8 Cara Mendapatkan Job Review







Anisa AE - Saat ini banyak sekali yang menjadikan blogger sebagai sumber penghasilan. Tak jarang banyak blogger yang 'ngotot' untuk menjadikan blognya sebagai ladang uang. Sayangnya banyak yang menganggap itu mudah, padahal kenyataannya tidak semudah yang dikatakan orang. Apalagi oleh blogger yang sudah punya jam terbang tinggi.

Beberapa minggu terakhir banyak email yang menanyakan bagaimana cara melamar job review untuk blogger. Saya pun mengatakan akan mengulas di blog ini karena tak mungkin membalas semua email satu per satu dengan jawaban yang sama. Apalagi saya termasuk orang yang jarang membuka email.


1. Jangan Pikirkan Uang

Lah? Mau dapat job review kok gak boleh mikir uang? Eh? Kenapa, ya?

Saat memikirkan uang, maka otak akan terus menerus mencari cara untuk mendapatkan job review. Bisa-bisa stres kalau job tak kunjung datang padahal berbagai cara sudah dilakukan.

Yakin sudah melakukan berbagai cara?

2. Tulis Dengan Hati dan Happy
Saat sudah melupakan uang, maka kita akan menulis dengan hati dan happy. Menulis tidak semata-mata karena uang bisa membuat hati tenang. Tidak ada 'beban' khusus untuk mempromosikan suatu produk. Tulisan juga terasa bernyawa karena kita menulis dengan santai. Pasti lolos copyscape dan akan ada label khusus dalam tulisan kita. Terasa khas, tanpa meniru blogger atau tulisan penulis lain. Jangan pernah merasa menjadi blogger abal-abal.



3. Jangan Perhitungan
Ini adalah tips yang sering digunakan oleh para blogger yang kebanjiran job. Misalnya saat ingin makan gratis di restoran dengan melamar job review. Gak mungkin kalau blog kita kosong melompong, tanpa isi tentang review kuliner.

Sebenarnya tanpa modal banyak karena kita sering sekali melakukan banyak kegiatan yang kelihatan sepele. Misalnya saja saat diajak pasangan makan di luar atau jalan-jalan ke tempat khusus. Itu bisa ditulis lho. Jangan malas menulis dengan anggapan mempromosikan tempat itu secara gratis. Enak di pemilik dan gak enak di kita.

Siapa bilang?

Kita juga enak kok. Apalagi jika mengatakan kepada pemilik bahwa akan direview,  maka secara otomatis akan mendapatkan pelayanan plus. Menambah artikel di blog agar selalu update juga. Jangan menghitung untung rugi saat menjadi blogger baru. Anggap amal deh. Allah juga yang bakal balas. Artikel seperti ini yang nantinya bisa dimasukkan dalam portofolio blog.

Jangan bilang mau melamar job review restoran, tapi blognya tidak ada tulisan tentang makanan ataupun restoran lain. Begitu juga saat melamar job review situs belanja online maupun hotel.







4. Gabung Komunitas
Penting dan wajib nih karena banyak brand yang lebih suka kerjasama dengan komunitas. Dengan bergabung di komunitas, kita juga bisa mengetahui update job review terbaru. Tidak hanya itu, bisa tanya berapa harusnya fee yang didapatkan dari suatu brand dan sharing  seluk beluk blogger.




5. Optimasi Blog
Saat ini banyak brand yang memperhatikan rank sebuah blog. Kebanyakan memilih yang DA dan PA di atas 15, berdomain sendiri, dan rank alexa ramping. Tapi bisa juga kok yang domain gratisan, asalkan cocok dengan brand tersebut.


6. Gabung di Situs
Nah, beberapa bulan ini sedang ramai beberapa situs job review. Di antaranya adalah sribulancer.com dan project.co.id. Di sana kita bisa memilih job review apa yang cocok serta berapa fee yang ditawarkan. Bisa juga nego harga.

7. Membuat Portofolio
Ini penting lho. Banyak yang menggunakan portofolio sebagai acuan diterima tidaknya lamaran job review. Jadi, buat sebaik dan sebagus mungkin tentang blog kita. Tapi jangan sampai hoak, ya? Karena brand pun nantinya memilih dan memilah mana yang cocok. Dalam membuat portofolio pun cantumkan link artikel asli agar bisa dicek. Bisa juga menggunakan media kit, satu halaman saja yang mencakup semuanya.

