Destinasi Populer di Kota Purwokerto






Anisa AE - Tahukah tentang julukan yang diberikan untuk Kota Purwokerto? Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang memiliki banyak julukan. Seperti Kota Kripik, Kota Pendidikan, Kota Wisata, Kota Transit dan yang terakhir yang lebih unik adalah Kota Pensiun. Mengapa dinamakan Kota Pensiun? Berdasarkan survey dan data yang ada, banyak pejabat yang memberhentikan diri dari pekerjaannya karena memang sudah habis masa jabatannya yang kemudian menetap di Kota Purwokerto ini. Atas dasar itulah kota ini diberi julukan dengan Kota Pensiun. Unik juga ya julukannya? 

Selain itu, terdapat julukan Kota Wisata, karena memang banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi di kota ini. Mulai dari wisata alamn, wisata pendidikan, hiburan, kesenian, wisata belanja sampai wisata kulinernya pun ada. Selain itu, setelah berwisata, jangan takut atau khawatir ingin menginap di mana, karena di sekitar objek wisata maupun di pusat kota, banyak hotel yang menjamur dengan harga dan fasilitas yang beragam. Itu pun bisa dipilih sesuai dengan selera kita.

Hotel-hotel tersebut dapat dengan mudah dipesan melalui Traveloka Jangan lupa, sebelum mengelilingi Kota Purwokerto ini, sebaiknya kita telah mencari informasi terlebih dahulu tentang tempat-tempat wisata dan juga transportasi untuk menuju tempat tersebut. Kita bisa mencari tahu melalui internet atau bertanya dengan teman Anda yang tinggal di sana maupun asli sana.

Di Purwokerto sendiri memiliki museum tua yang ada sejak zaman dulu, yaitu Museum Bank Rakyat Indonesia. Dulu, bank tersebut pertama kali dibuka dan didirikan di kota ini..

Kali ini, saya akan memberitahu tentang destinasi populer yang ada di Kota Purwokerto. Objek wisata itu adalah Lokawisata Baturaden. Objek wisata yang satu ini letaknya di Karangmangu, Kecamatan Baturaden. Kita bisa menuju ke tempat wisata dengan jarak 15 km atau dalam waktu 15 menit jika jalan tidak macet dan lancar dari pusat Kota Purwokerto.






Ada beberapa tempat yang bisa dinikmati di Lokawisata Baturaden bersama keluarga maupun teman-teman. Berikut ini destinasi tempat populer yang termasuk bagian dari Lokawisata Baturaden.

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu merupakan objek wisata air panas yang terdapat di dalam kawasan wisata Baturaden. Kita bisa merelax-kan badan yang terasa pegal atau lelah. Panas air ini menurut warga sekitar juga dapat menyembuhkan banyak penyakit, seperti penyakit kulit. Tak jarang warga maupun pengunjung luar daerah berdatangan untuk melakukan terapi air panas untuk kesehatan tubuh mereka. Suhu pada air panas ini adalah sekitar 60 – 70⁰ C. Berhati-hatilah jika ingin berfoto di area air panasnya. Jika tidak berhati-hati, kamera kita bisa saja menjadi korban, rusak karena jatuh ke dalam air.

2. Wana Wisata Baturaden

Wana Wisata Baturaden ini terdapat di dalam kawasan Baturaden. Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin mendapatkan kualitas waktu istimewa bersama keluarga maupun teman-teman. Jika telah masuk dari gerbang lokawisata Baturaden, bisa berjalan kaki menuju Wana Wisata Baturaden sekitar 2 kilometer. Wana Wisata Baturaden ini merupakan hutan yang sangat hijau. kita bisa langsung memasang tenda untuk menginap di sana. Menyatu dengan alam merupakan hal yang menyenangkan, bisa berlatih bagaimana berada di hutan liar dengan ketahanan hidup di sana.

Destinasi Populer di Kota Purwokerto
Sumber: http://www.anekatempatwisata.com


3. Telaga Sunyi

Apa yang terpikir jika mendengar nama Telaga Sunyi? Pastilah sangat sunyi, tidak ada kehidupan di sekitar sini, bukan? Telaga ini merupakan sumber air murni yang ada di kawasan Baturaden. Airnya sangat jernih, bahkan bila melihat ke dalamnya, sangat terlihat kehidupan di dalamnya. Untuk menuju Telaga Sunyi, perlu berjalan kaki sekitar 4 kilometer dari gerbang utama Lokawisata Baturaden. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran. Aliran air di Telaga Sunyi ini bisa membuat pikiran fresh kembali. Alam memang tempat yang paling tepat untuk menghilangkan stres. Kita akan dikenakan tarif untuk bisa memasuki Telaga Sunyi sebesar Rp. 5.000.


Sumber: http://www.panoramio.com

4. Taman Kaloka Widya Mandala

Spot wisata lainnya di Baturaden adalah Taman Kaloka Widya Mandala. Tempat ini sering disebut wisata pendidikan Wanasuka Baturaden. Ini merupakan kebun binatang yang ada di kawasan Baturaden. Terdapat banyak hewan baik yang didatangkan dari dalam negeri maupun luar negeri. Ajak keluarga khususnya anak-anak untuk mengunjungi Taman Kaloka Widya Mandala. Tempat ini sangat cocok untuk mengenalkan binatang-binatang yang ada di Taman Kaloka Widya Mandala, seperti harimau sumatera, orang utan kalimantan, buaya irian, dan masih banyak binatang lain.

