Kenali 11 Tipe Penumpang Menyebalkan di Pesawat


Anisa AE - Ada yang akan berangkat traveling dalam waktu dekat ini? Tentunya persiapan sudah total  dong demi kelancaran perjalanan nanti. Tapi tahukah jika persiapan yang sudah maksimal tersebut bisa ‘hancur’ karena ulah penumpang lain di dalam pesawat?

Perjalanan yang seharusnya baik-baik saja berubah jadi menyebalkan tanpa bisa dikontrol. Duh pasti sangat menyebalkan jika mendapati hal seperti itu. Apalagi tak hanya pesawat berbudget rendah, pesawat premium semacam Garuda Indonesia pun tak luput dari penumpang-penumpang menyebalkan seperti ini.

Ini adalah 11 tipe penumpang di pesawat yang sangat menyebalkan:

1. Penendang bangku
Pernahkah saat sedang tidur, tiba-tiba penumpang di belakang terus menerus menendang bangkumu? Menurut hasil survey yang beredar di internet, penumpang penendang bangku ini menduduki peringkat pertama dari daftar 10 perilaku menyebalkan penumpang pesawat.

Nah, jika kamu masuk dalam kategori suka menendang bangku, buruan direm tuh kakinya. Jangan sampai kena tegur penumpang lain. Malu dong.

2. Orang tua yang ‘melepas’ anaknya
Kenyamanan di dalam pesawat terganggu oleh kebisingan yang ditimbulkan anak-anak? Bisakah anak-anak disalahkan? Orangtua yang terbang bersama anak-anaklah yang seharusnya lebih memperhatikan buah hati mereka.

Orangtua harus menyiapkan anaknya sebaik mungkin untuk perjalanan dengan pesawat. Persiapan ini bisa dengan cara membawakan mainan kesayangan, snack favorit, dan juga ear muffs atau penutup kuping agar anak-anak tak mengalami nyeri di telinganya saat pesawat lepas landas.

Apalagi untuk ibu seperti saya dengan anak yang aktif. Sebagai penumpang yang baik, jangan sampai dijadikan gunjingan orang di dalam pesawat gara-gara anak.

3. Yang tidak sabaran
Ada banyak sekali orang yang antri saat melakukan check in di bandara, namun siapa sangka kalau ada saja orang yang sudah bersiap dengan e-voucher di smartphone yang dia pesan entah itu dari Traveloka atau dari travel agent lain, lalu datang tiba-tiba masuk duluan, menyerobot antrian yang akan membuat jengkel orang lain.

Sebagai orang Indonesia yang berbudaya tinggi, tak ada salahnya ikut mengantri bukan? Mengajarkan budaya antri pada si kecil yang juga kebetulan ikut juga tak ada salahnya. Jangan menjadi tipe yang ke tiga.

4. Si bau tak sedap
Siapa yang tahan duduk bersebelahan dengan penumpang berbau tak sedap? Penumpang semacam ini banyak ditemui pada jam penerbangan subuh atau tengah malam. Alasannya bisa jadi karena belum mandi dan juga berkeringat setelah beraktifitas seharian.

Di mana pun dan kapan pun, pastikan kita sudah wangi. Kalaupun belum mandi, wangi tetap nomor satu. Kan banyak tuh parfum, pakai secukupnya saja. Jangan terlalu wangi juga, bisa-bisa penumpang lain jadi eneg.

5. Sok kenal sok dekat
Bertemu orang baru memang menyenangkan, tapi bagaimana jika saatnya kurang tepat? Bayangkan jika sedang ingin beristirahat dan menikmati waktu sendiri, tiba-tiba penumpang sebelah mengajak ngobrol panjang lebar. Tak jarang obrolan pun diselingi dengan ‘curhat’ masalah pribadi yang sebenarnya tak pernah ingin diketahui.






6. Perebut sandaran tangan
Perebutan sandaran tangan sudah menjadi rahasia umum di kalangan penumpang pesawat. Meskipun setiap bangku sudah terpasang sandaran tangan masing-masing, namun masih saja ada penumpang menyebalkan yang ‘mengakui’ sandaran tangan milikmu. So? Jengkel juga kan?

