Tips Membuat Pernak-Pernik Dapur yang Unik





Sumber : Desainrumahkeren.com

Anisa AE - Ingin membuat alat dapur yang menarik? Memiliki peralatan dapur memang keharusan bagi ibu rumah tangga. Hal ini karena menggunakan alat inilah yang akan membantu dalam memudahkan untuk membuat makanan. Namun, terkadang memiliki banyak alat dapur, tetapi tidak memiliki tempat yang dapat menampungnya menjadi satu. Tentu saja akan menyebabkan peralatan tersebut menjadi mudah tercecer dan hilang. Padahal tak selamanya alat dapur yang digunakan untuk menaruh peralatan dapur harus selalu dibeli. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat peralatan dapur tersebut sendiri.

Berikut ini beberapa tips membuat pernak pernik dapur yang unik dari barang bekas:

1. Gulungan lakban bekas
Salah satu peralatan rumah tangga yang biasanya ada yaitu lakban. Apabila sudah digunakan dan habis tentu saja Anda akan dengan mudah membuangnya begitu saja. Mulai saat ini hindari membuat gulungan lakban begitu saja. Hal ini karena gulungan lakban bekas ini masih bisa di alih fungsinya sebagai tempat penyimpanan. Caranya dengan menempelkan bagian bawah dengan kertas karton dan bagian atasnya tentu dengan mudah untuk penyimpan benda yang kecil-kecil dan rawan hilang.

2. Kabel bekas
Tentu saja untuk mengganti kabel yang telah rusak atau aus di rumah membutuhkan kabel baru. Terkadang seseorang membeli dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan. Dengan menggunakannya sebagai persediaannya tentunya kabel akan berantakan jika tidak tersimpan rapi. Untuk itu salah satu cara yang dapat digunakan adalah menatanya ke dalam tempat tissue bekas dan kertas bermotif. Tempelkan pada lakban kertas motif dan rekatkan pada sepanjang kabel yang telah dilipat rapi dan ulang penempelan menggunakan selotip.






3. Tempat penyimpanan alat masak
Ada baiknya apabila perlengkapan rumah tangga seperti sotil, penyerok, sendok, garpu dan masih banyak lainnya. Tips membuat pernak-pernik dapur yang unik dengan memanfaatkan toples bekas yang berbahan plastik. Lubangi dengan besi yang dipanaskan untuk membuat lubang. Atau bisa digunakan dengan melubanginya dengan paku kecil. Tujuannya agar air setelah mencuci dapat keluar.

4. Celemek
Saat berada di dapur tentu saja akan membutuhkan cemelek. Celemek ini digunakan sebagai bahan untuk melindungi pakaian kita terkena noda makanan yang sedang dimasak. Beberapa noda yang biasanya ada misalnya saja percikan minyak, sup atau kuah kare dan masih banyak lainnya. Namun celemek terkadang sulit kita temui apabila tidak di toko besar. Sehingga ada baiknya apabila Anda membuatnya sendiri. Anda bisa menggunakan sisa kain bekas atau pun baju yang tidak terpakai.

5. Alat pengangkat wajan
Alat pengangkat wajah atau panci saat panas tentu sangat dibutuhkan. Cara membuatnya sangat mudah hanya dengan kain dan juga busa bekas. Jahit hingga rapi dan kuat agar bisa dicuci kemudian dipakai kembali setelah kering. Dengan demikian pernak-pernik dapur yang unik akan membantu dalam memudahkan untuk menghindari panas. Selain itu akan lebih rapi dibandingkan dengan kertas koran atau kertas bekas.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v






Share on Google Plus

About Anisa Ae

24 komentar:

  1. hehe, ini bisa jadi solusi buat emak ne... hehehe

    ReplyDelete
  2. sekarang bahan yang sederhana bisa disulap jadi keren ya mbak,kapan hari lihat pajangan rak bekas jadi tempat gantungan..

    ReplyDelete
  3. thanks, Mba Anis, ini bisa buat dipraktekkan di rumah, karena di rumah banyak gulungan lakban bekas, kadang cuma buat mainan, abis itu dibuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi, banyak yang bisa dimanfaatin kalo kreatif, Mbak

      Delete
  4. Artikel ini penuh dengan manfaat dan bisa di manfaatkan buat para ibu rumah tangga kreatif agar dapat kreasi yang mempunyai nilai estetik :) sara dari saya buat artikel ini coba tambahin gambar buat contohnya mba biar lebih menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak punya gambarnya :D Bikinin dong

      Delete
  5. Patut di coba nih mbak...nice info

    ReplyDelete
  6. Sepertinya kalau ibu rumah tangga membaca artikel yang satu ini akan lebih kreatif deh, karena bahasannya memang okeh mbak.

    ReplyDelete
  7. Artikelnya manfaat, pengen nyobain.. etapi ggada contoh gambarnya Mbak Nis..

    ReplyDelete
  8. Aku punya banyak bekas lakban. Bisa dipake juga ternyata.

    ReplyDelete
  9. duh sensasinya, saya jd pengen masak skrg bunda.. hehe :D
    tpi waktunya menjelang berbuka msh lama, keburu dingin ntr hasil masakannya..hehe

    tips diatas msh sebagian nih dirumah saya bun, thanks tipsnya bunda nisa :)

    ReplyDelete
  10. selama ini asal naruh aja di dapur ternyata kalau rapi enak juga.. soalnya kalau banyak barang suka bingung kalau kurang tempat

    ReplyDelete
  11. kuncinya sih sebenarnya pada niat buat kreatif ya. Jadi pakai barang2 sederhana pun akhirnya bisa disulap jadi keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak, innamal a'malu bin niat, gitu kan ya? (kalau salah kutip jangan dituduh penistaan lhoh ya!)

      tapi selebihnya jangan cuman niat, kudu dilakuin (ini yang paling susah kayaknya)

      Delete
    2. Emang kalau memantapkan niat agak sulit. Dibisikin setan males terus soalnya. :D Hahaha

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.