. Kalau gak lolos, artikelnya dibuang. Sayang banget.

3. 6-8 ribu
Penulis dengan fee segini biasanya yang masuk di agensi artikel. Jadi, ada agensi sendiri yang meminta tulisan dengan tema tertentu dan ber-SEO. Nah, penulis masuk di borongan. Langsung menulis 50-100 artikel dengan jangka waktu tertentu. Kalau 6.000 x 100, bisa 600 ribu sekali borongan.

Banyak penulis yang masuk di kategori ini. Malah ada agensi khusus artikel yang kerjasama dengan berbagai web agar sesuai dengan permintaan web tersebut. Penulis di kategori ini lebih melihat hasil yang banyak setelah menyelesaikan banyak artikel.

anisa ae





4. 10-15 ribu
Ini adalah harga artikel yang biasa kita beli dari agensi. Semakin banyak artikel yang kita beli, maka makin murah. Ada juga beberapa artikel gratis jika membeli dengan jumlah tertentu. So? Gak perlu mikir kehabisan stok artikel. Biasanya pembeli adalah situs- situs web yang sudah banyak pengunjungnya.

Kalau saya mah yang ini kemahalan. Soalnya kan blog pribadi dan belum ada penghasilan pasti. Lebih baik nulis sendiri deh. Hehehe.


5. 20-50 ribu
Penulis di harga ini masuk dalam penulis tetap web online dengan banyak pengunjung. Seperti reporter tetap gitu deh. Tapi pastinya dikejar target harus menulis apa.

Ternyata media koran lokal juga menetapkan harga ini untuk tiap artikel. Itu pun disertai dengan seleksi. Curhatan dari seorang teman mendapatkan 25 ribu per artikel, kalau gak lolos ya artikelnya dibuang. Padahal ini harga yang dulu saya tetapkan untuk menulis sebuah artikel di web ini. Xixixi. Karena belum tahu berapa yang harus saya terima untuk membuat satu artikel.

Kalau saya sudah mengalami fee mulai dari seribu rupiah dan untuk saat ini, mematok harga 50 ribu ke atas. Tergantung perusahaan apa dan seperti apa kesulitan dalam membuat kontennya. Semakin sulit, maka semakin mahal. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa lebih murah dari itu, tergantung mood sih. Kalau menguasai materi, it's oke.

Eh, ini hanya gaji untuk penulis konten lho, bukan gaji blogger.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



Share on Google Plus

About Anisa Ae

58 komentar:

  1. Saya juga kaget mbak, ternyata harga tulisan begitu murah. Malah ada di grup2 yang menerima jasa menulis artikel berapa kata berapa ribu gitu. Dikit banget, beda kalau dapat job review hehe

    ReplyDelete
  2. Wah. Jadi bersyukur ya kita dihargai secara manusiawi sebagai blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya .... Nanti simak gaji blogger juga, ya? Hehehe

      Delete
  3. Wah, aku baru tau kalo dibayarnya segitu, mbak :( syediihh.. enakan ikutan giveaway atau lomba blog deh.

    Aku pernah ditawarin job review dengan bayaran min 100 ribu. 500 kata, terus dikasih tema. kalo seribuan, aduuuhh :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tapi banyak yang daripada nganggur kok

      Delete
  4. Waduh jadi merasa ngomongin diri sendiri :D

    ReplyDelete
  5. Kalau cuma menulis memang dihargai murah. Beda lg klo menulis dan punya blog. Tulisan kita bisa dihargai jutaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Besok saya ulas yang blogger :D

      Delete
  6. akumah dibayar voucher belanja juga hayuk. toh nulis udah jadi hobi heheheh

    ReplyDelete
  7. Wah...dikit juga ya fee penulis artikel. Mendingan blogger banget ya mbak.

    ReplyDelete
  8. ternyata bervariasi yah. tapi kalo yang cuma seribu murah banget.
    aku belum tau begituan, punya blog aja masih baru itu pun cuma buat iseng-iseng nulis.

    ReplyDelete
  9. jadi mesisan ya. klo jadi penulis sekalian yang pro. jadi blogger jadi yang pro.

    ReplyDelete
  10. mungkin yang penting barokah, tapi prihatin juga ya klo harganya segitu

    ReplyDelete
  11. wah...kok murah banget ya...?
    tapi kembali lg tergantung dari niat masing2 sih ya...

