Model Mukena Cantik 2016







Anisa AE - Tidak terasa bulan Ramadhan sudah di depan mata, dan hari raya Idul Fitri berada di ujungnya. Tradisi belanja barang-barang kebutuhan menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menjelang bulan puasa. Seperti halnya barang kebutuhan pokok seperti sembako, bumbu, minyak goreng, jajanan, dan pakian. Tidak terkecuali pula mukena.

Mukena, salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari kaum hawa. Mukena atau rukuh adalah busana wajib di bulan penuh berkah. Para muslimah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beribadah seperti mengaji, shalat lima waktu dan tentunya tarawih.

Pada tahun 2016 ini banyak sekali muncul model mukena yang bisa menjadi pilihan kaum wanita. Dalam segi bahan, mukena katun jepang masih menjadi tren update dan target incaran pertama saat cari mukena cantik yang nyaman dipakai karena mempunyai tekstur lembut dan halus. Katun Jepang juga bisa menyerap keringat serta kesan 'adem' sehingga mampu merambah pasaran secara luas.

Untuk warna dan desain, mukena cantik 2016 masih mengandalkan konsep bordir yang sudah menjadi ciri dan keunikan tersendiri bagi rumah produksi, khususnya di Indonesia. Bordir yang sering ditemui yaitu berupa bunga-bunga dan batik yang mengelilingi atau melingkar di mukena sehingga menampilkan mukena yang lebih elegan. Corak lainnya dapat ditemui pada mukena bali, berupa hasil batik baik batik celup, cap, tulis, maupun serut.

Untuk mukena anak-anak biasanya ditambah kesan lucu dengan gambar yang tidak begitu full di bagian bawah serta lebih memgandalkan warna-warna yang disukai anak-anak. Dalam tahun 2016 ini mukena anak langsung disertai dengan sajadah berukuran kecil dengan bahan yang sedikit lebih tipis agar praktis untuk dibawa anak ke mana-mana.

Warna mukena pun beraneka, mulai dari merah, biru, putih, pink, hingga kombinasi gradasi warna yang biasa terdapat pada mukena bali. Untuk golongan tipe mukena sendiri terbagi menjadi tipe untuk dewasa, remaja, dan anak-anak. Tipe-tipe tersebut dapat memudahkan ketika mencari mukena untuk keluarga, kerabat atau teman.







Sudah menjadi kebiasaan setiap bulan ramadhan tiba, para wanita mencari mukena cantik dan membeli mukena dengan tujuan agar terlihat lebih bersih saat menjalankan ibadah. Maka dari itu produksi mukena akan semakin meningkat ketika bulan ramadhan dan para pemroduksi semakin bersaing dalam mencari ide model bordir dan desain mukena.

Di rumah-rumah produksi biasanya sudah merancang jauh-jauh hari dalam persiapan ramadhan, seperti menambah tenaga kerja atau membeli bahan lebih banyak daripada biasanya. Peningkatan produksi biasanya sampai dua kali lipat semula. Hal ini menjadikan tradisi di Indonesia setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Adapun selain bordir yang menjadi ciri khas mukena Indonesia, yaitu renda yang melingkar di bagian bawah mukena, dalam hal ini sering ditemui pada mukena yang memiliki model potongan bukan terusan.

Dalam momen Idul Fitri, kebanyakan mereka membeli mukena untuk kerabat dengan desain dan warna yang sama atau biasa menyebutnya couple, dengan tujuan agar serasi ketika dipakai. Untuk pilihan lain yang dapat menjadi alternatif pemilihan ada mukena abaya, magnolia, royal syiria, mukena bali, mukena fatimah, mukena jasmine, mukena batik, mukena sutra dan lain-lain.

Untuk mukena etnik di Indonesia banyak ditemui mukena khas India, Turki, Dubai, dan Timur tengah. Mukena-mukena etnik lebih simple yaitu mengemban model terusan, yaitu dari atas hingga kaki tanpa putusan seperti halnya mukena khas Indonesia pada umumnya, warna mukena etnik juga sedikit berbeda yakni menggunakan warna-warna terang seperti hitam, dark blue, light blue, ungu, dan merah bata.

