Khas Malang yang Tak Boleh Terlewatkan







Anisa AE - Malang merupakan kota wisata yang tak akan habis dikunjungi meski sebulan. Ketika berwisata ke Malang jangan melupakan satu hal yang khas, yaitu buah tangan atau oleh-oleh.
Banyak makanan olahan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Malang. Meski Malang khas dengan Apel, tapi masih ada banyak oleh-oleh lain.

Berikut 7 Oleh-oleh dari Malang yang bisa dibawa saat selesai berwisata.

Bakpao Telo

1. Aneka Olahan Telo 
Bagi warga di luar Malang, mungkin nama makanan yang satu ini terdengar cukup aneh. Dalam bahasa jawa, “telo” berarti ubi atau lebih familiar disebut sebagai ubi jalar. Di perbatasan paling utara Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Lawang (berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan) terdapat sentra kuliner dari bahan telo, yaitu Repoeblik Telo. Semua olahan makanan di sini menggunakan bahan dasar telo.

Anda bisa mencicipi aneka kuliner dari bahan telo, seperti es krim telo, pizza telo, nugget telo, bakpao telo, dan keripik telo yang semuanya dari telo warna ungu. Ingin tahu rasa kuliner dari bahan telo ini? Langsung saja meluncur ke alamatnya di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang – Malang.



2. Pia Mangkok 
Pia memang identik dengan Jogja. Tetapi, Malang juga penghasil kue pia dengan ciri khas dan rasa berbeda. Pia versi Malang ini disebut Pia Mangkok. Pia mangkok termasuk salah satu oleh-oleh khas Malang yang direkomendasikan karena sanggup bertahan hingga 2 minggu terhitung dari masa produksi. Untuk mendapatkan Pia Mangkok yang lebih awet, pastikan membeli kue pia yang baru saja diproduksi.


3. Strudel Pastry Buah 
Salah satu sentra strudel pastry buah adalah Malang Strudel. Tempat oleh-oleh khas Malang ini terbilang masih pendatang baru mengingat peresmiannya baru pada tahun 2014 silam. Penasaran dengan rasa strudel pastry buah khas Malang? Silahkan datang langsung ke lokasi Malang Strudel di Jln. Ardimulyo No. 14 Singosari.



4. Keripik Ceker
Ternyata tak hanya keripik buah dan keripik tempe, namun keripik ceker termasuk oleh-oleh khas Malang yang patut dicoba. Dari namanya memang unik dan mengundang rasa penasaran, terutama mengenai bentuk dan rasa dari keripik ceker. Ini wajar mengingat ceker adalah bagian dari ayam yang mungkin sudah tidak bisa dimanfaatkan untuk makanan olahan apapun. Ceker yang biasanya dibuang karena tidak mengandung daging ternyata dapat diolah menjadi kuliner yang gurih dan lezat.






5. Aneka Kripik Buah 
Tanaman buah memang cocok dibudidayakan di Malang. Kontur tanah yang bersahabat membuat banyak sekali jenis buah yang dihasilkan di daerah Malang. Aneka jenis buah yang melimpah membuat sejumlah produsen berinisiatif membuat aneka keripik buah. Selain cara menikmati buah dengan sensasi berbeda, keripik aneka buah ini umumnya lebih awet sehingga bisa disimpan lebih lama.


6. Sari Apel 
Sari Apel dibuat dari ekstrak buah apel pilihan. Prosesnya, apel berkualitas bagus dicuci dan dibuang isinya. Berikutnya apel dimasukkan ke mesin peras agar bagain ampas dan sarinya terpisah. Selain Apel Manalagi, Sari Apel ini juga menggunakan jenis apel lain, yaitu Romebeauty.
Di daerah Malang terutama di Kota Batu, banyak sekali produsen yang memproduksi Sari Apel.


7. Keripik Tempe 
Tak hanya keripik buah, Malang juga terkenal sebagai produsen keripik tempe terbesar di Jawa Timur. Hampir di setiap tempat di Malang, terdapat penjual keripik tempe. Mulai dari warung-warung kecil, kios, pusat perbelanjaan, atau di berbagai pusat jajanan khas Malang.


Oke, jika Anda ke Malang jangan lupa mencicipi aneka jajanan sebagai oleh-oleh ini. Selamat berwisata.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

48 komentar:

  1. Kakak ipar saya baru dari Malang dan dia dikasih temannya keripik tempe banyaaak sekali :D

    ReplyDelete
  2. aduh, jd pengen makan dan nyicipin semuanya bun. #bacalagidalamkeadaanlaper
    kapan ke Malang :(

    ReplyDelete
  3. Pengin nyoba yang keripik ceker, belum tau soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wis ndang golek kunu. Wong cidek

      Delete
  4. dulu pas masih kuliah dan ngajar di malang,kalo pulang ke jombang selalu beli kripik tempe sama keripik kentang...kalo naik motor paling2 beli telo ungu di batu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheeh, jangan sampai ketinggalan oleh-oleh khasnya Malang :D

      Delete
  5. jadi penasaran sama keripik cekernya Mba Anisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aku jualan online aja, ya? :D Kamu wajib beli.