Jika ingin contoh media kit dan portofolio saya, bisa dilihat di sini dan di sini. Ingat, itu hanya contoh. :) 


8. Mengirim Email Lamaran
Setelah semua dirasa sudah siap dan merasa pantas mendapatkan job review, kita bisa melamar ke brand tertentu. Pastinya kita cari info dulu brand mana saja yang saat itu mencari blogger untuk job review.

Bagaimana isi email? Ini sering ditanyakan. Bagaimana, ya? Kurang lebih mengatakan bahwa kita mendapat info tentang job review dan ingin bergabung menjadi penulis di sana. Jangan lupa cantumkan alamat blog dan apa saja yang akan kita lakukan setelah postingan itu terpublish. Pastinya tulis dengan bahasa yang baik dan benar. Ingat, jangan pakai gan, bro, dan panggilan kurang sopan lainnya. Cukup Pak/Bu/Mas/Mbak.



Oke. Begitu dulu tips dari saya untuk mendapatkan job review. Jangan lupa berdoa dan semoga sukses. ^^/

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

152 komentar:

  1. thanks mba anis, sy new blogger n dengan senang hati ngereview apa2 dg gratis hehe. secara blog juga masih awut-awutan. yang penting hasrat nulis tersalurkan, syukur bisa bermanfaat untk org, mudahan dapat aliran pahala.. :)

    ReplyDelete
  2. Wah mantap nih mbak, saya belum pernah dapat tawaran job review soalnya :D

    ReplyDelete
  3. Makasih tips-tipsnya mbak,artikelnya menarik dan bermanfaat sekali :-) salam kenal

    ReplyDelete
  4. Saya belum berani melamar ke sebuah brand.. selama ini pasif aja nunggu tawaran..huhu..

    ReplyDelete
  5. makasih ya, Mbak infonya...saya pernah menawarkan diri menulas hihiii...

    ReplyDelete
  6. info yang keren, terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
  7. Tips keren ini
    Makjleb buat aku yang kadang suka males nulis hehe

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget Mbak. Saya masih berjuang naikin DA sama rampingin alexa. Nambahin 1 lagi mba..networking (bisa masuk ke bagian tips berkomunitas sih) karena kalo ikutan komunitas tapi nggak menjalin hubungan baik dan memperluas networking di sana juga sama aja kan?:)

    ReplyDelete
  9. Halo Gan! Aku sbel kalo dpt komen ini. Tp email2 yg masuk ngajakin jon emang bahasanya baik

    thanks tipsnya

    ReplyDelete
  10. Daripada saya memikirkan jumlah uang yang akan didapat. Untuk sekarang ini saya masih berfokus untuk meningkatkan kualitas konten tulu sih mbak. Memang ada yang beranggapan bahwa terkadang rezeki itu ya harus dijemput juga, tapi menurut saya ketika konten kita sudah bisa dibilang layak maka akan datang sendiri rezekinya toh hehehe.

    ReplyDelete
  11. wah lengkap walau aku belum berminat, suka menulis apa yang ada di hati dan apa yang aku lihat di sekelilingku saja

    ReplyDelete
  12. Yuk yuk kita hunting job review, selektif boleh tapi jangan pake nyalahin yang kasih info job yo jika honornya kecil he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pernah selektif tuh. Eh, tergantung juga sih. Kalo yang nawarin kamu, aku maunya fee yang banyak. :D

      Delete
  13. ini mantap bin lengkap sekali tipsnya mbak Anisa..
    terima kasih untuk sharingnya ya heee

    ReplyDelete
  14. Noted. Wahh..bermanfaat sekali share-nya mba

    ReplyDelete
  15. keren nih, infonya Mb... kudu dibaca berulang-ulang ya
    ma kasih Mb

    btw, aku udah folow ya blog e

    ReplyDelete
  16. wah terima kasih banyak mba Anisa. Semua ada tips nya disini. klik klik ah baca-baca dan praktek.

    ReplyDelete
  17. Mantab ulasannya, semoga saya bisa melakulan tips-tips tsb. supaya hobby ngeblog sy ada yg biayai :-)

    ReplyDelete
  18. Kalo gw sih lagi belajar nulis2 dulu.. Sambil jalanin, liat situs2 yg udah lebih dulu malang melintang di dumay.. Dan kayaknya harus ngikutin cara yg ini juga :D

    ReplyDelete
  19. terima kasih atas saran-sarannya. Saya setuju banget tuh yang harus nulis pake hati dan nggak perhitungan ^_^

    ReplyDelete
  20. wah ilmu nih,, tfs mbak, aku pantengin deh ini blog

    ReplyDelete
  21. Kereen tipsnya mba nis.. TFS yaaa :)

    ReplyDelete
  22. wah, sebagai blogger baru, artikel ini sangat membantu! saya baru tahu kalau untuk mengajukan job review juga butuh "cv". :)

    http://petitecovered.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :) Saran juga, jangan tinggalkan link hidup, ya? ^^

      Delete
  23. keren tipsnya mbak...memang menulis harus happy dulu ya klo ingin dpt job review...

