Mengenal Hairi Yanti Lebih Dalam

Hairi Yanti

Anisa AE - Siapa yang tak kenal dengan Hairi Yanti? Seorang penulis cerita anak yang karyanya bertebaran di berbagai media. Dulu saya sudah mengenalnya, bertahun-tahun lalu, saat masih pertama AE berdiri. Lama tak bersua, sekarang malah sangat aktif melebarkan sayap di media.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat mengadakan tanya jawab dengannya via inbox FB. Mencari tahu lebih dalam soa hobi menulisnya ini. Siapa yang tak kepo dengan sosok satu ini?






Ternyata Mbak Hairi sudah suka menulis buku diary sejak masih kecil. Ternyata tulisan yang dibilang 'hanya gitu doang' dan tidak serius bisa mengantarkannya sukses sampai pada saat ini. 

Jika ditanya soal pekerjaan, Mbak Hairi 100% bekerja sebagai IRT alias ibu rumah tangga tulen. Menulis pun hanya dijadikan sebagai hobi, bukan profesi. Soal pemasukan, masih utama dari suami. 






Banyak yang telah didapatkan dari hobi menulis ini, selain dapat pemasukan pastinya. Karena menulis inilah, Mbak Hairi bergabung di banyak komunitas menulis dan bisa punya teman-teman baru. 

Saat saya tanya buku apa yang sudah terbit, katanya sih belum ada dan masih menjadi mimpi. Tapi kalau antologi, banyak kali, ya? Apalagi untuk ukuran seorang penulis produktif seperti Mbak Hairi Yanti. Lupa-lupa ingat, sepertinya saya pernah juga sebuku dengan dia di antologi. 






Untuk naskah yang masuk ke koran, kebanyakan resensi buku, ada juga catatan perjalanan. Kalau soal majalah, hm, gak usah ditanya deh. Sudah puluhanlah yang masuk media cetak. Di antaranya adalah Tribun Kaltim, Harian Pikiran Rakyat, dan Koran Jakarta. Kalau soal majalah, bisa deh ubek-ubek langsung ke blognya hairiyanti.com

Mbak Hairi Yanti suka menulis karena bahagia saat melakukan dan menyelesaikan sebuah tulisan. Alasan yang klasik, ya? Karena suka .... Awal mula menulis pun hanya di diary, bwberapa tahun belakangan ikut kelas menulis dan mengirimkan ke berbagai media. Alhamdulillah ada beberapa yang dimuat. 






Suka dukanya menulis menurutnya adalah bahagia jika sudah menyelesaikan tulisan. Karena menulis masih dalam tahap hobi, bukan pekerjaan sampingan. Sedihnya jika ada media cetak yang tutup. 

Jika ingin mengenal Mbak Hairi Yanti untuk sharing atau tanya-tanya, bisa langsung cuss ke email: tesaiga165@gmail.com dan mengunjungi blognya hairiyanti.com

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

36 komentar:

  1. Yeeaayy.. lunas bayar arisannya ya mbak Nisaa.. ternyata sudah kenal sebelumny sama mbak Yanti ya? Inspiratif blognya mbak Yanti yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, iya. Lunas deh bayar arisannya. :D

      Delete
  2. Dari hobi, terbitlah tulisan yang bermanfaat. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kebanyaka semua dari hobi, Mbak :D

      Delete
  3. Aku juga ngefans banget sama cerpenis satu ini. Hihi. Semua penulis itu emang keren yaa, apalagi yang bisa menjadikan hobi sebagai penghasilan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, semoga kita bisa nyusul :D

      Delete
    2. kayaknya pergaulan aku kurang jauh ,,
      aku belum kenal siapa teh Hairi Yanti ,,
      sedih ,

      Delete
  4. Belum pernah kesana nih mbak, kepoin ah :)

    ReplyDelete
  5. Hobi yang menghasilkan banget... salut, semoga sukses buat mba yanti..juga buat mb anisae..

    ReplyDelete
  6. Kemarin dah komen tapi karena jaringan lelet, komen sy ga masuk :D
    Iya, Mbak, kenal mb Anisa udah lamaa. Waktu musim antologi ya. Sy di antologi kurang beruntung, Mbak. Banyak ga lolosnya. Gigit jari aja lihat teman2 pada punya antologi yg banyak. Saya masih hitungan jari :D

    Terima kasih ya, Mbak :-)

    ReplyDelete
  7. Wah Mba Hairi Yanti emang keren euyy...

    ReplyDelete
  8. seneng deh gara2 ikut BP jadi bisa kenal banyak blogger berprestasi spt mbak Yanti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Banyak ilmu yang bisa diambil

      Delete
  9. Aku udah suka baca cerpen anak mba Hairi yang dimuat di Bobo, ceritanya bagus dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  10. Mbak Hairi sama sm aku senang nulis di diary dari kecil, tapi pas gede beliau bisa diteruskan ke nulis cerpen, kalo aku nggak, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, mbaknya kan nulis blog :D

      Delete
  11. saya kenal mbak hairi yanti dari grup BAW sama Penulis Tangguh... :D

    Aku juga IRT tulen... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, banyak yang IRT tulen ternyata :D

      Delete
  12. Wow, Mba Hairi Yanti emang keren banget yak. Penulis kawakan ini, mah.
    Thanks, Mba Nisa, jadi lebih kenal sama Mba Hairi. :)

    Sukses selalu juga untuk Mba Nisa, yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya Mbak. ^^

      Makasih doanya

      Delete
  13. Wah keren antologinya udah banyak, moga terwujud bukunya aamiin :)

    ReplyDelete
  14. Keren.. penulis cerita anak euy... sayamah kesulitan kldisuruh nulis cernak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe, saya juga gak ada mood nulis ke sana

      Delete
  15. wah, jadi penasaran dengan tulisan-tulisannya mbak Hairi. :D

    ReplyDelete
  16. Ditunggu ya postingan dan tulisan terbarunya, biar gak penasaran saya....

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.