Latest News

Thursday, 14 January 2016

Cara dan Syarat Mengurus Akta Kelahiran Terbaru 2016 - Biaya Gratis


Anisa AE - Hari gini belum punya akta kelahiran? Padahal akta tersebut sangat penting dan sering digunakan untuk mengurus berbagai macam hal.

Nah bagi orang tua yang anaknya belum punya akta kelahiran, saat ini digratiskan untuk warga mulai dari umur 0-18 tahun. Dulu saya lupa habis berapa saat mengurus aktanya Asma. Kalau gak salah sih sekitar 50 ribuan, itu karena mengurus sendiri. Sekarang benar-benar gratis, kalau lewat calo sih masih 100-200 ribuan.






Kemarin lusa, saya mengurus akta kelahiran si kembar yang yatim. Ibunya gaptek banget dan tidak tahu apa-apa, maunya sih diuruskan orang. Oh no! Saya bilang akan bantu mengurus, daripada uangnya buat orang, mending buat biaya sekolah si kembar. Apalagi ibunya hanya bekerja sebagai pembuat genteng, pasti uang tersebut sangat banyak.


Sebelum berangkat ke kantor catatan sipil, saya lebih dulu ke ATM. Antisipasi kalau sewaktu-waktu saudara tersebut tidak membawa uang atau kurang. Apalagi salah satu anaknya diajak, belum jajannya dia juga.






Setelah memarkir sepeda motor, kami langsung ke tempat fotokopi. Di sana membeli map yang sudah berisi form untuk diisi. Untuk akta kelahiran dengan map kuning, seharga 2.000. Saya sarankan membawa bulpoin juga untuk mengisi formulir.

Mungkin karena terlalu lama mengisi formulir, kami kehabisan nomor antrian. Harusnya setelah datang langsung mengambil nomor antrian, dilanjut ke tempat fotokopi, lalu mengisi formulir sambil menunggu antrian. Akhirnya kami kembali keesokan harinya. Bisa dijadikan pelajaran. Agar tidak bolak-balik, saya meminta lembaran syarat untuk mengurus akta kelahiran.






Apa saja syarat pengurusan akta?
1. Fotokopi KTP orang tua (keduanya, jangan salah satu)
2. Surat kelahiran dari desa (asli)
3. Surat kelahiran dari bidan/ dokter/ rumah sakit (asli)
4. Fotokopi surat nikah/ akta perkawinan orang tua (dilegalisir).
5. Fotokopi kartu keluarga.
6. Menghadirkan 2 orang saksi ( fotokopi KTP 2 orang)
7. Untuk WNA melampirkan fotokopi dokumen imigrasi, paspor, dan STMD (Surat Tanda Melapor Diri) dari kepolisian.

Catatan :
# Nama anak harus sudah punya NIK atau sudah masuk dalam daftar anggota kartu keluarga terbaru.
# Semua berkas disusun sesuai nomor urut.






Keesokan harinya, kami berangkat jam 8 pagi. Langsung mengambil nomor antrian untuk akta kelahiran, kebetulan dapat nomor 9. Tak perlu ke tempat fotokopi maupun mengisi form karena sudah saya lakukan sehari sebelumnya.


Perlu lebih fokus untuk mendengar agar tidak salah masuk loket karena banyak sekali yang mengurus surat dan loket yang ada di sana. Saya sempat gagal fokus karena sama-sama nomor 9 untuk pembuatan KTP. Soalnya catatan sipil kali ini beda dengan dulu, lebih tertata. 


Agak lama, akhirnya nomor antrian kami dipanggil. Saya langsung menuju ke meja akta kelahiran pertama sesuai nomor urut yang tertera di layar LCD. Petugas mengajukan beberapa pertanyaan sebelum akhirnya meminta kami menunggu. Tak sampai 10 menit, kami sudah dipanggil lagi dan diberi surat untuk pengambilan akta pada tanggal 29 Januari nanti.

Saya tertegun karena ternyata tidak membayar apa pun, mengurus akta kelahiran ini gratis. Wuah, rezekinya si kembar dan debay nanti.

Akhirnya kami pulang karena sudah waktunya saya kerja, eh ngeblog. Xixixi, sudah berhari-hari belum sempat blog walking ke blog teman. Melihat jam, masih jam 9, artinya kami hanya menghabiskan satu jam untuk mengurus akta kelahiran. Lumayan cepat juga.






