11 Tips Lolos Google Adsense






Anisa AE - Banyak yang tanya bagaimana cara saya agar bisa lolos di google adsense. Saya pun kurang begitu mengerti kenapa lolos pada pengajuan yang ke-7. Yup, saya telah mengajukan adsense selama 6x dan gagal.

Dari dulu yang saya ajukan adalah blog ini. Bahkan blog ini pernah dipegang oleh 3 senior blog hanya agar lolos adsense. Sayangnya lagi-lagi gagal, namun ada saja akal mereka, sampai akhirnya memakai akun gmail lain agar diacc oleh adsense.

Tips mendaftarkan adsense dengan akun lain pun ternyata tidak berhasil, saya akhirnya pakai PPC yang gajinya per klik 600-1000 rupiah. Itu syaratnya harus punya view minimal 10.000 per bulan. Akhirnya saya pun mencobanya walau hasilnya sangat lama.


Lama-lama iklan PPC saya hapus, lebih baik memasang iklan sendiri yang lebih menghasilkan dan terus menulis artikel untuk blog. Tak disangka jika bulan kemarin mendapat email cinta dari google adsense.


Banyak yang bertanya pada saya bagaimana caranya agar lolos adsense. Sejujurnya saya tak begitu paham bagaimana caranya, tapi akan saya beri tahu apa saja yang saya lakukan agar lolos adsense.

1. Tulisan tanpa copas
Bisa dibilang jika dulu saya sering sekali memberi info lomba menulis atau lomba apa saja yang berseliweran di FB dan blog. Mengcopi di blog sendiri untuk dibagikan ke pembaca. Saat itu saya berpikir tak masalah karena pasti penyelenggara event yang diuntungkan ketika eventnya menyebar luas.

Setelah itu saya mulai menulis tulisan sendiri. Cerita tentang Asma, penerbitan, dan curhat lebay di blog. Info lomba selain saya penyelenggaranya mulai berkurang satu demi satu. Demi lolos google adsense

2. Aktif menulis
Kelihatannya sepele sih, tapi ini yang saya lakukan. Sebisa mungkin menulis 3-4 artikel tiap minggu. Kalau bisa ya tiap hari dengan jadwal konsisten yang sama. Terus mempromosikan link agar banyak yang baca.

Gak harus tulisan yang berat. Ringan-ringan saja juga oke. Minimal 300 kata. Kalau nulisnya dari hape gak bakal terasa. Tiba-tiba saja sudah 400 kata.

Jangan lupa tambahkan about, privacy police, dll.

3. Blogwalking
Pengaruh gak ya? Tapi ini juga saya lakukan. Selalu BW mengunjungi blog teman. Sebisa mungkin meninggalkan link URL postingan terbaru. Jadi, suatu saat ada yang mengunjungi dari link tersebut. Kan lumayan dapat backlink juga. Siapa tahu bisa ikutan lolos google adsense.


4. Menghapus postingan
Capek-capek nulis kok dihapus? Ini adalah postingan lama yang hanya beberapa kata plus yang tulisannya copas. Biasanya kan saya nulis puisi atau FF singkat tuh, ini yang saya hapus. Kalau masih sayang dengan tulisannya, bisa dimasukin draf saja.

5. Mengecek postingan
Setelah dihapus,  cek kembali artikel-artikel lama. Ada gak sih yang menyinggung orang lain? Mengandung unsur SARA atau yang tidak sesuai dengan artikel yang diminati oleh google adsense.

Ini saya lakukan pula, ternyata banyak yang harus dimasukkan ke draf. Apalagi curhat-curhat geje yang langsung pakai nama orangnya. Saya teliti satu per satu, berharap semua sudah dicek dan tidak ada yang menyinggung pihak lain.

6. Aktif Ngeblog
Selanjutnya adalah aktif ngeblog. Tak perlu dua artikel sehari, sehari sekali juga boleh. Pas gak nulis, bisa blog walking dengan meninggalkan link. Usahakan bahwa kamu dan blogmu itu terlihat aktif di mata google.

