Pengenalan Blogger di UM


blogger di UM


Anisa AE - Apa sih blogger itu? Bagaimana mengawali sebuah blog? Bagaimana agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog? Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang itu, apalagi blogger saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Beberapa hari setelah mengisi acara diklat di UM kemarin, berlanjut ke acara blogger di tempat yang sama.

Awalnya mereka juga tak tahu apa itu blogger dan seluk beluk di dalamnya. Yang diketahui hanya pernah melihat blogspot dan web dengan domain .com. Ada juga beberapa yang sudah punya, tapi kebanyakan masih awam. Ternyata membuat blog juga diwajibkan oleh pembimbing dalam mata kuliah tertentu.







Di acara sharing kali ini, saya menejelaskan apa itu blogger kepada mereka. Kebetulan saya sudah punya bahan presentasi yang pas untuk mereka, 'Peran blogger dalam pembangunan' yang rencananya buat pengenalan blogger kepada dinas kabupaten. Namun karena belum sempat bertemu dengan bapak kepalanya, saya belum sempat presentasi. Hari itu pula, artikel saya yang berjudul '9 Langkah Mendapatkan uang dari Blog' juga ditayangkan oleh vivalog, tanpa menunggu lama, saya pun mengulasnya. Memberi contoh dan langkah-langkah untuk mereka.


Blogger di UM

Kejutan ... mereka hanya berkata masa' sih? Wow! Enak banget. Saya hanya tersenyum sambil terus menjelaskan pada mereka.

Dilanjutkan bagaimana menulis postingan di blog serta mengomentari kekurangan dan kelebihan blog masing-masing. Saya mengajari mulai dari bagaimana menata postingan agar tidak terlihat terlalu panjang di dalam tampilan home dan bagaimana mengatur template. Tak terasa dari pukul 14:00 sudah ke pukul 16:00, kami pun pindah tempat karena gedung mau ditutup.

Acara dilanjutkan lagi ke gedung sebelah untuk diskusi panjang bersama mereka. Diskusi berlangsung sangat seru, karena di sini saya memposisikan diri bukan sebagai pengajar, tapi teman mereka. Sampai akhirnya laptop saya tak bisa nyala, mungkin karena terlalu lama nyala tanpa cooling pad di bawahnya. Sebelum acara benar-benar berakhir, saya memberi PR kepada mereka.







Wajib membuat postingan di blog masing-masing satu artikel dalam satu minggu. Ini dikarenakan kami tidak akan bertemu sampai tahun depan. Para mahasiswi libur kuliah sebulan lebih. Saya pun akan mengagendakan pertemuan rutin mereka dengan para blogger yang lain yag sudah malang melintang di dunia blogger agar ikut semangat dalam ngeblog..

PR yang saya beri harus membuat tulisan di blog masing-masing dengan tema:
1. Pembelajaran tentang hari itu.
2. Kuliner.
3. Traveling.
4. Artikel bebas 2 buah.


Di dalam menulis dalam blog, harus keluar dari pemikiran bahwa tulisannya wajib keren. Misalnya saja saat menulis tentang kuliner, tidak harus makan di restoran mahal ataupun di pinggiran. Bisa juga acara makan bareng keluarga atau masak bareng Ibu. Traveling pun tidak harus jalan-jalan ke tempat mewah, bisa juga ke sawah atau kebun. Kan jalan-jalan. ^^







Akhirnya, saya pulang dengan kehujanan lagi. Hehehe. Tapi sebelumnya wajib narsis dulu bersama mereka dong .... Pengalaman ini sungguh berkesan. Ketika tidak dihargai di tempat sendiri, malah dibutuhkan oleh tempat lain.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

17 komentar:

  1. Replies
    1. Coba gabung di komunitas di kotamu

      Delete
  2. Semoga makin banyak yang tertarik untuk terjun di dunia blog secara profesional ya, mba. :D Di sini juga udah ada komunitasnya, tapi masih dikembangkan untuk komersial dengan bikin web bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :) Kalau di sini yang komersil juga banyak. :D

      Delete
  3. Iya betul. Blog kalau kita seriuskan bisa menjadi sumber mata uang ;)

    ReplyDelete
  4. semoga bermanfaat ilmunya mbak ^_^

    ReplyDelete
  5. Enak ya, udah jadi blogger yang bisa membagi ilmunya ke sesama blogger. Sukses mbak!

    ReplyDelete
  6. berbagi ilmu insya Alloh jadi amal solih ya mbak.

    ReplyDelete
  7. mau dong jadi blogger pi msh newbie nih..gmn y??

    ReplyDelete
  8. hebat ya blogger akhirnya bisa juga jadi pengajar berbagi ilmu yg bermanfaat, terutama mmg manfaat bgt buat generasi muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, selalu berusaha berbagi dan menginspirasi, Mbak

      Delete
  9. semoga ilmu bloggernya mbak anisa bisa bermanfaat untuk semua orang, sukses mbak untuk bloggernya :)

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.