Nah, siapa yang belum punya akta kelahiran? Mumpung gratis lho. Infonya sih selamanya gratis (selama belum ada pemberitahuan baru) heheh. Informasi terakhir, untuk pembuatan akta kematian dan KTP juga gratis.
Oh iya, untuk lokasi pengurusan wilayah Kabupaten Malang, tempatnya di Kepanjen. Jl. Panji. Kalau ada google map, bisa dicari kantor DPR, sebelum kantor Bupati. Lokasinya di belakang kantor DPR.



Buat yang bingung cara mutasi kendaraan dan balik nama, langsung kepoin di sini. Biayanya cuma 200 ribu. Gak usah pake calo deh. http://www.anisae.com/2016/04/cara-mengurus-mutasi-dan-balik-nama-dari-kota-ke-kabupaten-terbaru.html


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

100 comments:

  1. syaratnya sama ditempat sy ya...sy baru ja ngurus akta lahir :D

    ReplyDelete
  2. Memang saat ini ngurus akte gak bayar atau gratis Mba.. Alhamdulillah, makanya rugi banget kalo sampe gak punya akte.. yukk sahabat blogger lainnya buruan bikin akte kalau blm punya, atau kasih tahu ke teman, keluarga info ttg ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. ^^ Tiap daerah juga beda-beda

      Delete
  3. Aisyah belum punya akta kelahiran hiks...beda daerah, KTP-nya itu loh

    ReplyDelete
  4. Sama nih mba Naqi, Pendar jg belum punya krn pindahan lupa deh. makasih mak sdh berbagi info bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kebetulan saya juga mau urus akta lahir si kecil, Mbak. Syaratnya bisa jadi pedoman buat saya. :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, semakin kesini semakin tertib ya urusan ngurus akta atau surat-surat :D

    ReplyDelete
  7. Kalau di jakarta bisa satu jam beres asik banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sana memang terkenal dengan lamanya :D

      Delete
  8. nach..pembuatan akta keluarga ini yang jadi soal...karena kalo sudah pindah domisili, apalagi pindahnya antar pulau....ngurusnya lama banget, harus ada surat mutasi dari daerah asal...kalo nggak ada,,nggak bakal dilayani...bayangkan saja..bila harus balik lagi ke daerah asal, mending kalo dekat..kalo jauh..misalnya dari kalimantan balik ke papua...butuh biaya berapa tuch..., padahal sekarang kan sudah ada e-ktp....seharusnya bisa secara online saja..... mau saya sich begitu he he
    keep happy blogging always..salam dari Makassar-Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu keluarga maksudnya? :D

      Xixixi, semoga nanti semuanya bisa via online.

      Delete
  9. iya mbak bener gampang banget sekarang
    bahkan mengurus akta untuk orang luar jawa jg bisa
    saya lahiran di semarang, sempat denger isu kalau hrus bikin akta di sulawesi krn kk sulawesi

    pas nanya ke kantor, dibilang skrg sudah bisa nasional cuma kena biaya 50rb karena saya telat banget bikinnya
    (kalau g salah) sudah lama n agak lupa
    kalau tidak untuk denda ya untuk biaya penduduk luar jawa

    ReplyDelete
  10. Terimakasih bunda atas sharing nya. Sangat berharga dan bermanfaat buat yg mau mengurus, sbg akan lebih mudah melakukan nya. Semoga bunda dibalas dgn kemudahan rejeki dan semua urusan oleh Allah SWT. Aamiin :)

    ReplyDelete
  11. Ternyata langsung aja ke kantor catatan sipil ya.. Saya lewat bidan jg bayar 150 rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. :)

      Lumayan sih kalo bayar bidan 150. ^^

      Delete
  12. sekarang dipermudah yaa
    cuma kemaren du bandung ada adek lahiran, mesti nunggu 3 bulan tapi lewat tempat persalinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya beda tempat, beda prosesnya juga

      Delete
  13. usia anak saya baru seminggu saat akta kelahirannya diurus :)
    alhamdulillah urusnya cepat dan memang gratis sih :)

    ReplyDelete
  14. Wah terima kasih infonenya Mbak Nisa..
    Tapi cari bapaknya dulu dehh terus bikin anak dan bikin akta kelahiran :D