7. Daftar
Setelah dirasa aktif ngeblog, kamu wajib daftar di google adsense. Jangan sampai semua sudah dilakukan, tapi belum daftar juga, percuma dong. Isi data dengan lengkap dan tanpa penipuan, ya? ^^





Setelah daftar, pasang iklan adsense di blog. Memang belum muncul sih, tapi jangan dihapus sampai mendapat email baru dari adsense. Nanti akan muncul email ditolak, disurvey kedua, atau diterima.

Dulu, 4x saya langsung ditolak (sebelum menerapkan 6 hal di atas). Lalu lolos ke survey pertama, masuk ke survey dua. Akhirnya 2x ditolak juga dengan alasan konten kurang memenuhi persyaratan dan mengandung hal yang tidak disukai adsense.

8. Pelajari
Jika sudah menerapkan hal di atas lalu tetap saja ditolak, pelajari apa alasan penolakan tersebut. Satu per satu dicek adakah yang salah di dalam blog. Sepertinya untuk job review tidak memengaruhi diterima atau tidaknya. Lalu daftarkan lagi.

9. Ganti template
Ini adalah hal terakhir yang saya lakukan sebelum akhirnya mendaftar lagi. Cukup lama mengotak-atik template blog agar sesuau dengan impian saya. Ini pun agar pembaca merasa lebih nyaman berada di blog saya.

10. Daftar lagi.
Jangan lelah untuk terus mendaftar google adsense dan revisi lagi. Saya tetap mendaftar menggunakan satu akun gmail walau berkali-kali ditolak. Saat disurvey oleh google adsense, jangan ganti-ganti template, tapi perbanyak artikel dan blogwalking agar blog terlihat aktif dan pantas untuk lolos google adsense.


11. Berdoa
Apalah arti semua usaha tanpa doa? Hehehe. Tetap saja Tuhan yang menentukan apakah kita diterima atau ditolak adsense. Berdoa di sini tidak hanya di atas sajadah, bisa juga dalam hati. Semoga diacc adsense. Barangkali saja setelah menerapkan tips 1-7 langsung diterima oleh adsense. Heheh.

Itulah beberapa hal yang saya lakukan sebelum akhirnya diterima oleh adsense pada Desember kemarin. Bagi yang belum diterima juga harus bagaimana? Tetep usaha dong. Adsense tuh walau gak diklik, fee juga didapatkan dengan banyaknya view pada blog kita. Kan lumayan.  ^^

Jangan lupa dipraktikkan, ya? 11 tips lolos google adsense ini buat pembaca setia anisae.com. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

125 komentar:

  1. Mbak aq g pernah di email sm gugel tp sudah aktif akun adsense ku. Huhuhu...

    Btw, klo ninggalin link hidup di kolom komentar katanya bisa naikkin spam score. Kalau di open name url diisi link postingan qt termasuk jg g ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget Mbak Diah. :D Sudah dapat berapa dolar nih?

      Jangan link hidup mbak say. Pakai yang name-url

      Delete
    2. mb kan blm bisa muncul kodenyaaaa smp skrg
      jd ya msh 0$ huhuhu

      Delete
    3. eh pernh 3x soal rubah data sama suruh bkin unit ads
      t[i yo itu mb blm muncuuuul

      Delete
  2. setahu saya sich juga begitu.
    blog nya kemungkinan bakal dianggap spammer dan tentunya juga bisa berdampak pada blog yang dikomentari.
    kalau memang mau cari backlink mending komentar di wordpress yang sudah pasti memberi backlink dan tidak dianggap spammer :)

    ReplyDelete
  3. adsense memang penuh misteri ya mbak.
    saya sendiri juga bingung dengan cara kerjanya.
    kalau saya, hanya ganti template dan (satu point lagi) tapi saya belum berani publish disini soalnya masih jadi andalan saya untuk daftar adsense :)

    ReplyDelete
  4. maaf mbak kalau OOT.
    untuk tampilan mulai dari translate sampai footer belum sepenuhnya mobile fredly jika dilihat dari android saya.