7. Penumpang yang menurunkan sandaran bangku untuk tidur
Saat sedang ingin membaca buku, tiba-tiba penumpang di depan menurunkan sandaran bangkunya sehingga sulit untuk lanjut membaca. Penumpang semacam ini seolah tak menyadari bahwa tindakannya bisa sangat mengganggu penumpang di belakangnya. Berada di belakangnya, ruang akan menyempit karena sandaran bangkunya tersebut mengarah tepat di depan Anda.

Jika mau menurunkan sandaran bangku, lebih baik minta izin dulu, kan?

8. Penumpang rombongan yang berisik
Traveling bersama teman dan kerabat memang menyenangkan. Tetap bisa mengobrol selama dalam pesawat, tapi bagaimana jika itu mengganggu kenyamanan penumpang lainnya? Suara berisik saat mengobrol dan tertawa bersama rombongan itu sesungguhnya membuat penumpang lain yang ingin beristirahat jadi sangat terganggu.

Hayo siapa yang suka hora-hore di pesawat? :D

9. Pembawa virus penyakit
Sebelum treveling pasti menjaga kesehatan agar tetap fit saat sampai di tujuan. Persiapan ini bisa dihancurkan oleh penumpang pesawat yang sedang dalam kondisi tidak sehat dan menyebarkan virus.

Bayangkan jika penumpang di sebelah terus menerus bersin dan batuk tanpa menutup mulutnya. Bisa jadi kita tertular virus flu yang dibawanya dan tak bisa menikmati liburan dengan maksimal nantinya.

Kalau flu, sebisa mungkin gunakan masker.

10. Pelepas baju
Pelepas baju ini bisa ditemui di penerbangan internasional yang memakan waktu belasan jam di udara. Tindakan melepas baju ini memang dilakukan agar tidak gerah dan nyaman di dalam pesawat. Sayangnya, mereka tak menyadari bahwa tindakan ini mengganggu kenyamanan orang lain.

Selain pemandangan yang kurang menyenangkan, melepas baju juga bisa membuat aroma kurang sedap dari tubuhnya menyebar ke indera penciuman penumpang lainnya. Ya, mending kalau tubuhnya wangi atau 'nyaman' dilihat. Kalau malah sebaliknya? Oh No!!

11. Pemberi kabar gembira
Kedatangan kita pasti sudah ditunggu-tunggu oleh keluarga tercinta, tapi bukankah hal itu seharusnya tak mengganggu kenyamanan dan keselamatan penumpang lain?

Begitu roda pesawat menyentuh tanah, pemberi kabar gembira ini akan secepatnya mengaktifkan handphone dan mengabari keluarganya bahwa sudah ada di bandara. Tanpa disadari, tindakan ini bisa membahayakan seisi pesawat karena sinyal handphonenya mengganggu navigasi antara pesawat dan bandara.

Bayangkan jika ada apa-apa (semoga tidak) karena sinyal handphone yang digunakan. Menyesalnya bisa sampai jangka panjang.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v






Share on Google Plus

About Anisa Ae

46 komentar:

  1. belum pernah terbang lbh dari 2 jam sih, mba.. tapi mungkin saya termasuk yg "nyebelin" ya, huhuhu.. karena Aga sempat nangis pas bangun tidur..dan susah bgt di-handle. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, siapin makanan kesukaan dan mainan mbak

      Delete
  2. Wah saya yang belum pernah naik pesawat membaca tulisan ini jd tau bun, ternyata ada ya penumpang begitu di pesawat bun. hehe, seperti tingkah penumpang di bus aja deh. xixixi.
    pramugarinya gak menegur ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sepertinya banyak gini juga di mikrolet dan bus. Kalo itu kan privacy masing-masing, ya> Beda lagi kalo sampai mengganggu seluruh penumpang

      Delete
  3. Si bau tak sedap dan pembawa virus penyakit.... baaaaah itu sungguh menggangu mbaaaa..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, siap-siap dulu sebelum berangkat biar gak bau dan sakit

      Delete
  4. saya paling gak suka no 8 mba, hahaha...
    soalnya suaranya ituloh bikin gak bisa tidur, hahaha..
    salam kenal mba, terima kasih sudah boleh mampir

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah selama berpergian menggunakan pesawat belum pernah saya menemukan tipe-tipe penumpang menyebalkan seperti yang disebut di atas :)

    ReplyDelete
  6. Si sksd dan rombongan yang berisik menurutku golongan yang agak annoying klo nemu di pesawat hahaha

    ReplyDelete
  7. Saya pernah naik pesawat, penumpang depan tukang tidur terus kursi diturunin sampai yang belakangnya kesempitan, aduuuuh :(

    salam dari http://www.roomances.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak berani negur?