    ReplyDelete
  15. kayaknya tiap daerah beda ya :)

    ReplyDelete
  16. Saya mau buat jg di daerah depok jawa barat sama ga ya ky gt? Krn kmrn dgr info hrs siapin uang 500rb sampe 3jutaan
    Tolong info yaaa,,saya butuh akta utk urus surat2 nikah jg
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya kurang tahu. Bisa langsung ke kantor catatan sipil, jangan lewat calo

      Delete
  17. eh, iyakah? saya setahun lalu bikin akta pas bayi Aga lahir. katanya kalo lahiran di Solo tp KTPnya Purworejo, trus bikin akta di Purworejo, kita dianggap lahiran sm dukun gitu.. akhirnya saya minta diurusin sm orang, hehe, habis 150rb.
    gapapa deh, drpd ribet, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, termasuk murah mbak kalo 150 di calo

      Delete
  18. Akte itu penting ;)
    Ngurus di capil klo sesuai prosedur cepet jg ya mb

    ReplyDelete
  19. semua diproses selama 14 hari kerja. baik KTP,KK, Akta kelahiran, maupun surat pindah.

    Nyetaknya Sih cepat cuma 3 menit nunggu tandatangan kadispenduknya yg lama kadang masih rapat itu untuk KK, akta, atau surat pindah. Kalau ktp langsung jadi,punyaku berlaku sampai 2017 minta digantiin yg berlaku seumur hidup itu 3 menit ajah nungguin. Nggak pake antri, nggak pake calo, gratis.

    ReplyDelete
  20. setauku memang dari dulu gratis, cuma mungkin beberapa oknum aja jadi bikin gak gratis.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku bayar mbak. Berapa gitu, lupa

      Delete
  21. kalo pembuatan KK diatas 18 tahun gimana ya teh ?

    ReplyDelete
  22. Wah..semakin tertib semoga ga ada pungutan "tambahan"

    ReplyDelete
  23. Nyimak dulu deh... Nambah pengalamn...

    ReplyDelete
  24. Akhamdulilah klo gratis, gak ada embel2 pungli2...

    ReplyDelete
  25. Dulu buat aktenya terima beres lewat RS bersalin he he, sekalian ngurus KKnya juga. Soalnya keburu LDRan lagi sama suami, nggak ada yang ngurusin hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, aktanya vina dan kakaknya ya?

      Delete
  26. Aku dulu juga mengurus sendiri, mbak, aktanya Arya. Gratis tis tis. Cuma sekarang pakai KTP 2 saksi. Jaman arya dulu masih belum. Lebih akurat ya ;)

    ReplyDelete
  27. Loh, bukannya pas baby nya lahir di rumah sakit langsung dibuatkan akta nya gitu makk? Sudah sepaket sama harga persalinan dll nya.. Aku baru tau ada yang bikin akta di umur sudah besar hehhehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tergantung rumah sakitnya Mbak Asti ^^

      Delete
  28. Apa-apa kalau diurus sendiri harusnya gratis, kalau pun keluar biaya gak seberapa cuma untuk foto copyan...modalnya asal mau capek dikit yaa mbak :D

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah pas buat akta lahir Hasna juga nggak ribet, pak RT nya kooperatif dan ngasih tahu semua syaratnya.
    untungnya keluarga suami orgnya taan adm semua, jd begitu doboyong ke semarang langsung urus surat pindah, bikin KK sendiri meskipun tggl msh numpang ortu, dst.
    jadi bs langsung urus akta lahir anak pertama :)

    tetanggaku cerita, skrg mau nikah syaratnya harus ada akta lahir, kalo blm punya harus buat dan ada biaya sidang dll bisa habis 1jt lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekrang mau nikah aja perlu akta

      Delete
  30. Aku waktu itu dibikinin tetangga. Soalnya sekalian ngurus surat pindah sama bikin KTP baru dan kondisi aku baru lahiran, hihi :D

    ReplyDelete
  31. kalo ngurus KTP susah gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya sih gampang, tapi aku belum pernah urus sendiri

      Delete
  32. ayo yg blum bikin, pada bikin :)

    ReplyDelete
  33. baru aja kemarin bikinin buat anak sepupu.. akta penting banget buat anak masuk sekolah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang nikah aja juga perlu akta

      Delete
  34. Mba, itu si kembar umurnya berapa?
    Teruss mau tanya kalau anaknya hasil nikah siri prosedurnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si kembar umur 4 tahun. :)

      Syarat utama HARUS punya surat nikah dan ada NAMA ANAK pada Kartu Keluarga.