    ReplyDelete
  5. saya pernah daftar dan ketolak dua kali berarti kudu sabar xixixixi

    ReplyDelete
  6. Kemarin sempet ketolak.. uhhh..
    coba lagi deh kalau ada inget :D

    ReplyDelete
  7. Wah. Postingan pendek pengaruh juga ya tyt. Mulai ngecekin postingan2 pendekku ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Eh tapi pean kan udah diacc :D

      Delete
  8. makasi tip nya mba. praktek ah praktek

    ReplyDelete
  9. waah, noted mba nisa... Aku juga baru daftar dan ditolak,wkwkwk *ups... Bermanfaat banget ni sharingnya, makasi yaa..

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  10. Makasih sharingnya mbak. Saya masih gagal maning hahaha. Nantilah rapikan lagi dan apply.

    ReplyDelete
  11. saya baru sekali, tapi lihat traffic blog jadi ng pd

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah daftar baru aja langsung app, hal ini dipacu suami yg udah daftar duluan semalam n di app mak, ampe" bangunin aku yg lagi mimpi indah cm mo kasih tau itu doang *tepok jidat sambil bobo lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, pasti sesuatu banget sampe bangunin tidurnya :D

      Delete
  13. saya sdh diterima tahap satu, tahap duanya msh harus ada yg diperbaiki, trims ya infonya :-)

    ReplyDelete
  14. Nah daftarnya ini yg aku blum mudeng step stepnya??
    Apakah pke isi formulir gitu??? Bukanya lewat msna mb, mohon pencerahan , maklum gaptek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say. Coba dibuka di https://www.google.com/adsense/

      Delete
  15. Alhamdulillah, saya dulu langsung daftar dan langsung keterima. Tapi memang sudah ganti template, seleksi tulisan dulu juga sih. Selamat ya mbak, dah keterima Google :)

    ReplyDelete
  16. nah itu dia mbak.
    yang agak susah tuh point 6.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi. Coba baca 10 Tips agar semangat ngeblog

      Delete
  17. bener, blog saya termasuk yang pengunjungnya gak terlalu banyak tapi bisa tembus google ad-sense. Agak bingung juga tapi ya disyukurin aja deh :)
    Template memang berpengaruh banget. plus mesti diingat template yg oke jk dilihat pengunjung via hape. Template blog saya tidak termasuk yg okeh dan alamat mesti ganti nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pernah liat blognya Mbak Ria dari hape sih. Tapi kalo menurutku udah bagus kok

      Delete
  18. Makasih Nis tipsnya, aku ntar praktekin di blog baru deh he3

    ReplyDelete
  19. Wadduuh..dari ke-11 tip mungkin aku masih memenuhi separuhnya ckckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa, siapa tahu langsung ke nomor 11. :D

      Delete
  20. Apakah harus lewat gmail pengajuannya? Kalau pakai email yahoo bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku lewat gmail, Mbak. Kalo yahoo kurang tau

      Delete
  21. Hmm kemungkinan saya bermasalah di template tapi itu template yang dulu, sih. Waktu template yang dulu, saya daftar Google Adsense tapi ditolak. Setelah itu gak pernah daftar lagi.

    ReplyDelete
  22. makasi infonya mbak, nanti saya coba daftar deh.
    saya baca beberapa tips spy lolos google adsense ini, mereka srg blg umur blog minimal sudah 6 bulan. kalo bgtu saya harus nunggu deh.
    kunjungi http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  23. saya nggak lolos2 nih, visitorsnya harus banyak ya hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok, gak berpengaruh ma visitor kayanya

      Delete
  24. Setelah ganti domain, dua kali ditolak adsense dengn alamat email yg sama. Sampai sekarang belum mencoba apply lagi.Padahal saat masih blogspot malah sudah tedaftar adsensenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sama kok, cuma ganti domain aja

      Delete
  25. wah semoga pendapatan menjulang ya mbak ditambah adsense, sukses :)

    ReplyDelete
  26. banyak juga ya mbak point nya.
    tapi saya baru 3 artikel udah mengajukan.
    kira-kira gimana mbak :(

    ReplyDelete
  27. nah, awal ngeblog pernah copas beberapa kata, hapus ya...

