Yes! I'm Broadcaster bersama Akademi Berbagi dan Elfara FM di Hotel Atria






Anisa AE - Tanggal 25 kemarin saya ikut acara akademi berbagi yang ke 56 di Hotel Atria Malang. Tema yang diusung sangat luar biasa, Yes! I'm Broadcaster. Rasanya sesuatu banget bisa hadir di acara tersebut, apalagi Asma saat itu dalam masa penyembuhan setelah demam seminggu. Jadi, saya sendirian ke lokasi.

Sepertinya saya telat tahu info soal ini, tiba-tiba saja sudah yang ke-56. Ke mana saja saya? :D
Bayangkan saja, bumil naik motor sendirian ke Hotel Atria untuk acara tersebut. Kerennya lagi, di Kepanjen hujan deras dan di Ketawang terang. Hasilnya, saya rela pakai jas hujan walau cuaca panas sampai di Hotel Atria. Lucu juga sih, cuaca panas malah pakai jas hujan. Malas lepasnya sih, lagipula saya gak pakai jaket.

Sampai di lokasi jam setengah dua. Padahal acara dimulai jam dua. Terlalu rajin mungkin, karena berangkat dari Kepanjen jam 12 siang.

Lumayan lama juga nunggu acara dimulai. Sambil nunggu, saya live tweet kesan dan saat menunggu acara. Sekitar jam 3 baru acara dimulai, mungkin itu juga karena menunggu para peserta lain yang terlambat. Peminatnya lumayan banyak lho, lebih dari 100 orang. Kan acaranya gratis. Hehe.

Acara yang didukung oleh Radio Elfara FM ini sangat luar biasa. Apalagi para senior di radio tersebut tampil untuk membagikan ilmu mereka. Ups, Elfara milad yang ke-10 tahun juga lho. Sebagai radio di Kota Malang, sudah banyak kemajuan yang telah diberikan. Khususnya untuk para pendengar setia radio ini.

Akademi berbagi ada di 24 kota yang setiap acaranya selalu free. Nah, jika penasaran seperti apa, bisa cari di tweet @akber .... kebetulan yang di Malang adalah @akbermlg. Rugi banget jika tidak ikutan di tiap acara yang diselenggarakan. Tapi lebih baik terlambat tahu daripada tidak sama sekali.

Ega Pratama

Pemateri pertama adalah Ega Pratama. Dia memberikan 4T yang harus dimiliki oleh seorang broadcaster. Apa saja sih?
1. To info
2. To persuade
3. To motivate
4. To entertain 

Pemateri Acara ke dua

Acara ke dua adalah bagaimana tugas seorang penyiar. Mas Ari sudah menjadi penyiar dari usia 17 tahun lho. Penyiar pun wajib membaca agar tidak salah dalam memberikan informasi, juga update tentang info terkini, Gak lucu kalau sampai salah kasih info, kan?

Apa dan siapa penyiar radio itu?
1. Menyampaikan informasi
2. Memberi dan menambah informasi
3. Mengajak dan melakukan pendekatan
4. Menghidur
5. Memutarkan lagu
6. Tempat curhat

Penyiar juga wajib buat upgrade lagu terbaru, juga gak boleh egois saat memutar lagu, Jangan hanya lagu favorit saja yag diputar; Tiap penyiar juga punya karakter suara tertentu, jika belum punya karakter, bisa kok menyontek dari penyiar lain. Tapi lama-lama harus punya karakter sendiri lho. Bagaimana cara agar suara bisa mempunyai karaker? Salah satunya adalah senam vokal. Menggunakan pernapasan perut, bukan dada.

Banyak pula yang harus dikuasai oleh seorang penyiar, di antaranya adalah : power voice - expresive - attitide and personality - ability and integrity - mind management - originalitas. Juga jangan ndeso saat bertemu artis, karena salah satu keenakan dari penyiar. Penyiar juga wajib PD, tidak takut, dan berani tampil di depan umum.

Selanjutnya adalah sesi hiburan, lumayan dihibur oleh Stefanie dan Kulub. Ada 3 lagu, tapi saya cuma sempat rekam 2 cuplikan. Yang mau lihat cuplikan vidionya bisa dilihat di https://twitter.com/anis_sa_ae/status/702785811289210880 dan https://twitter.com/anis_sa_ae/status/702786891372822528

Power of Voice





Acara selanjutnya adalah voice talent. Kali ini, sebagai VO harus bisa membuat pendengar membayangkan apa yang diucapkan oleh VO, harus pula bisa mengalahkan mood. Gak jauh beda dengan blogger juga sih, bedanya via tulisan.

Rempongnya sebagai VO harus bisa menyesuaikan dengan permintaan klien. Suara di iklan juga bisa beda banget dengan suara aslinya, ini karena ada sebuah aplikasi pengubah suara yang yahud. Suara cempreng bisa diketok magic lho. Jadi VO kesulitannya 11-12 deh ma artis.

Acara selanjutnya ganti hiburan oleh Sumber Kencono. Sambil menikmati musik, juga menikmati snack yang disediakan di sana. Efek bumil, cepet lapar. Lupa bawa camilan juga sih, padahal biasanya juga bawa.

Saya pikir ini acara terakhir, karena info di twitter hanya sampai jam 5 sore, ternyata ada satu sesi lagi. Ilmu tentang MC. 