      BTW sudah mampir, ya?

      Delete
    2. Sudah di teggur cuma tidurnya lelap banget tu orang,

      Delete
    3. Duh, pasti nyesek banget

      Delete
  8. Eh..klo di mobil..kakiku sering otomatis naik, nendang2 kaki kursi depan. Klo di pesawat? Blm pernah sih. Tapi semoga bukan jadi penumpang yng nyebelin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalo mobil pribadi sih bolehlah

      Delete
  9. wah betul sekali, memang kadang menyebalkan tapi ya itu lagikita memang disuruh untuk sabar menghadapai ulah penumpang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya juga hidup bermasyarakat

      Delete
  10. Ada juga tuh positiv nya. membawa kabar gembira

    ReplyDelete
  11. tipe yang suka godain cewe cantik sebangku belum disebutkan mbak, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee termasuk yang komentar nih sepertinya :D

      Delete
  12. Saya terus terang nggak konsen dengan suasana sekitar mbak Anisa, karena sepanjang perjalanan terus ndremimil berdoa semoga cepat sampai dan segera turun dari pesawat :)

    Tapi memang sih penumpang type gitu sangat mengganggu ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya. Jangan-jangan kamu mengganggu yang lain tuh :D

      Delete
  13. Tidak hanya di pesawat, mbak, dimanapun sebisa mungkin jangan sampai mengganggu kenyamanan orang lain, bukan? Harusnya mereka bisa memposisikan dirinya jika berada di pihak yang terganggu ya..:)

    ReplyDelete
  14. no 4, 9 ama 10 yang bikin gak nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayang banyak yang gak nyadar

      Delete
  15. Aku nyalain HPnya setelah landing dg selamat. itu boleh kan ya? hehe

    TFS, Mak

    ReplyDelete
  16. Yang point no. 7 mbak, aku pernah mengalaminya,,,, bawaannya ingin marah,,, la sini lagi santai aja, sambil ongkang - ongkang kaki, eh tiba - tiba yang ada di depanku nurunkan sandaran kursinya, jadi mau nggak mau aku harus nurunkan kursinya,,, udah gitu ew lakok dia tetap saja kayak nggak punya dosa,,,, jadi ya makan hati aja,,,, biarlah :-)

    ReplyDelete
  17. ketemu org2 kaya gitu nyebelin bgt pastinya, kdg ada yg promo jg

    ReplyDelete
  18. Untunglah belum pernah nemu tipe penumpang di atas. Duuh kebayang deh kalo duduk disamping orang baunya tak sedap. Alhamdulillah pas naik pesawat anakku gak rewel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heehehe, bisa pingsan di tempat kalo sebelahan ma orang dengan bau tidak sedap.

      Delete
  19. Aku pernah ketemu penumpang nyebelin waktu di kereta api. Nyambung kan ya? Hehehe
    Itu dia praktekkin jualan ,setelah ikut workshop selling kali ya?
    Sampai ditegur kondektur.

    Kalau yg nendang kursi,itu anak ku banget jaman dia kecil. Skrg sih aman. Kalau ada anak kecil gitu, ya maklum aja deh. Diajakin becanda aja tuh, anak. Kan lagi caper doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nyambung kok .... Sebel kalo ada yang jualan di kereta. :D

      Delete
  20. Hahaha, btw aku baru mau pertama naik pesawat nih wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw, semangat ya buat ke Makassarnya. ^^/

      Delete
  21. Kalau saya yg paling menyebalkan yg nomor 8. Di Pesawat dan di kereta sudah pernah menegur sekelompok orang yg berasa dia doang yg bayar :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, berasa sangat menjengkelkan ya?

      Delete
  22. Kalau no 11 kayanya udah ga aneh lagi mba, jangankan pas baru mau mendarat, udah mau terbang aja masih banyak yg sibuk telp atau sms.

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.