    ReplyDelete
  28. Mbak, jarak dqri ditolak dan mengajukan ulang itu kira kira berapa lama ya?

    ReplyDelete
  29. Huwaaaa penting banget info ini buat aku.
    Trims for sharing

    ReplyDelete
  30. wah..makasih sharingnya mba..
    tapi bener sih, blognya makin enak dibaca. kalo dulu kan terlalu banyak iklan di kanan kirinya. tulisannya juga kecil-kecil, hihi.. skrg meskipun tetap ada iklan, tapi lebih rapi. good job mba..:)

    ReplyDelete
  31. Aku daftar bulan lalu dan ditolak...hehehe, sekarang mau benah-benah dulu ah...
    thanks infonya mba Anisa

    ReplyDelete
  32. Mba, biasanya berapa lama dari mulai daftar sampai ada info di tolak atau gak nya?
    Aku baru aja daftar minggu lalu, dan blm ada info apa2.
    Template blog ngaruh ya ternyata?
    Template yg di mauin tuh kaya apa mba? Mungkin bisa sharing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya 1 minggu - 1 bulan. Iya, template yang simpel aja.

      Delete
  33. Kalo boleh tau sejak kapan blog mba diterima adsense n jumlah artikelnya berapa saat diterima adsense.Cuma buat perbandingan aja mba.Udah 4x ditolak terus sama si yayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diterima baru Desember kemarin. Artikelnya lebih dari 500. :)

      Delete
  34. ngga pernah lolos adsense mungkin karena ngga bakat dan sudah takdir hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, emang udah daftar berapa kali sih?

      Delete
  35. Bagaimana ya cara mengaktifkan iklan...ada tutorialnya ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah akan saya tuliskan tutorialnya :)

      Delete
  36. semoga rezekimu nambahh terus mba udah share yg bermanfaat begini

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. Mbk minta bantuanya, saya sudah dapat Id Adsense dan Id penagihan, tapi udah 3 hari iklan belum tampil, cuma ada halaman kosong. apa masih dalam tahap review? iklan muncul cuma sekitar 3 jam pada saat pendaftaran pertama, terimasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih dalam tahap pertama, berarti belum acc penuh. Nanti kalau sudah acc penuh, akan dapat email lagi. :)

      Delete
  39. Saya kemarin mendaftarkan alhamdulillah selang dua minggu diterima mbak. pengalaman dari kakak tingkat dia juga menghapus postingan yang dulu masih copas dan saya mengikutinya alhamdulillah diterima tapi masih belum bisa aktif banget mbak, jadi perlu ditingkatkan lagi ini.hehe.. terima kasih mbak anisa ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, beruntung banget ^^

      Heheh, sama-sama

      Delete
  40. mbak Anisa kalo kita masang vivalog ngaruh gak ke GA?

    ReplyDelete
  41. Mbak mau nanya nih. Aku kan daftar google adsense. Terus di my ads sudah ada ad codenya. Nah aku harus copy paste kodenya di mana? Waktu kulihat udah ada tulisan adsense sih di template/ preview blog walaupun belum aku taruh di sana. Apa sekarang otomatis?
    Tapi di petunjuknya ada tentang paste code juga jadi aku masih bingung. Takutnya nanti proses daftarku nggak komplit. Apa aku tetep mauskan secara manual? Aku udah coba di template-edit html, tapi kok g berhasil ya?
    Mohon pencerahannya ya mbak... Thanks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya harus privat mah kalo ini. :D

      Delete
  42. langsung aku bookmark lho ini mbak anisa.
    Btw aku tanya, kalau misalnya nih kita cuma copas ambil informasi satu paragraf ajaaah dari web lain. Itu tetep nggak boleh ?

