5 Masalah Payudara Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya



Anisa AE - Kebayang gak sih bagaimana saat pertama kali menyusui si kecil? Ini juga yang terjadi pada saya saat menyusui Asma. Ada saja masalah yang timbul dan membuat saya gregetan setengah mati. Pingin marah dan mengeluh, tapi ke siapa? :( Aalagi lima masalah pada payudara saat menyusui bayi.

Untuk antisipasi calon bayi yang mau lahir ini, saya sudah meyiapkan kiat-kiat khusus saat menyusui nanti. Gak mau dong kalau nantinya bermasalah dengan hal yang sama. Nah, barangkali bisa membantu calon ibu di luar sana bagaimana mengatasi masalah pada payudara saat menyusui.






1. Puting nyeri
Ini yang paling saya rasakan saat pertama kali menyusui. Padahal penyebabnya simpel, karena posisi menyusui yang salah. Bayi hanya mengisap puting payudara, bukan sebagian aerola ibu. Hasilnya, dia mendapat sedikit air susu, marah, lantas menggigit puting. Sumpah, sakit banget rasanya.

Cara mengatasinya dengan belajar lebih banyak cara menyusui bayi. Masukkan sebagian aerola payudara ke dalam mulut bayi, jangan putingnya saja. Tempelkan dagu bayi pada payudara, dadanya tempelkan ke dada ibu. Semoga gak digigit lagi.

2. Radang payudara
Pernah mengalami radang payudara? Biasanya jika sudah terinfeksi bakteri staphylococcus aureus, ibu demam dan payudara berwarna kemerahan.

Cara mengatasinya dengan tetap memberikan ASI pada bayi lebih sering. Kalau sulit, bisa diperah dan tetap diberikan pada bayi. Namun bila jaringan payudara rusak sehingga bernanah, langsung ke dokter agar mendapat penanganan dengan baik.






3. Puting datar
Biasanya hal ini dialami oleh ibu-ibu muda. Kenapa bisa tidak ada puting ya? Bukannya tidak ada, namun saluran susu lebih pendek dari biasanya dan menarik puting agar masuk ke dalam.

Cara mengatasinya dengan pijat payudara. Meregangkan puting dan kemudian diputar-putar, hal ini bisa dilakukan sejak usia kehamilan 32 minggu sampai setelah melahirkan.

Bisa juga mengggunakan spuid (badan jarum suntik) ukuran 10cc yang dipotong atasnya. Masukkan alat pendorong jarum yang awalnya ada di bawah, ke spuid bagian atas yang sudah dipotong. Spuid bagian bawah digunakan untuk menyedot atau menarik puting yang datar agar keluar. Kalau mau nerapin ini, minta bantuin saudara, ya? Atau langsung ke ahlinya.






4. Payudara bengkak
Ada yang mengalami hal ini? Pasti banyak. Payudara sampai bengkak dan rasanya ngilu. Jangan khawatir, ini karena produksi air susu sangat banyak. Cara mengatasinya cukup susui bayi lebih sering agar ngilunya berkurang. Kalau payudara sering kosong, tidak bengkak lagi kok.

5. Saluran ASI tersumbat
Payudara bengkak dengan saluran ASI tersumbat ini berbeda. Ini membuat payudara sakit, bengkak, dan bagian payudara ada yang terasa keras. Biasanya karena tekanan, misalnya BH terlalu ketat atau berkawat, pakai gendongan bayi, posisi menyusui salah, atau bisul di ujung puting.

Cara mengatasinya adalah terus menyusui bayi dengan payudara yang salurannya tersumbat itu. Jangan karena alasan tersumbat, hanya menggunakan yang tidak tersumbat saja. Jangan lupa kompres payudara dengan air hangat.






