4 Tips Hemat di Bulan Ramadhan







Sumber : Google

Anisa AE - Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang spesial bagi umat Islam. Di bulan ini para umat muslim menjalankan puasa sebulan penuh dengan menahan lapar, dahaga, serta nafsu lainnya dari mulai fajar terbit hingga matahari tenggelam. Sejumlah kegiatan dalam mendukung agar Ramadhan menjadi berkah seperti melaksanakan shalat tarawih, berbagi takjil, maupun menghatamkan Al-Quran diyakini mampu meningkatkan amal ibadah.

Di bulan ramadhan sendiri momen yang sering dinantikan adalah berkumandangnya azan Maghrib di mana menandakan waktunya berbuka puasa. #ehm Menu-menu menggunggah selera pun terhidang di meja. Hal ini tentu tidak lepas dari peran ibu yang sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Terima kasih untuk para Ibu. :*

Baca Juga : Tips Membuat Pernak-Pernik Dapur yang Unik

Tidak dipungkiri jika sosok ibu merupakan pengatur keuangan yang andal dalam keluarga. Biasanya mereka punya perincian yang matang dalam mengeluarkan uang untuk setiap kebutuhan yang dibeli. Ramadhan juga menjadi suatu yang berkah, karena biasanya ada sejumlah uang yang memang sengaja disisihkan untuk berbagi dengan sesama.

Beberapa hal ini biasa dilakukan ibu-ibu dalam menghemat keuangan keluarga, khususnya menjelang lebaran beberapa minggu lagi #tunjuk diri sendiri :






1. Mengutamakan Anak
Setiap orangtua pasti punya rasa sayang yang teramat besar pada anaknya, seperti saya pada Asma dan Ilmi. Hal ini juga dibuktikan dengan lebih mendahulukan kebutuhan mereka dibandingkan degan saya sendiri. Biasanya keperluan Ramadhan untuk anak-anak juga semakin bertambah. Bisa berupa urusan membeli baju muslim untuk kegiatan di sekolah atau baju baru di hari Idul Fitri nanti.
Para orangtua, khususnya ibu biasanya lebih memilih menahan keinginan untuk membeli baju baru. Hal ini juga tidak lepas dari keuangan keluarga yang harus dibagi-bagi, terlebih ketika pemasukan sedang seret. Jika menemukan baju yang dipakai para ibu selalu yang itu-itu saja, hal ini tidak lain karena lebih mendahulukan kebutuhan anak dibandingkan dirinya. Jadi, nanti jika ketemu saya dengan memakai baju yang sama, harap tidak komentar. :D

Baca Juga : Anak Cerdas, Bunda Pintar

2. Membeli Sesuai Kebutuhan
Para ibu biasanya sudah memperhitungkan jauh-jauh hari ingin membeli barang apa saja, khususnya yang berhubungan dengan perabot rumah seperti televisi, alamari, dan lain-lain. Semisal untuk menghemat pengeluaran, para ibu lebih rela mencuci baju menggunakan tangan daripada laundry atau memakai mesin cuci. Hal ini biasanya muncul karena ada opsi di mana uang yang bisa saja dibuat membeli mesin cuci dialihkan untuk kebutuhan lain yang tepat guna, contohnya untuk menambah biaya pendaftaran sekolah sang anak. Apalagi saat ini mau mau tahun ajaran baru.

3. Memilih Tempat Belanja
Karena para ibu biasanya suka berkumpul dan saling sharing, lokasi tempat belanja dengan harga miring pun selalu jadi bahan pembicaraan yang segar. Beberapa tempat belanja memberi diskon seperti program paket Ramadhan hemat Alfamartku karena memberikan harga terjangkau, dan tentunya asik untuk didatangi ramai-ramai. Bagaimana tidak apabila barang dengan kualitas serupa bisa jauh lebih murah, tentu hal ini merupakan suatu hal yang menyenangkan karena berefek menghemat keuangan keluarga.

Baca Juga : Menjadi Bunda Cerdas Bersama Alfamartku

4. Incar Diskon dan Bonus 
Siapa yang tidak tergiur dengan diskon gede-gedean, terlebih jika setelah membeli sejumlah produk akan mendapatkan bonus produk lain. Para ibu tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Biasanya para ibu akan memperhitungkan sampai kapan tanggal pemberian bonus itu berlangsung. Di rumah, mereka akan mencatat kebutuhan apa yang rencananya dibeli dan pastinya bisa tepat guna. Semisal untuk menyiapkan keperluan lebaran nanti, membeli sejumlah kue kering dan sirup dengan memastikan tanggal kedaluwarsanya adalah pilihan yang pas apalagi ketika membelinya mendapatkan diskon serta bonus yang menggiurkan. Benar begitu bukan? #kedip-kedip

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

24 komentar:

  1. ibu2 nggak jauh ama yang namany diskon hehe

    ReplyDelete
  2. Yang ke-4 kayaknya ane banget tuh mbak :D
    lagi gencar2nya nyari promo dan diskon. wkwkwk

    ReplyDelete
  3. kalo diskon sama bonus udah pasti mba.
    #terimakasih buat ibu.

    ReplyDelete
  4. Diantara point point diatas yang saya belum pernah lakukan adalah mendahulukan kebutuhan anak mbak, karena saya belum punya, ahi hi hi.
    Tapi tipsnya boleh juga nih bisa dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, kalo gitu dahulukan Ibu

      Delete
  5. Jadi inget ibu kost kalo denger kata-kata diskon...

    ReplyDelete
  6. Enaknya belanja di alfamart itu dekat dengan rumah sehingga kalau ada kebutuhan mendadak tidak perlu pergi jauh dan sudah lengkap ya, mbak Anisa :)

    Diskon memang sangat menggiurkan tetapi harus tetap teliti ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama dong. Di sini juga deket

      Delete
  7. kalaupun saya gak di paksa untuk mengakui akan semuanya, kalau masalah disc & promo saya jujur saja kalau saya suka banget.....

    ReplyDelete
  8. q suka yang diskon biar sedikit hemat mbk..hehehe

    ReplyDelete
  9. Benar mba ibu saya juga mendahulukan anak di banding dirinya sendiri :) Untuk masalah Mengincar diskon saya tidak tahu tuh mba :D tapi memang sih dengan diskon dapat membuat kita lebih hemat :D

    ReplyDelete
  10. bener banget mba.. tempat diskon mah selalu jadi pilihan tepat yak?? kekekekek..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  11. Incar diskon dan bonusss... sayaaa bngett bundaa :D

    ReplyDelete
  12. kebanyakan pas bulan puasa malah lebih konsumtif ya mbaaaa
    memang harus hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi kue lebaran dan baju :D Seperti wajib

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.