    ReplyDelete
  12. wah, ada yg digaji seribuan?baru tahu y mbak

    ReplyDelete
  13. Wah dikit banget ya, sy sih ga pernah beli artikel, selalu nulis blog sendiri, jadi gak ngerti harga2 kyk gini

    ReplyDelete
  14. duh.. bayaran ribuan gitu. pulsa buat paket internet aja berapa..

    ReplyDelete
  15. Mantap! Tapi jangan seribu juga kali. Btw, kunjungin balik ya: www.mraneh.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. waduh ngomongin gaji malah bingung, semoga sesuai ya

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah menulis untuk dibeli orang sih mbak, cuma dulu pas kuliah nulis ada fee sekitar 200rb an :)) *nambah kantong banget, cuma sekarang udah ngantor, jadi nulis hanya sampingan saja. Paling tambahan penghasilan dari design grafis, itupun tidak setiap hari :D #WargaWB

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu fee 200 ribu berapa halaman? :D

      Delete
  18. Saya punya pengalaman dibayar 15rb untuk artikel 500 kata. Intinya tergantung deal-nya kita sama klien. Ada juga kemarin pas nyari job di situs penulis lepas, cuma ditawari 500rb untuk 100 artikel minimal 500 kata, saya rasa nilai itu tidak sepadan dengan apa yang kita keluarkan saat menulis dan riset :)

    ujung2nya memang lebih bagus menulis untuk blog atau web sendiri, nice sharing, Mbak, salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya sih. :) Makasih juga buat sharing pengalamannya. ^^

      Delete
  19. hah??? aku baru tau mbak... kok kejam sekali kesannya

    ReplyDelete
  20. masak 1000 sih,, itu copas semua.....

    ReplyDelete
  21. Yang sering saya dapatkan justru pengguna jasa Agensi Artikel ini untuk website-website yang mengejar SEO tapi pengen cepet, ini gara-gara saya sering terjebak di blog yang saya pikir akan memberi jawaban yang oke, tapi ternyata copasan semua hehehe, dan lima blog yang terpampang di halaman depan google, kebanyakan malah isinya sama (copasannya sama sumbernya) weleh...weleh... Saya lebih salut deh sama blogger yang nulis dari hati ....

    ReplyDelete
  22. Makasih udah melakukan survey dan menjawab rasa penasaran saya Mbak. Saya baru ngerti kenapa teman saya bisa dapet fee nulis 4000-5000 perak per artikel dg jumlah kata 200-300, sedangkan saya bisa dapet fee 15000-30000 dg jumlah kata 500+. Padahal selisih 200-300 kata bisa jauh gitu selisih fee-nya.

    Sayangnya saya nggak pernah baca hasil tulisan temen saya itu. Jadi nggak bisa ngecek juga dia nulis copas atau organik dari dia sendiri.Kalo di tempatku nulis emang dituntut untuk nulis organik sih. Jadi lebih puas dan bangga sama hasil karya sendiri. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. :) Fee juga tergantung jam terbang penulisnya lho.

      Delete
  23. Artikel yg bagus oh iya monggo nih di intip juga www.carawanita.net dan www.klikinfocantik.com

    ReplyDelete
  24. mbk nisa bisa bantu nulis artikel di web saya? kalau bisa silahkan email ke frienzzboy@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lagi libur nulis artikel buat orang Mas :)

      Delete
  25. Hahaha iya mbak, saya biasanya juga dibayar 6-10ribu/artikel dengan jumlah kata 300-500 kata. Tapi kalau dipikir, seandainya bisa menulis sebanyak itu (100 artikel/bulan) untuk blog sendiri mungkin popularitas blognya akan lebih cepat naik kali ya... Hahaha... Bedanya adalah kalau nulis blog sendiri sering kepentok sama ide. Kalau artikel orderan tinggal browsing data, tulis ulang, kelar, dapat duit. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, mau nulis di blogku juga? :D

      Delete
  26. Saya pernah merasakan yang No 4 Mbak, tapi cuma sebentar. Bukan nggak mau nyari rezeki ya. Tapi di satu titik merasakan pengen ngisi blog sendiri dulu, karena meski cuma sebentar, nulis artikel itu saya rasakan sama kayak nulis buat job review sih he he. Jadi pengen ngubek tulisan soal gaji blogger di sini. Ada kan ya? He he

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.