Menjadi MC juga gampang-gampang susah, selain harus tampil menarik, pandai membawa diri, berwawasan luas, punya link, juga harus PD di depan yang lainnya. Jangan sampai acara tembang kenangan diisi dengan game anak ABG, kan gak lucu. SKSD juga penting, ini untuk membangun link dan agar mengerti bagaimana permintaan klien.

Yey dapat hadiah live tweet

Acara terakhir, bener-bener terakhir adalah saat pengumuman hadiah live tweet untuk acara ini. Yey, saya dapat juga .... Sepertinya ini rezeki debay gara-gara dapat J1 gratis kemarin. Gak bisa bayangin kalau masih pakai hape jadul buat live tweet, bakal kehabisan baterai duluan dan bingung mau ngecas.

Baca Juga : Samsung J1 Gratis dari BRID

Hadiahnya sebuah tas lucu seharga 299 ribuan plus 6 voucher, salah satunya dinner di Hotel Atria. Wih, bisa buat berdua dengan suami nih. Jadi ingat pas acara bareng vemale kemarin, dapat hadiah dari live tweet juga. Tambahan koleksi tas gratis lagi nih, soalnya gak pernah beli tas.

Baca Juga : Menata Alis di Alice Tea Room Bareng Vemale

Doain dapat kamera keren, ya? Biar kalo foto-foto dari jauh hasilnya gak ngeblur seperti ini. #ngarep

Buat yang mau kaos seperti milik MC dan akber, bisa PO lho. Harganya 70 ribu. Di Hotel Atria juga sedang promo saat mau ngadain acara atau milad, mulai harga 2,5 juta untuk 30 orang, bisa pilih menu pula. Ada 3 pilihan menu istimewa. Info lengkapnya bisa cuss ke sana, ya? Atau hubungi twitter @AtriaMalang @ELFARAFM @AkberMlg.

Terakhir buat akber jika ngadain event lagi, sediakan isi materi buat blogger, ya? :D Xixixi. Soalnya kalau ikutan live twet jadi gak konsen dengan materinya.

Sampai jumpa di acara yang saya ikuti selanjutnya. ^^v

Eh bocoran, besoknya saya langsung ke Surabaya, ikut rombongan Polda Jatim ke Madura. Mau tahu gimana keseruannya? Yuk yuk .... Tunggu besok, ya?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

32 komentar:

  1. Seru kan jadi broadcaster..?? Para penyiar yang sudah pensiun pun tetap selalu rindu siaran lagi.

    ReplyDelete
  2. Akademi Berbagi itu apa Mbak? Perbloggeran juga atau apa? Asyik juga bisa menang live tweet terus. Bagi rahasianya dong Mbak..hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu macam komunitas kayanya.

      Rahasianya gak ada, cuma harus rajin ngetweet pas acara

      Delete
  3. Ooh sendirian tha? kirain sama mas bojo. Hmm ilmunya berguna tuh apalagi buatku yg ga pede ngomong di depan umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, dewean. Makane cepet-cepet pulang.

      Delete
  4. Aseekk, biar awalnya kehujanan tapi kalau ujung-ujungnya dapat tas mahal lumayan juga ya mbak Anisa :)

    ReplyDelete
  5. Mbaaaaak.. aku mau tasnya...hhihihihi seneng kali lah mbak ini, sering dapat tas gratis, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya. Soalnya saya pecinta tas, tapi gak mampu beli tas mahal. :v

      Delete
  6. wuih selamat mba :)

    ternyata jd tempat curhat tmsk jobdesc broadcaster jg ya hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ^^

      Iya, tugas enyiar jadi tempat curhat

      Delete
  7. Tempat cuhat juga?

    Wow

    Eh, bumil ini, naik motor sendiri ..... ckckck :D
    Hati2 yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyiar keren, ya? ;D

      Iya. Mbak. ^^

      Delete
  8. dulu pernah kepikiran gimana ya kalau penyiar itu pas interview kerjaan sebenarnya personalitynya oke tapi suaranya cempreng.... waaah, ternyata ada aplikasi pengubah suara segala? Baru tauuu.

    ReplyDelete
  9. Wah.. acaranya seru ya, mbak! Hadiahnya juga mantaap, deh!
    Geli juga ngebayangin pake jas hujan saat cuaca panas..hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, hadiahnya yang bikin ngiler.

      Delete
  10. Menjajal profesi broacaster emang seru dan menyenangkan. Pastinya akan jadi pengalaman yang tak terlupakan, bener begtu kan'mbak

    ReplyDelete
  11. Wih. Mamae Asma top bener. Masih ikutan acara2 begini sendiri. Tfs mak. Ditunggu cerita selanjutnyaaa

    ReplyDelete
  12. senangnya dapat hadiah, selamat yah Mbak Anisa :)

    ReplyDelete
  13. Wah, pengetahuan baru ini buat saya. Makasih sharingnya, sudah sembuh kan sakitnya?

    ReplyDelete
  14. Cita citaku duluuuu jadi penyiar radio mba, direkomendasikan sm temen2 buat siaran tapi akunya galau karena gak pede hehe..

    Bumill kuaatt,, aku juga masih kuat motoran sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sama. Sekarang udah gak lagi.

      Hohoho, bumil harus selalu kuat dong

      Delete
  15. Eh, ada tekniknya ya untuk memiliki suara berkarakter bagi penyiar...dulu sering beranggapan, penyiar merupakan orang yang sudah memiliki suara unik sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, iya. Kamu kok gak ikutan acara ini?

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.