Latest News

Saturday, 2 January 2016

9 Barang Bawaan untuk Menjenguk Bayi


Anisa AE - Setiap bulan pasti ada saja saudara atau tetangga yang mempunyai anggota keluarga baru. Bayi kecil yang akan menyemarakkan rumah mereka dengan tangis dan tawa. Tentunya kita sebagai tetangga juga akan ikut bahagia menyambut kehadiran si kecil. Berkunjung ke sana dengan membawa bingkisan untuk si kecil.

Terkadang kita juga bingung mau dibawakan apa. Apalagi dengan budget yang pas-pasan. Bisa dibilang ini adalah moment pusing dalam memilihkan bingkisan untuk si kecil. Takut diomongin tetangga juga kalau bawaannya tidak pantas.






Saya punya beberapa list yang bisa dijadikan alternatif untuk bingkisan si kecil. Pastinya harus menyesuaikan dengan kondisi dompet kita, ya?

1. Peralatan Mandi
Ini biasanya umum diberikan oleh dan untuk masyarakat desa. Isinya pun beragam. Ada yang hanya sabun cuci baju dan sabun mandi bayi, ada juga yang super lengkap.Biasanya dua sabun cuci, dua sabun mandi, dan satu softener. Bisa juga ditambah dengan handuk kecil. Biasanya ada merk tertentu yang menyediakan dalam satu paket kecil, namun isinya lengkap.
Perkiraan : 50-100 ribu.

2. Perlengkapan Tidur
Bantal tidur bayi biasanya satu paket dengan guling. Bisa ditambah dengan tudung bayi, perlak, selimut, dan baju hangat.
Perkiraan : 200-300 ribu.






3. Tas Bayi
Ini lebih simple. Banyak sekali pilihan tas yang bisa dibawa untuk bingkisan si kecil. Selain terlihat elegan, gak semuanya kepikiran membawakan ini. Pastinya tas bayi itu besar dan banyak sakunya. Ada juga yang dilengkapi dengan tempat minum, bisa membuat susu lebih lama hangatnya.
Perkiraan : 150-300 ribu

4. Baju bayi
Baju bayi juga bisa menjadi alternatif. Bisa memilih piyama atau baju hangat. Pastinya memilih dengan ukuran yang lebih besar karena bayi cepat sekali tumbuhnya. Untuk bayi baru lahir, bisa dipilih baju usia 6 bulan atau satu tahun. Antisipasi jika bayi tumbuh lebih cepat. Saya tidak menyarankan untuk memberi bedong, grito, dan baju bayi baru lahir karena biasanya orang tua si bayi telah membeli lebih awal.
Perkiraan : 50-100 ribu






5. Pernak-pernik bayi
Ini banyak sekali yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya saja topi bayi yang satu paket dengan kaos kaki, sepatu rajut bayi, dot bayi, bando dan jepit rambut mungil (untuk anak perempuan).
Perkiraan : 50 ribu.

6. Mainan bayi
Eh, siapa bilang bayi belum bisa bermain? Kita bisa memberi mainan yang bisa merangsang tumbuh kembangnya. Misalnya kerincingan, gigit-gigitan bayi, mainan yang keluar musiknya jika diputar, buku bantal, buku bayi, dan lainnya.
Perkiraan : 50 ribu.






7.  Diapers
Banyak yang berpikiran bahwa diapers ini tidak perlu kita beli. Namun, ini bisa dijadikan alternatif juga lho. Untuk diapers, pastinya kita pilih ukuran S karena bayi pasti butuh yang ini. Apalagi jika sering diajak bepergian oleh orang tua. Kita bisa memilih yang isi sedikit atau banyak.
Perkiraan : 20-70 ribu.

8. Gendongan bayi
Saat ini banyak produsen yang membuat bermacam-macam gendongan bayi. Mulai dari yang ribet, sampai yang instan tinggal pakai. Untuk orang desa, masih nyaman memakai selendang bayi. Orang kota dengan gendongan instan. Kalau saya sih semuanya oke, namun lebih memilih gendongan bayi modern yang dililitkan ke tubuh. Tidak simple, namun aman dan hangat untuk si kecil.
Perkiraan : 50-200 ribu.