Destinasi Populer di Kota Purwokerto
Sumber: http://www.gatotfaisal909.blogspot.com

Anda bisa menikmati semua spot wisata yang ada di lokawisata Baturaden hanya dengan membayar tarif masuk sebesar Rp14.000 (Harga dapat berubah-ubah sewaktu-waktu). Harganya cukup terjangkau, apalagi dengan banyaknya tempat yang ditawarkan untuk kita.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v








Share on Google Plus

About Anisa Ae

52 komentar:

  1. itu yang di telaga sunyi beneran sunyi ya mbak?

    Asik tuh buat nulis, asri dan nyaman :)

    ReplyDelete
  2. Unik unik julukan kota purwokerto ya bun.
    tapi spot wisatanya bner-bener amazing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi Malang juga gak kalah kok :D

      Delete
  3. kota pensiun, unik sekli. jadi pengen mampir kesana. makasi infonya kak nisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. ^^

      Sama-sama. Jangan lupa mampir ke sini, ya?

      Delete
  4. Kemarin sempet ke Baturraden mbak, cuma belum tak share di blog :D hehehe

    ReplyDelete
  5. Liat foto yang batu raden kok kayanya enak banget ya piknik sambil camping di situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo ... ajakin aku, ya? :D

      Delete
  6. Inyong wes suweh ora main neng purwokerto hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Om Cumi tinggal calling Kakak Cantik kalo mau main :D

      Delete
  7. Pwt kulinernya enyak2. *terua ngeces

    ReplyDelete
  8. Wiih nggak nyangka di Purwokerto ada objek wisata yang bagus tapi tetep ramah di kantong.

    ReplyDelete
  9. Sodaraku sering banget ke Batturaden, mba. Aku liat poto-poto pemandangannya keren banget. Smoga suatu waktu bisa mampir ke sana. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :D Fotonya bikin mupeng ya?

      Delete
  10. kalau sudah bicara destinasi wisata, satu yang ada dalam pikiran, "betapa indahnya alam ciptaan Allah", apalagi kalau yang bernuansa alami kayak air terjun dan lain sebagianya, pokoknya kalau sudah kesana maunya ndak mau balik lagi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehehe, bikin rumah dekat sana aja :D

      Delete
  11. Kayaknya sejuk nih Mbk, bakal asyik jalan2 ke sini. Adem banget dan asri. Namanya unik banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Yuk ke sini kalau ke Jawa :D

      Delete
  12. Telaga Sunyi, ngga gitu jauh yah mba, 4 kilo.. Bisa buat tafakur, pingin halan2 kesitu, udah lama ngga wisata alam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mbakkk. Ajak-ajak, ya? :D

      Delete
  13. Wah.. Ini tempat tinggalnya pungky yang blogger ngehits itu kan. Ternyata banyak tempat yg bisa dikunjungi juga ya. Boleh jadi referensi pas main ke purwokweto nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, iya. Ayyuk main ke sini

      Delete
  14. baru tahu kalau ternyata julukannya kota pensiun hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, julukan yang unik, ya?

      Delete
  15. Hmm jujur mbak saya pengen banget ke telaga sunyi gak kesampayaian mulu nih, gimana ya.

    ReplyDelete
  16. Sepertinya aku perlu piknik ke Telaga Sunyi.
    Cuma ituloh jalan kaki 4 km, yo lumayan ya.
    Apa nggak ada ojek atau apa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, mau tak gendong, Mbak? :D

      Ayo piknikkk

      Delete
  17. banyak ya... asik kayanya ngadem di telaga sunyi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D Sesuatu banget datang di telaga yang sunyiii gitu :D

      Delete
  18. waktu itu aku ke purwokerto cuma sehari..tapi udh sempet ke batu radennya..dan sukaaa bgt ^o^.. sejuk, ijo2, betahlah lama2 di sana mbak.. sempet mijit juga pake belerang di sana. kuliner di purwokerto juga enak2 loh :D.. aku suka tuh soto ayam di jalan bank.. duuuh, jd ngiler inget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin pingin balik lagi, ya? :D

      Delete
  19. Padahal dulu sempat menginap di sekitar Baturaden tapi malah nggak sempat masuk ke sana karena kegiatan yang masih padat. Ah semoga masih kesampaian

    ReplyDelete
  20. Hanya 2 jam perjalanan dari rumah saya.. tapi baru ke Baturadennya.. penasaran sebeneranya sama Telaga Sunyi, tapi jalannya saya takut, cukup ekstrim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan dekat ya dari rumahnya Mbak Eri

      Delete
  21. Waw, keren eum. jadi pengen ke purwokerto :D

    ReplyDelete
  22. Unik juga ya i berikan julukan kota pensiun :D
    Itu mba untuk Air di Telaga Sunyi apakah aman untuk di konsumsi langsung ? Sangat jauh juga ya perjalanan yang di tempuh untuk mencapai telaga sunyi sekitar 4 kilometer. apa gak bisa naik motor ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan coba-coba kunsumsi langsung deh :D
      Kayanya enggak bisa

      Delete
  23. Waaaah kota pensiun? Kau baru denger mak :D Baturaden tuh kayanya emang oke yaaa, banyak yang ngomongin, sayangnya belom dikasi kesempatan kesana, kalo main ke Purwekerto mesti mampir niiihhh. Makasi infonya Mak Nisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mak ... Monggo mampir ke sini ^^

      Delete
  24. siang-siang panas gini lihat air terjun yang di Telaga Sunyi, rasanya jadi pengen mandi :)

    ReplyDelete
  25. Note!! Semoga ada kesempatan jalan2 ke Purwokerto.

    ReplyDelete
  26. ahayyyy purwokerto dan baturraden...pingin ke sana lagii adeemm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ajakin aku ya? #kedip-kedip

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.