      Delete
  6. Keripik Tempe, Keripik Ceker, Keripik Appel semua enak mba.. dan semuanya pernah aku coba.. hehehehehe..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  7. Bakpao telonya mau, mbak Anisa. Itu makanan sehat lho :)
    Keripik buah sudah sering dioleh-olehi teman terutama yang apel :)

    ReplyDelete
  8. aku suka keripik ceker..tempe semua yang kriuk2 sukaaa...

    ReplyDelete
  9. Hahaha,,, ada tow mbak es krim Telo dan pizza telo? aku jadi penasaran dengan rasanya,,,,
    Iya mbak bener, kalau Pia di Jogja mah ada... Aku dari dulu tahunya ya cuman Apel khas dari Malang,, hehehe.... Tak pikir wajib hukumnya kalau ke Malang ngerasain Sari apelnya,,,, enak sepertinya,,,, yang lainnya bolehlah, asalkan gratis tak bantu ngabisinnya,,, hehehe,,, keren mbak, keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, maunya gratisan mulu. Ayo main ke sini

      Delete
  10. kalau ayas yang nggak pernah lupa itu kripik tempe, mbak..
    bakpao telo juga karena rasanya enak dan tempatnya deket rumah.. :D

    ReplyDelete
  11. Hmm pengen mbak yang pia tuh kesukaan saya dan kalau khas malang rasanya muantappp juga gak ya.

    ReplyDelete
  12. Kripik nangkanya paling uenak....

    ReplyDelete
  13. konon salah satu yang khas di malang adalah kripik bekicot? benar ngga sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah makan keripik bekicot, Mas. Setahuku sate bekicot atau rica-rica. :D

      Delete
  14. wah saya pernah ketipu keripik buah nih

    kurang asem emang, dibilang keripik ga taunya kerupuk rasa buah, mesti ati2 dah belanja oleh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D Emang gak ada tulisannya keripik atau kerupuk?

      Delete
  15. kalo denger wisata malang ingetnya sama keripik buah... rasanya enak deh, tapi kadang2 ada bbrp merk yang ngasih zonk, bungkusnya gede tapi isinya gak nyampe seperempatnya hahaha... gokil dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, emang kebanyakan gitu :D

      Delete
  16. wah bner bnget nih, malang salah satu kota yang menjadi impian say buat di kunjungi, dan sampai sekarang blm kesampaian, smga bisa kesana secepatnya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ditunggu kedatangannya

      Delete
  17. teringat temen saya dri malang, pasti kalo bawa oleh2 keripik buah, enak rasanya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget. Mampir ke Malang aja buat rasain lagi :D

      Delete
  18. Suamiku pernah ke sana dan asli emang enak oleh2nya

    ReplyDelete
  19. paling suka keripik buahnya mbak.. tp dr sekian bnyk rasa yg pernah dicoba, aku ttp favoritin nangka :D..

    eh kalo ceker kayaknya ga cuma malang, solo bnyk bgt soalnya :D Walopun aku agak menghindari ini, krn kebanyakan keripik ceker itu asiiin.. mungkin utk pengawet alami juga.. tp jd serem makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nangka emang endeees. :D

      Aku gak terlalu suka ma ceker sih, lebih suka ma keripik buahnya aja. :D

      Delete
  20. Yang pernah nyobain cuma kripik buah sama kripik tempe, khas banget ini, dulu sebelum tinggal di Malang, berharap dapat oleh2 itu kalau ada saudara yang pas jalan2 ke Malang hehe

    Paling penasaran Strudel, karena pemiliknya artis ibu kota "Teuku Wisnu" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi. Kan sekarang udah di Malang. Buruan diborong deh

      Delete
  21. saya paling penasaran dengan yang namanya keripik ceker tuh...
    belum pernah nyobain soalnya sih

    ReplyDelete
  22. Favoritku kalau ke Mlang ya keripik buah. Terutama yang apel dan nagka. Meskipun kemasannya gede dan isinya seuprit. Tapi rasanya enak puol!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, banyak yang ketipu dengan bungkusnya uy :D

      Delete
  23. Kripik tempe ama bakpao telo favorit banget. Minggu keamrin baru dari Batu, dan mampir beli strudel karena tampaknya ini lg ngehits. ternyata aku ga begitu cocok rasanya. Untung ga beli banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi. Iya, Mbak. Selera orang beda-beda

      Delete
  24. kalo ke malang tuh inget waktu itu beli kripik buah, tapi isinya ga nyampe seperempat2 bungkus acan :v

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.