9. Uang
Ini lebih simple lagi. Tak perlu capek nyari barang ke pasar ataupun bingung memilih. Tentunya ini buat si ibu agar bisa membeli kebutuhan apa yang belum terbeli untuk si kecil. Bisa menyesuaikan dengan dompet kita banget dan tidak berat. Hehehe.

Yup, itu dia 9 barang yang bisa kita bawa jika mengunjungi tetangga/keluarga yang baru saja melahirkan. Perkiraan harga di atas adalah biasanya saya beli di pasar tradisional. Soalnya di sini tidak ada mall. Hehehe. Mungkin ada yang mau menambahkah juga?

Jangan lupa follow blogku dan tinggalkan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae biar dapat update info tiap hari. ^^v

33 comments:

  1. enaknya sih ngasih hadiah uang ja..simple dan bisa difungsikan sesuai kebutuhan... :)

    ReplyDelete
  2. Kalau ngasih uang berapaan kira kira rate card nya (halah) hihihii.. Soalnya uang kan gak ribet ya makk.. 300.000-500.000 kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ngasihnya ke siapa dan di daerah mana. :D Kalo di desa, 50-100 ribu udah banyak. Kalo di kota, ya 300-500 ribu, apalagi kalo ke sodara. :D

      Delete
  3. Kalau kami gonta-ganti sih, tergantung tingkat kedekatan dengan ortunya si bayi dan budget juga sih he3

    ReplyDelete
  4. biasanya paling banyak tuh yah yg ngasih perlengkapan mandi, kemarin Faraz juga gitu, ada beberapa yg dikadoin lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di sini juga banyak yang itu. Selain murmer, dibutuhin juga.

      Delete
  5. Kalo di Padang ada acaranya ngasih cincin emas. Kalo gak diundang gak akan di kasih kado hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh??? Ada acara kaya gini juga? Baru denger Mbak

      Delete
  6. Aku biasa bawain perlengkapan mandi kalo ga baju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku semua alternatif di atas. :D

      Delete
  7. Dulu pernah saya beliin perlengkapan bayi seperti bedak dan sabun and so on. Eh, ternyata bayinya alergi sama produk yang saya beliin. Jadi sekarang lebih memilih tas perlengkapan bayi atau gendongan bayi saja deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehh ada juga ya yang alergi gitu? Banyak pilihan sih produknya

      Delete
  8. kalo saya biasanya perlengkapan mandi samaminyak telon Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya semua alternatif di atas

      Delete
  9. Repot juga yah kalau punya bayi.. perlatan yang dibawa untuk menjenguk bayi haruslah komplit, untung saya gak punya bayi hehehe

    ReplyDelete
  10. kadang suak bingung. dulu waktu aku lahiran sampai banyak hadiah yg sama, kalau sabun dll masih bisa dipakai, tp kalau gendongan bayi dapat banyak masa mau dipakai semua ya. Saya sih sukanya ngasih buat ibunya, buah biar sehat untk stamina atau uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya mbak. Aku sukanya ngasih semua. ^^

      Delete
  11. ada yang belum ni Mb, ada juga ternyata yang membawa perhiasan, bisa Emas loh. kayak antingan atau cincin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah? Aku malah baru tahu

      Delete
    2. Iya, di RT-ku, sekarang malah urunan buat dibelikan perhiasan buat baby-nya. Investasi juga sih :)

      Delete
    3. Enak banget :D Coba di sini ada yang gitu juga. :D

      Delete
  12. Pas arya lahir, ada yang ngasih kado diapers. Awalnya kaget juga sih, krn ngga terbiasa. Tapi lama-lama, emang kepake itu diapers. Lumayan lah, ngga perlu beli buat beberapa hari ke depan :)

    ReplyDelete
  13. Ngasih uang praktis ya buat yang menjenguk dan yang dijenguk :)

    ReplyDelete
  14. saya lagi bingung ngasih kado buat adik ipar saya yang baru melahirkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya uang lebih simpel Mbak :D

      Delete
  15. kalau saya baju tapi bungkusannya jadi kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, jadi seperti kado imut, ya? :D

      Delete
  16. Kalau saya biasanya kasih kado baju dan peralatan mandi. Sama halnya saat saya lahiran itu kado yang paling banyak hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, iya. Di sini juga yang paling banyak itu. Murmer sih

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.

Google+ Followers

Pengikut