      Jadi, kalau nikah siri, tidak bisa punya akta kelahiran. Kasihan anaknya. :)

      Delete
  35. Sarat'a harus ada 2 saksi ya
    Klo dtang sndiri bisa apa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di formulir dari kecamatan, ada form untuk saksi. Tidak perlu bawa saksinya, cukup FC KTP Saksi dan TTD

      Delete
  36. hari ini saya mau ngurus anak yg ke 3. terima kasih mbak infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  37. Jadi saksinya gk perlu datang ya?

    ReplyDelete
  38. Harus buat KK dulu ya bu baru akta kelahiran ?

    ReplyDelete
  39. Catatan :
    # Nama anak harus sudah punya NIK atau sudah masuk dalam daftar anggota kartu keluarga terbaru

    Maksudnya sebelum mengurus akte kelahiran apa harus sudah mengurus KK baru gitu mbak.?

    ReplyDelete
  40. Assalamu'alaikum, saya mau tanya mungkin kalau ada yg tahu siapa saja boleh kasih tau.
    Akta kelahiran sekarang harus sesuai domisili orang tua ya? Maksud saya misal si bapak ibunya berdomisili di daerah X, tetapi si anak lahir di daerah Y, akta kelahiran anak harus tertera lahir di daerah X sesua domisili ortu atau bisa di urus lahir sesuai tempat kelahiran?

    Terima kasih, wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalam. :) Sepertinya bisa diurus sesuai tempat kelahiran :)

      Delete
  41. Maaf mau tanya ,, kalau sudah berumur 30 th belum punya akta lahir, apakah bisa dibuat?
    terus kalau buat nya didaerah yang berbeda apakah bisa?
    mohon pencerahan nya ya,,
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nh pertanyaan'a, mudah"n ada yg yang mau bantu jawb juga. Butuh bgt soal'a, v takut ribet dan mahal juga bikin'a....

      Delete
    2. Sepertinya bisa, langsung hubungi capil setempat saja. Soalnya kadang beda tempat beda kebijakan juga

      Delete
  42. Kebetulan putriku belum buat akte.. Syarat nya seperti tertera di atas ya mba.. Soal biaya untuk Jakarta.. Yg udah coment ya.. Share pengalaman nya.. Soale ane mau urus akte anak ane.. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya syaratnya sama kok. Kalau biaya di Jakarta, belum tau

      Delete
  43. Bukankh semua saudara kandung.yang di masukin ke akta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 akta kelahiran hanya untuk 1 orang :) Beda dengan kartu keluarga

      Delete
  44. gmn solusi nya kalau seorg anak yg belum punya akta tp ingin membuatnya yg baru lantaran org tuanya gak ada surat nikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, tanpa surat nikah gak bisa ada akta :)

      Delete
  45. Mbaa, aku lagi mau ngurus akte :) mau nyoba sendiri, dulu pake calo :)) 400rebuuh.
    Makasih artikelnya, nnti mau share pengalaman akte sendiri ah. Tanpa calo hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, boleh banget mbak. Aku ini mau urus KK dan akta lagi buat debay

      Delete
  46. kalo orang tua saya sdh bercerai , mau minta ktp ayah saya , sdgkan alamat dia saja diluar kota. bagaimana yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya ke kantor terdekat saja :)

      Delete
  47. kalo org tua saya sdh bercerai . gimana ya mbak , saya gak pernah berhubungan dgn ayah saya lg , bagaimana mau minta ktp dll. apakah masih bisa buat akta tanpa syarat tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa, tapi coba saja ke kantor terdekat

      Delete
  48. di kabupaten bekasi, total ngurus kartu keluarga, KTP baru & akte anak ku, habis 750 rb, katanya 6 bulan dr bulan february, sampe skrng blm jadi -_____-

    ReplyDelete
  49. Mba minta pin bbm dunk, mau tanya2 ttng pmbuatan acta

    Makasih

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.

Google+ Followers

Pengikut