    ReplyDelete
  24. aku cuma portofolio aja mbak yang belum buat, kayaknya bakal segera buat ini biar makin lancar hehehe

    ReplyDelete
  25. Waaah... Thanks mb Anis. Jadi ingat halaman about me sy pun belum berisi. Mau ngintip portofolio mb Anis juga. Thanks mbak :-)

    ReplyDelete
  26. Sepakat dengan tipsnya, Mba Anis. Terutama yang poin satu dan dua. Jika sdh dilakuin dg senang dan happy, rezeki bakalan ngikut, yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mbak Al. ^^ Makasih udah mampir

      Delete
  27. Saya baru tahap menulis buat kesenangan. Belum siap jika kebanjiran review ... hahaha, pedeh banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, nanti job datang sendiri kok :D

      Delete
  28. Kalau mereview gratis, enak di dia dan di kita ya mbak. hehehe...
    saya kalo menulis memang menulis saja sih, tak banyak pertimbangan untung rugi secara materi. jadi blogger itu harus bisa menikmati dinamikanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mbak. Aku juga gitu. ^^

      Delete
  29. Naahh, betul nih. Jangan fokus ke uang. Tulis aja dulu dan ngeblog yang rajin dan konsisten. Insya Allah rezeki juga akan mengikuti. :D

    ReplyDelete
  30. saya memang enjoy dalam segala hal. saya yakin tetap menulis denga cara saya. pasti ada waktu datang job. trims infonya

    ReplyDelete
  31. Job review emang suatu hal yg dinanti-nanti ya mba..tapi susah juga dapetinnya

    ReplyDelete
  32. Hallo mbak...salam kenal ya. Tipsnya mantap. Suatu saat pasti berguna. Sekarang sih masih berjuang untuk mengembalikan semangat menulis. Blog masih nggak karuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. :) Saya juga belajar kok. ^^ Semangat, ya?

      Delete
  33. Mbak nisa.. Makasih banget, postingannya bermanfaat abis..

    Btw, setuju mbak, yg namanya nulis jangan cuman mikirin duit. Yg ada tulisan jadi g bernyawa, malah pas kecantol mikir duit tulisan yg dihasilkan kok jadi aneh bin g jelas gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. ^^ Semoga duitnya datang sendiri :D

      Delete
  34. Entah kenapa projek dari sribulancer sama project.co itu sering pake standar bayaran penulis artikel. Huuu tak sanggup lah aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, pinter milih aja jobnya :D

      Delete
  35. terima kasih tipsnyaa bermanfaat banget niii, pengen juga kebanjiran job review dari brand :)

    ReplyDelete
  36. Yang nomor 5 kayaknya berjuang banget aku hehehe.. PA DA OMG!!

    ReplyDelete
  37. mbak nanya dong di poin no 8
    ini kalau brand tersebut sepertinya ga nampak mmebuka job review tapi kita ingin menjalin kerjasama review gitu gimana caranya ya?

    thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja mengajukan diri gak apa-apa. Apa pun balasannya. ;)

      Delete
  38. Bagus ulasannyaaa... aku suka. Makasih ya mbak Anisa. Nice post!

    ReplyDelete
  39. Tipsnya banyak banget, Mba.. Saya entah sudah ngelakuin yang mana.. *lah *Pantes JR seret belakangan ini. :|

    ReplyDelete
  40. Saya ya santai aja kalo nggak dapat job review karena rezeki sudah ada yang atur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, kan mbak Rahmah banyak pemasukan juga dari suami

      Delete
  41. Terima kasih mba nisa.
    Ini ilmu yg berguna bgt. Portofolio ya.. hmmm.. harus segera bikin ini...

