Pesona Tiga Pura Mengagumkan di Badung







Anisa AE - Berbicara mengenai Bali pasti yang akan tertuju di benak adalah pesona akan keindahan pantai serta bangunannya. Bangunan di Bali sendiri memang mempunyai ciri khas yang masih dijaga dengan baik hingga kini. Bangunan seperti pura pasti akan mudah kamu temukan mengingat masyarakatnya yang mayoritas menganut agama hindu.


Pura di Bali memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dilihat secara langsung dan mengagumi akan mahakarya banguna tersebut. Maka tidak salah juga jika pura menjadi destinasi wisata budaya yang patut untuk didatangi. Jika kamu sedang berada di Bali, khususnya kabupaten Badung, maka tiga pura berikut ini sangat patut untuk kamu kunjungi.

1. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun

Pura yang pertama adalah Pura Taman Ayun. Pura ini merupakan salah satu peninggalan taman terindah dari Kerajaan Mengwi. Dulunya, pura ini digunakan sebagai tempat untuk menghormati leluhur Mengwi. Taman genter merupakan nama pertama sebelum mengalami perbaikan akibat bencana gempa alam. Pura cantik ini sendiri mempunyai luas 100 x 250 m2  dengan empat ruang pelataran, tiga pelataran bagian dalam dan satu lainnya berlokasi di bagian luar. Ketika masuk di bagian pelataran kamu akan menemukan gapura besar dengan jalan lurus ke bagian dalam. Kamu akan menyeberang menggunakan jembatan yang dihiasi sejumlah arca melewati kolam.

Baca Juga : Keuntungan Mempunyai Asuransi Perjalanan

Semakin masuk ke dalam kamu akan melihat ruangan yang biasanya digunakan sebagai pertunjukan seni. Tidak hanya itu kamu akan terpesona saat menemukan 9 pancuran air. Di bagian tengah pura terdapat arca berjejer dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang dinamakan pura luhuring purnama. Berhubung untuk menjaga kesuciannya kamu harus mematuhi segala aturan jika ingin datang ke sini. Panorama keindahan pura dari luar, tentu sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

2. Pura Keraban Langit

Sumber : Jalan2.com

Pura Keraban Langit adalah salah satu pura penting di Bali. Pura ini sendiri terbilang unik karena berada di tebing sungai. Pura Keraban Langit semakin ramai ketika hari kelahiran atau persembahan di mana digunakan sebagai tempat penyucian, termasuk dalam Pura Dang Kahyangan. Jika masuk ke dalam pura kamu akan menemukan sumber mata air di mana dipercayai masyarakat sekitar mampu membawa berkah.
Pura Keraban Langit yang berada dalam goa membuat sejumlah orang yang pernah berkunjung mengatakan hawanya sangat sejuk. Hal ini disebabkan adanya lubang sehingga angin atau udara dapat masuk ke dalam. Jika kamu ingin mengunjungi pura yang berada di Desa Sading, Kecamatan Mengwi, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Denpasar.

3. Pura Uluwatu

Sumber : rentalmobilbali.net

            Pura Uluwatu atau dalam bahasa Sansekerta memiliki arti Pura Puncak Batu menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Bali. Dalam kepercayaannya, pura yang menyandang status Pura Sad Kahyangan Jagat ini seakan menjadi poros mata angin pulau Bali. Pura ini sendiri berdiri di atas bukit dengan ketinggian 97 km dari permukaan laut. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan yang bagus, seperti hamparan samudra yang luas serta ombaknya yang menghamtam tepian tebing. Pemandangan akan semakin memukau begitu matahari lengser dari peraduan.







            Bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke pura ini akan disuguhkan tari Kecak Uluwatu di mana pemainnya berjumlah lebih dari 50 orang. Tidak sulit menemukan pura yang berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, karena dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi bisa ditempuh dengan jarak 30 menit saja.