Semoga tulisan ini bisa membantu para ibu dan calon ibu. ^^/

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

32 komentar:

  1. sangat bermanfaat mb, terutama bagi calon ibu..
    :)

    ReplyDelete
  2. menurut dokter, ibu yang menyusui juga bisa mengurangi resiko kanker payudara :)

    ReplyDelete
  3. awal2 menuysui emang jadi masalah bagi ibu yang baru melahirkan

    ReplyDelete
  4. Ternyata sama ya mbak Anisa, pada awal memyusui pasti ada gangguan dulu. Saya dulu sampai nangis menahan sakit karena puting pada lecet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kebanyakan ibu mengalami itu

      Delete
  5. aku sering nomer 4 mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, ASI-nya melimpah banget, ya? :D

      Delete
  6. emmm gitu tah, aku bukan ibu dan bukan calon ibu, jadi cuma baca aja.
    nambah pengetahuan, yang nantinya kan juga punya istri. hasyiik.. hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, nanti kalo udah punya anak, kan jadi bapak siaga :D

      Delete
  7. Saya juga punya macam2 pengalaman sehubungan dengan rasa sakit saat menyusui. Alhamdulillah sekarang sudah lewat semua. Bahkan rasanya sudah lupa-lupa ingat ketika itu kayak apa. Kenangan manis juga .... senangnya melihat mereka semua tumbuh padahal awalnya hanya ngASI selama 6 bulan. Lalu lanjut ASI sambil makan makanan pendamping AS dst sampai berhenti ASI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Mug anaknya udah gedhe-gedhe sekarang :D

      Delete
  8. hana baru tahu soal ini.. jadi takut mba (>w<)

    makasih infonya setidaknya jadi tahu apa yang akan dihadapi nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tapi seneng kok pas liat si kecil minum ASI. ^^

      Delete
  9. Blm menyusui sih, tp mbakku biasanya pd bengkak gitu. Diperah deh

    ReplyDelete
  10. yang mau nyusui, seenengnyaaa....

    ReplyDelete
  11. aku mah gak menyusui tapi radang begitu menyakitkan, banyak dokrerdidatangitapitetap saja asi gak keluar tinggalradangpayudarayang bikin neyri luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya kenapa mbak? Saat ini gimana radangnya?

      Delete
  12. Saya udah pernah demam Mbak gegara ASI bengkak.. Faraz malamnya malas nyusu, pas juga kayaknya saya yg lg gak fit udah deehh langsung tumbang.

    Pernah lbh parah lagi, puting luka, lecet karena digigit, hiikss hiikss tapi tetap semangat ngeASI, InsyaAllah ampe 2thn :)

    Semangaat yah Mbak utk dedek bayi nanti ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kisah saat menyusui ya mbak? ^^

      Delete
  13. Aku bakalan nyusuin lagi mba, bentar lagi insya Allah.
    Samaa yaaa... Jadi moga lancar asi nyaaa, entah knp akhir2 seneng makan kacang,tapi katanya bagus ya buat asi lancar. Oot yaa komenku hihii
    Dulu paling terasa bengkak, rembes pernah, telat pumping pas masi kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, sama dong mbak. Saya juga mau menyusui mbak. Banyakin makan emping jagung mbak. :D

      Saya gak kerja mbak, full mom di rumah. :D

      Delete
  14. pertaruhan menjadi seorang ibu,
    habis melahirkan...menyusuipun tersiksa...
    pas putingnya bengkak kalo di pake mandi nyeri banget...
    tapi kalo sudah sembuh...seneng banget ngeliat si kecil bs minum dg enak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehe, iya Mbak. ^^ Berasa banget deh.

      Delete
  15. jadi kangen ngasi,
    dulu paling masalahnya yang no 4, karena lupa dipompa waktu istirahat kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, aku yang satu aja sampai saat ini

      Delete
  16. Huaa aku slalu suka baca baca info begini meskipun belum jadi ibu, seenggaknya ada bekal nanti kalau misal kenapa kenapa tp semoga nanti pas jadi ibu payudaranya enggak papa. Hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kadag udah baca aja masih ada apa-apanya

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.