    ReplyDelete
  42. Poin 3 intinya harus pakai modal dulu yaa,Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, modal kecil juga kan gak masalah. :D Bisa juga modal tenaga

      Delete
  43. Gak bisa ikut acara blogger di ibukota juga bisa dapat job ya mbak? hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, bisa Mbak. Kan banyak job selain di ibukota

      Delete
  44. Setuju banget sama poin-poin diatas.
    Emang bener sih,intinya mah kita harus rajin menulis dari hati dan belajar terus cara menulis yang baik dan benar. Nanti pasti ada aja kok yang menghubungi via email ;)

    ReplyDelete
  45. Bener bngt tuh mbak mau dibayar or tidk ttp harus menulia dengan happy tanpa paksaan.

    ReplyDelete
  46. Komplit niih Mbak tipsnya, wish me luck juga ya Mbak, thanks yaahh ;)

    ReplyDelete
  47. Waah...mantep ilmunya mb Anisa, siap niru...

    ReplyDelete
  48. kalau udah pasionnya menulis tetep ngeblog panggilan jiwa sejati hehehe, bener demikian mbak Anisae ?

    ReplyDelete
  49. Mbak Anis blognya makin produktif aja... Semoga makin banyak blog review yang berdatangan. Aamiiin...

    ReplyDelete
  50. Baiklah...semakin membulatkan tekad buat ganti domain :D

    ReplyDelete
  51. Mba, aku baru tau kalau mau dapat job review itu bisa ngelamar gitu ya?

    ReplyDelete
  52. makasih mba infonya, berguna banget nih soalnya saya masih merintis :D

    ReplyDelete
  53. Boleh juga nih tipsnya, belum ada ditawari tentang job review. Mudah mudahan dalam waktu ini ada yang menawarkan, amin....

    Tulis dengan niat, jangan terlalu memikirikan uang. Nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :) Kalo tetep belum ada, bisa menawarkan diri kok

      Delete
  54. Wuaaa Mba makasih banyak tips-nya. Aku jadi makin semangat nih, soale memang ada rencana kalau menikah nanti saya mau jadi freelancer saja. Wah, sepertinya perjuangan itu harus aku mulai dari sekarang ya. Bismillah.

    ReplyDelete
  55. sANGAT bermanfaat mb, semoga aku dapat job hrhrhreee

    ReplyDelete
  56. Sipp mantab sekali ini tulisannya,,,,sangat bermanfaat untuk motivasi blogger pemula seperti saya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, ya? ^^ Jangan lupa buka tips blogger

      Delete
  57. setuju! kuncinya jangan pikirin berapa uang dan nulis pake hati :))

    ReplyDelete
  58. Mbak anisa ini memang inspiring ^^ aku juga mau dapet job review, tapi yang oenting rajin dulu ya biar terbiasa nulis trus nanti ikhlas deh nulisnya hehehhehe

    ReplyDelete
  59. Iya benar, jgn melulu ttg uang. itung2 portofolio sekaligus nambah pengalaman utk blogger baru ya...

    ReplyDelete
  60. pernah juga sich dapat tawaran tapi saya sendiri belum mampu untuk menerima job review mbak, masih belum pedhe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa? Kan lumayan tuh bisa menambah penghasilan

      Delete
  61. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  62. kalau yang ngajuin lamaran/proposal aku belum pernah coba sih mbak, kepedean banget kyknya.. merasa blognya masih remeh temeh.. hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehehe, coba aja. Kan rezeki belum pasti

      Delete
  63. mantep si mba pasti dah banyak dapet job reviewnya ni

    ReplyDelete
  64. DA dan PA itu apa ya Mbak?
    Telat banget ya saya, baru nemu blog yg bagus sekarang... hiiiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, penjelasannya puanjang, Bisa cari di google Mbak :D

      Delete
  65. kereeenn! Ada contoh portfolionya :)

    ReplyDelete
  66. Yang seperti ini nih yang aku cari. Apalagi yang jelasin adalah salah satu ahlinya.

    Terima kasih untuk ilmunya Mbak Anisae. Salam dari Blogger Pemula Makassar.

    ReplyDelete
  67. Replies
    1. Yuk yuk ... Jangan sampai ketinggalan

      Delete
  68. Yg melamar aku belum pernah nyoba mba ^^ udah lahiran blm mba ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aalhamdulillah udah lahiran tgl 29 kemarin.

      Delete
  69. Nice info. Thanks Anisae :) Follback di G+ yaa :D

    ReplyDelete
  70. mantep tips-nya
    dan saya kemana aja baru mampir dna baca hahaha
    makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  71. mbak cara ngirimnya gimana? maksudnya langsung ke brand tertentu? nyariin alamat emailnya bgmn?

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.