Baca Juga : Destinasi Pupoler di Kota Purwokerto

            Membaca ulasan di atas tentunya membuat siapa saja tertarik untuk datang langsung ke Badung. Bagi yang berasal dari luar kota, tidak perlu khawatir akan menginap di mana. Dunia sudah semakin canggih, semua pilihan hotel menarik di Badung ada di traveloka. Booking hotel murah dengan fasilitas menarik banyak ditawarkan aplikasi ini. Jadi, kamu tidak usah bingung lagi. Untuk info lebih lengkap kamu bisa membacanya di Traveloka. Liburan kamu pun semakin tenang dan nyaman.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v





Share on Google Plus

About Anisa Ae

51 komentar:

  1. Jadi pingin ke Bali :) Makasih infonya Mbak Anisa

    ReplyDelete
  2. Pura Taman Ayun cantik sekali ya. Ngebayangin foto2 di sana, alangkah indahnya

    ReplyDelete
  3. Pura yg sejatinya tempat ibadah bisa jg jd taman wisata ya bun, keren yg nmor 1. jd pngen motret kesana :D hehe

    ReplyDelete
  4. Impian banget nih pengen ke Bali ..
    Semoga besok bisa kesana ..

    ReplyDelete
  5. Klo baca Uluwatu, ingatan pertama yang melintas adalah kacamataku yang diembat monyet hahaha

    ReplyDelete
  6. Uluwatu, Bali banget
    Semoga tahun depan bisa ke Bali sama anak dan suami... aamiin

    ReplyDelete
  7. Kayak yang ada di duit limapuluh ribuan ya mbak ?? Hahaha

    ReplyDelete
  8. Whuaa Ggakl fokus nih mba saya kira judulnya ada kata bandung *ehh ternyata Badung :D Pura yang pertama tuh yang menurut saya menarik banget mba. kalau yang kedua itu cukup serem :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dipikirnya saya kelewat N ya? :D

      Delete
  9. Taman Ayun dan Ulu watu pernah ke sana pas aku kecil :D

    ReplyDelete
  10. Badung itu yang ada tempat monyetnya kan ya? Sangeh kalo ga salah inget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya iya :D Itu Mbak Arni kacamatanya pernah dibawa monyet

      Delete
  11. Aku pernah ke Pura Taman Ayun.. Itu fotogenic bangeeeeet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin gak mau pulang ya? :D Apa bikin baterai habis? :D

      Delete
  12. Kayaknya saya belum yang ke Pura Keraban Langit itu.
    memang keren pura-pura itu ya mbak. Jadi kangen Bali lagi.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah ke Bali :(

      Delete
  13. Masih belum bisa move on dri kecantikan pura uluwatu :D

    ReplyDelete
  14. Bali emang punya destinasi yang jadi ciri khas ya mba, seperti halnya pura.. Ah, semoga suatu saat bisa kesana lagi :D

    ReplyDelete
  15. Aku wes pernah ke Pura Uluwatu, jadi kangen pengin ke sana menikmati pemandangan laut Bali dari atas tebing.

    ReplyDelete
  16. Kayaknya pas nich dijadiin tujuan buat bulan madu nanti...

    ReplyDelete
  17. Agustus besok kemungkinan ke Bali, nanti bisa jadi referensi :)

    ReplyDelete
  18. wah baru pernah ke taman ayun. masih banyak yang belum nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke sini mbak. Banyak yang lain juga lho

      Delete
  19. Haha awalnya saya kira itu Bandung, ternyata Badung ya hehe. Mungkin saya masih mengantuk ya, Mbak.
    Wah, sepertinya tempat-tempat di atas instagram-able banget ya, Mbak? Wajar aja sih kalau menurutku itu menjadi salah satu destinasi yang ingin dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi. Cucok banget buat foto-foto

      Delete
  20. Ke Bali baru pertama kali dulu banget pun hanya ke pantai. Itu Pura Uluwatu sunsetnyaa oohh.. indah sekalii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin ke sana lagi gak Mbak? :D

      Delete
  21. amazing mbak... hoalah, saya hanya bisa lihat gambarnya. :D untuk ke sana, entah kpan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama .... Nanti kita touring ke sana aja :D

      Delete
  22. Dari semua yang ada, cuma ulu watu aja yang pernah didatangi. Jadi pengen ke Bali lagi deh..

    ReplyDelete
  23. Kalau dari ketiga pura ini mbak suka yang mana? saya kalau ke Bali cuma lewat doang, belum pernah mampir mbak :(

    ReplyDelete
  24. Saya pernah ke Pure Taman Ayun tuh Mbak. Cuma waktu itu lagi renovasi, jadi kanal airnya ngga kelihatan. Kalau di gambar di atas bagus banget puranya, bisa kelihatan. waktu itu kita fotonya dari pagar luar, ga bisa dari dalam.

    ReplyDelete
  25. Makasi infonya mba, padahal baru masuk kerja. Baca ini jadi pengin liburan...

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.