    ReplyDelete
  43. step nya banyak juga ya mbak agar bisa di app.
    tapi saya masih ragu mbak cz visitor belum banyak kaya punya si mbak :(

    ReplyDelete
  44. Pengen ganti template tp nanti ah

    ReplyDelete
  45. Yang nomor dua itu yang susah kalo tiap hari harus posting

    ReplyDelete
  46. Mbak anisa, kemaren saya udah nanya sama suami ternyata daftar adsense versi suami saya sangat singkat cuma daftar sekali trus diterima dan pasang, nggak terlalu njelimet. Mungkin karena suami saya webnya bukan blog melainkan start up (media sosial) jadi nggak terlalu ribet. Yang penting ngga ada konten menjiplak dan berbau pornografi bisa lulus adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak juga ya pakai gitu. Coba dekat, bisa belajar ke suaminya Mbak :D

      Delete
  47. saya belum kepikiran soal adsense, lha link hidup itu apa saya juga belum tau. hihi

    ReplyDelete
  48. aku lagi mau benahin nih. 5 bulan lalu aku ngajuin di tolak review pertama. Kayanya mau benah-benah... entar japri via inbox gak apa-apa mbak? hihii

    ReplyDelete
  49. Kalo tulisan udah banyak nanti coba daftar lagi ah. Kemaren ditolak mulu -_-

    ReplyDelete
  50. hoho..
    makasih tips nya mba.. blog ku mah masih hitungan jari pengunjungnya :D

    tapi jd belajar, aku mindahin postingan dr blog lama tp di blog lama ga kuhapus, ngaruh jg kali ya?
    kapan2 aku bersih2 deh :)

    ReplyDelete
  51. wah bagus sekali, jadi termotivasi..

    kunjungi punya saya ya hehe
    http://musaharpa.com

    ReplyDelete
  52. hadew aq malah 2x gagal. kunbal donk....

    ReplyDelete
  53. artikelnya bagus n banyak membantu, kunjungan balik ya... dickyjawithlove(dot)blogspot(dot)com

    maksh ya neng hehe

    ReplyDelete
  54. Yups mbak, sy sudah baca artikelnya, mngkin hrs sabar ya mbak hiks...yg pasti nulis trs, lmyan buat nmbah2 PV nya, mksh mbak
    Visit my blog please mynewregalia(dot)blogspot(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya. Sudah berkunjung ke sana

      Delete
  55. Belum pernah coba daftar. Karena pada keribetan ya :D, pengen coba ahh

    ReplyDelete
  56. Baru daftar baru ditolak juga hihii. Gak taunya masih banyak yang kurang.

    ReplyDelete
  57. Barusan daftar semalem. Barusan ditolak juga hihii. Gak taunya masih banyak yang kurang disetingan blog. Mau saya coba upgrade ke TLD dulu. Doain ya mba hehee

    ReplyDelete
  58. Baru sekali daftar & ditolak review tahap 2, kayaknya memang harus sabar sambil perbanyak artikel ya.

    Terima kasih artikelnya membantu sekali mba :)

    ReplyDelete
  59. wih kereeen eh jangan lupa yaa kunjungin blog saya tentang coding www.cararidho.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berkunjung, bingung mau koment di mana, gak punya disqus

      Delete
  60. Saya lihat jumlah iklan adsensenya kok banyak amat ya, melebihi ketentuan Google yg menetapkan maks 3 buah. Saya kira sangat beresiko kena peringatan Google.

    ReplyDelete
  61. trmotivasi lg bwt lamar ga lg mbak... makasi udh ngasih motivasi mbak

    sekantung-ilmu.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.