Mertua VS Menantu







Anisa AE - Bersyukurlah kalian yang punya mertua baik, seperti ibu sendiri ataupun yang belum menikah, sehingga bisa mencari mertua yang baik. #Eh??

Kebanyakan mertua itu selalu kres dengan menantu, dalam segala hal. Walaupun tidak semua, yang kres biasanya karena perbedaan generasi yang terlalu jauh. Tidak hanya mertua, kita pun sering kres dengan orang tua, merasa paling benar sendiri dan mementingkan ego.

Mertua idaman adalah ibu saya. Tidak pernah ngomong macam-macam, selalu membela menantu, dan tak pernah menyuruh menantu untuk melakukan hal-hal di rumah, yang disuruh selalu anaknya. Bahkan ketika menantu tidak bekerja, ibulah yang membiayai hidup keluarga anak dan menantunya.

Sekarang ibu sudah menua, tak ada yang bisa diberikannya dalam bentuk materi kepada anak dan menantunya selain tenaga dan doa.






Kres dengan mertua memang selalu ada dan hukum jika menantu selalu salah sudah menjadi wajib. Jika mertua bertengkar dengan menantu, pasti menantulah yang salah, itu sudah hukum alam yang tidak bisa diotak-atik.

Walaupun sebenarnya orang tua pun bisa zalim kepada anak kandungnya, apalagi mertua.

Sayangnya lagi-lagi menantulah yang salah. Karena tanpa mertua, tak akan ada pasangan kita. Jadi, kita harus bisa faham dan mengerti bagaimana mertua. Seburuk-buruknya mertua, tetaplah itu adalah orang tua kita.

Serba salah? Iya. Ingin marah karena merasa benar? Iya. Tapi suatu saat kita pun menjadi mertua. Akankah kita tak menyalahkan menantu? Bisakah kita menjadi teman menantu?

Mungkin perbedaan generasi yang sangat jauh menjadikan kita berbeda dengan mertua, tapi di situlah letak pahala. Di mana saat kita harus sabar menghadapi mertua yang mulai menua, melayani mertua dengan hati ikhlas dan lapang dada.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

48 komentar:

  1. semoga dapat mertua yang baik, hehe

    ReplyDelete
  2. Haha ternyata tipe orang yang baik itu seperti ibu nya mba Anisa ya ? Sebenernya sih saya membaca artikel ini karena tertarik padfa judulnya kirain Mertua Vs Menantu itu brertengkar :Dhhaa

    ReplyDelete
  3. Jadikan catatan supaya besok kalau jadi mertua kita gak melakukan hal yg sama mbak..

    ReplyDelete
  4. membahasa mertua, saya jd khwatir bsok klo serumah dgn calon mertuaa. apalagi sih doi anak bungsu, dan pastilah jg wanita mengikut kemna suaminya pergi kan bun. uhh, ketemu camer kmren aja gerogi. >_<

    ReplyDelete
  5. moga2 besok kalau udah jdi mertua bisa lebih baik kpd menantu :)

    ReplyDelete
  6. Belajar dari banyaknya masalah antara mertua dan menantu, semoga saya bisa jadi ibu mertua yang baik kelak.

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah mertuaku baik banget, banyak ilmu yg aku dapat darinya. Dari resep masakan sampai mengurus anak. Memang awal2 nikah kita masih fase menyesuikan diri, tapi seiring waktu, mertuaku sudah seperti mama ku sendiri.

    ReplyDelete
  8. alhamdulilah mertuaku baik..meski kadang agak nyebelin (dikiiiit sih) tp ya memang semua orang ada kebaikan dan kekurangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, emang namanya aja mertua :D

      Delete
  9. semoga 7 tahun kedepan dapet mertua yang baik kayak gitu :D hoahoa

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, mertuaku baik.. dan semoga aku kelak bisa jadi mertua yang baik buat menantu-menantuku. Aamiin :)

    ReplyDelete
  11. Saat tak dapatkan mertua yang baik, di situ ada ruang untuk buktikan cinta pada orang tua dari pasangan kita...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah dapat mertua baik, aku lama tinggal bareng mertua, sekarang juga lagi ngungsi di mertua nih, selama rumah direnov.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dapat mertua baik, aku lama tinggal bareng mertua, sekarang juga lagi ngungsi di mertua nih, selama rumah direnov.

    ReplyDelete
  14. Memang hubunga mertua menantu itu susah-susah gampang, ingat susahnya 2 gampangnya 1 hi3

    ReplyDelete
  15. Mungkin beda generasi ya mbak... jadi memandang satu kejadian tidak sama...

    ReplyDelete
  16. hhhee smoga suatu saat nanti bisa memiliki mertua yg baik dn jdi menantu yg baik pula heuheuu

    ReplyDelete
  17. Seteru dg mertuaku itu adalah seni dalam rumah tangga, tpi cuma sebagai hiasan gak boleh terlalu dalam

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah mertuaku baeek mbaaaaaa :)

    ReplyDelete
  19. Mertua selalu benar. Kalau mertua salah, ingatlah bahwa mertua selalu benar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha .... ada juga yang kaya gitu ya, Mbak? :D

      Delete
  20. ALhamdulillah, mertua baik, keluarga baik. walau pernak pernik selalu ada aja. Tapi dinikmati Mbak Anisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, hidup rukun dengan mertua itu menyenangkan. :)

      Delete
  21. Salah satu hal yang aku takutin soal pernikahan -mertua-. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, jangan takut. Tak semua mertua jahat. :)

      Delete
  22. Nggak hanya mertua mb...kadang ipar juga ☺☺solusinya? Mending mandiri pasca menikah.. Trus tinggalnya nggak terlalu dekat, tp masih bisa saling mengunjungi. Itu biasanya lebih aman dr konflik..daripada yang tinggal berdekatan atau mlh satu rumah ada mertua, ada ipar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, ipar jauh lebih horor dari mertua. Hahahahaah

      Delete
  23. Aku blm bayangin gmn kehidupan sm mertua, tp aku berdoa siapapun mertua aku dia mau berbaik hati ngasih anaknya buat aku mba, nanti aku ganti deh sm cucu cucu yng lucu.. Ahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha .... Amin. Semoga dapat mertua yang baik, ya?

      Delete
  24. perebdaan generasi memang bikin kles ya, tapi aku mah dibikin enjoy saja, paling masuk telinag kri keluar telinga kanan lagi. Selama apa yang aku buat gak salah dan suami juga gak komplain

    ReplyDelete
  25. yang penting mah jangan miskom sih mbak, trus suami kitanya bisa menjembatani kalau ada masalah, inysa alloh deh gak akan ada hur hara menantu mertua

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.