Penguatan POKDARWIS Kabupaten Malang 2016

Pelatihan Pokdarwis Kab Malang 2016
Anisa AE - Setelah acara pembukaan di Balaidesa Pujon Kidul, saya dan Mbak Anna ikut rombongan ke rest area. Di sana kami menunggu antrian mobil trip yang mengantarkan peserta desa wisata keliling Desa Wisata Pujon Kidul.


Lumayan lama menunggu ada yang pulang ngetrip, tapi kami tak bosan menghabiskan waktu di sana sambil sarapan. Tempatnya benar-benar dingin dan bisa merasakan sejuknya udara pedesaan. Kalau di Kepanjen, udara seperti ini sangat jarang bisa ditemukan, kecuali pagi hari. Itu pun memilih lokasi yang tepat.






Sayangnya saat itu saya tidak bisa ikut ngetrip. :( Apa daya, perut yang besar ini tak memungkinkan untuk ikut Fun of Road yang katanya bisa membuat adrenalin berpacu dengan cepat. Kata Mas Vicki Phalevi, saya nanti bisa melahirkan di jalan kalau ikut ngetrip. Kami pun berbagi tugas. Saya ikut Bu Nobi, Pak Eddy dan Mas Gede untuk acara POKDARWIS. Sementara Mbak Anna ikut Mas Vicky ngetrip.

Memang benar, pulang ngetrip Mbak Anna cerita kalau dia sampai tak bisa tenang karena memang sangat mendebarkan. Tapi tahu sendiri kalau saya juga pingin ngetrip. :( Apalagi mampir juga ke peternakan sapi, musium, kebun stroberi, dan Sumber Saleh. Siapa yang gak mupeng kalau tempatnya sebanyak itu? Tapi fun of roadnya???

Baca Juga : Fun of Road di Desa Wisata Pujon Kidul (Anna Nirwana)



Tapi kekecewaan tersebut terobati saat ikut acara Penguatan POKDARWIS Kabupaten Malang 2016 tersebut. Saya yang selalu haus ilmu baru mendapatkan banyak pelajaran berharga dalam menghadapi korban kecelakaan di tempat pariwisata dari senior PMI.

Bagaimana saat menangani orang yang terkena patah tulang, digigit ular, kram, sampai pada luka tusuk yang terjadi di tempat wisata. Itu semua ilmu singkat yang tak akan pernah saya dapatkan di tempat lain. Misalnya saja ketika terkena air panas atau luka bakar, jangan pernah memberi kecap, pasta gigi, atau yang lain pada luka. Cukup dimasukkan pada air dingin atau air mengalir sampai tidak terasa panas.

Untuk menangani luka tusuk pun jangan pernah mencabut benda yang menusuk karena bisa mengakibatkan fatal. Bayangkan kalau ban terkena paku, saat paku dicabut, maka ban akan kempes. Iya kalau bukan pas di nadi, kalau di nadi? Hiiii. Cara membalut luka pun berbeda-beda, tergantung lukanya.

Penguatan Pokdarwis Kab Malang 2016
Yang paling seram adalah saat praktik luka yang di perut sampai usus terburai. Saya sampai mengelus perut berkali-kali karena mual membayangkan hal tersebut. Ternyata usus tidak boleh dimasukkan lagi, tapi diberi plastik basah atau mangkok sebelum dibalut. Proses pembalutan pun berbeda dengan luka biasanya.

Acara selesai, saya pun ikut rombongan ke tempat terakhir. Di Capung Alas. Di sana, kami diberi makan lagi, Yaelah, sehari ini makan 3x. Sayangnya tadi saya telah menghabiskan 3 dus makanan ringan plus 3 gorengan (maklumin, berbadan 2 :D ), jadinya cuma makan saat di rest area pertama. Gak muat bo kalau harus makan 2x lagi. :D Sebenarnya pas acara POKDARWIS juga diberi makan siang, trus di Capung Alas makan lagi. Wah wah, gendut deh. :D 

Tak hanya makan siang, ada makanan ringan juga dan susu jahe asli Desa Wisata Pujon Kidul yang hangat di tenggorokan dan badan. Oh iya, lokasi Capung Alas ini benar-benar luar biasa, pendopo yang ada 4 kamar mandinya. Letaknya di tengah persawahan, pemandangan luar biasa karena terlihat gunung-gunung yang menjulang tinggi. Pokoknya keren deh.






Acara sharing di sana, banyak sekali masukan dari peserta trip untuk Desa Wisata Pujon Kidul. Karena tidak ikut ngetrip, saya pun mengomentari tentang web desa tersebut dan memberi beberapa masukan untuk promosi agar Desa Wisata Pujon Kidul bisa lebih dikenal oleh masyarakat.


Acara selesai, kami kembali ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang. Sayangnya saya mabuk di jalan karena jalannya berbeda dengan yang dilewati pertama kali, Hasilnya bisa ditebak, saya dan Mbak Anna meninggalkan kantor setelah Maghrib. Tapi saya tak kecewa datang ke acara tersebut karena mendapat ilmu yang tak akan saya dapatkan di tempat lain. :) 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v


Share on Google Plus

About Anisa Ae

14 komentar:

  1. wah keren pelatihannya bun..
    saya jadi kebagian ilmunya juga meski gak ikut langsung :D
    btw, itu yg ngebahas luka usus terburai serem bgt bun.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Mungkin karena aku hamil aja

      Delete
  2. Wah, itu beneran dikeluarin mba? kok sampe mau mual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak dong. Cuma karena lagi hamil aja.

      Delete
  3. Fun of roadnya bener2 berbahaya buat bumil mbak...
    Kegiatannya keren salut sama bumil yg lincah

    ReplyDelete
  4. Ilmunya bermanfaat bgt tuh ya...

    ReplyDelete
  5. keren banget pelatihannya mbak

    ReplyDelete
  6. Waa, bagus banget pelatihannya. Penasaran pengen ikutan langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Coba ikut PMI di sana aja

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.