Untuk mukena India sendiri ditambah pemanis berawarna perak atau keemasan di tiap renda atau ujung mukena. Sedangkan khas Timur tengah hampir sama dengan Turki yaitu mukena terusan yang memiliki banyak piluhann warna dan biasanya menggunakan bahan yang lebih lentur atau bahan jatuh yang lebih nyaman saat digunakan bergerak. Juga menempatkan bordir di bagian bawah leher lurus ke bawah sampai dengan bagian kaki. Sehingga menampilkan kesan mukena jenis ini terlihat panjang ketika dipakai.

Demikianlah Model Mukena Cantik 2016 yang dapat menjadi pilihan Anda menjelang bulan ramadhan dan Idul Fitri. Semua model tersebut bisa Anda dapatkan di MatahariMall dengan harga terjangkau dan barang yang berkualitas. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

28 komentar:

  1. Aku lagi pengen beli mukena putih yang polos, mba
    Maksudnya nggak ada renda-rendanya. Kliatannya sederhana banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukena zaman dulu gitu ya? :) Sederhana banget Mbak

      Delete
  2. katun jepang memang adem bahannya. model mukena tiap tahun memang selalu berubah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi aku jarang ngikuti model

      Delete
  3. Kebetulan dong mbak sebentar lagi kan mau bulan puasa jadi pas nih waktunya untuk membeli mukena baru untuk dihadiahkan ke mamah saya.

    ReplyDelete
  4. Tahun kemarin aku gak ganti mukenah, pake yg lama. sptnya tahun ini hrus beli,hehe
    model mukenah yg bunda sebutkan boleh nih jd incaran, cheki jg ah di mataharimall manatau ad yg ccok dan bgus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tahun kmarin juga gak beli kok. :D

      Delete
  5. Model sarung ada gak mba ? soalnya saya cowok :) perlu buat sholah tarawih nanti :) he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ini kan webnya cewek :v

      Delete
  6. Mukena jadi salah satu kebutuhan yang diperlukan menjelang Ramadhan dan Hari Raya ya Mbak..

    ReplyDelete
  7. Saya suka model mukena yang bordiran, tapi yang bordirnya ngga telalu banyak Mbak, soalnya berat juga kalau bordirannya banyak mah. Hehe.
    Kalau untuk mukena bepergian atau traveling saya sukanya yang bahan model parasut, karena gampang dilipat kecil dan ngga makan tempat serta ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak. :D Bordiran paling di badannya aja kecil-kecil.

      Parasut emang ringan, tapi gak enaknya kalo kena angin, mibeer :D

      Delete
  8. Waaah pas banget noh postingannya, mau ramadhan gini biasanya orang-orang pada nyari mukena baru yaaa. Hihi. Makasi sharingnya Maaak

    ReplyDelete
  9. Kebetulan nih sy lg pgn beli mukena

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian beli 2 aja Mbak. Yang satu buat saya. :D #Eh??

      Delete
  10. kalo saya suka mukena yang berwarna putih dengan sedikit bordiran Mba Anisa dan untuk bahannya saya suka yang ringan tapi gak tembus pandang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka yang macam itu, kainnya juga pilih yang adem, biar gak gerah

      Delete
  11. aku masih nyaman dengan mukena katun jepang nih setelahmencoba aneka macam mnukena

    ReplyDelete
  12. Saya juga mau nambah mukena lagi nih mbak Anisa, karena tahun kemarin ngga beli, yang dari katun biar adem dan warnanya polos netral no genjreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya tahun kemarin juga gak beli kok Mbak ;D

      Delete
  13. Sudah lama gak beli mukena baruu, insyaalah mau beli akkh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, wajib sepertinya di tahun ini

      Delete
  14. lagi terpesona sama ademnya katun jepang dan mukena bali.putih lembut dan adem.makasi infonya kak anisa ae.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukena katun Jepang emang bagus banget, kainnya juga suka

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.