5 Cara Aman Berbelanja Online






Anisa AE - Saat ini di mana era kecanggihan teknologi kian berkembang pesat, segala kebutuhan hidup sudah bisa dijangkau hanya lewat telepon genggam. Tak terkecuali dalam pembelian barang sudah mulai beralih dari yang mulanya harus pergi ke toko, kini hanya dengan duduk santai di rumah, klik pesanan lewat smartphone, barang pun sudah terpesan, dan tinggal menunggu sampai tanpa harus merepotkan diri.

Ya, jual beli secara online memang memiliki banyak sekali kelebihan, namun walau demikian sayangnya tidak semua pedagang online jujur dalam berjualan. Contohnya nih baru kemarin saya TT hape lama dengan tab, eh ternyata tabnya ngeblank. Padahal kami COD-an lho. Hiks, sedih. Begitu deh kalo beli bekas. Akhirnya saya belikan Asma tablet Evercoss ATJ+ Winner Tab S2 warna putih dengan harga 800 ribuan.


Walaupun membelikan Asma dengan harga yang terjangkau, tapi tak ingin salah pilih. Tablet ini mempunyai layar 7.0 Inch dengan resolusi 600x1024 pixels dan dipilih sendiri oleh Asma. Tablet yang sudah beroperasi dengan sistem Android v4.4 dan prosesor Quad Core 1.2 GHz ini memang saya pilih agar bisa main COC dan Pokemon Go! Dengan Ram 1 Giga dan memori internal 8 GB, bisa saya gunakan juga untuk ngeblog. Eh kalo ini mah emang emaknya yang pingin. Hahaha.

Kamera belakangnya 3 MP dan kamera depan 1,3 MP masih mending deh daripada hape jadul saya. Minimal, bisa dukung Asma yang hobi banget narsis. Kan kalau dia punya tab sendiri, tidak akan ribet pinjam punya saya jika akan main game ataupun selfie. Apalagi baterainya berkapasitas 2950 mAh, puas deh tukang liat youtube seperti dia.

Apalagi saat ini banyak sekali toko online yang menjual tablet dengan harga miring, katanya sih barang BM. Tapi kok saya tetap was-was kalau mau membeli barang di online, apalagi tablet. Nah, berikut lima cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan ketika berbelanja barang secara online. Barang elektronik saja aman, apalagi fashion, mainan, dan lainnya.


1. Tidak mudah tergoda harga barang yang super miring.
Hem, siapa sih yang tidak suka produk murah, bagus, dan branded, terlebih jika banting diskon dan harga yang super miring banget? Tapi sebelum benar-benar membelinya periksa dulu, benar tidak sih? Coba cek gambarnya, jika gambarnya asli semisal foto diambil langsung oleh sang penjual dan bukan gambar semisal artis Korea tentu hal ini tidak akan bikin was-was. Tapi jika gambar tersebut merupakan hal sebaliknya kamu patut curiga, bisa saja begitu barang yang dipesan satu contoh baju, ketika sampai, dipegang, ternyata tipis dan tidak sesuai harapan kamu pasti langsung patah hati alias kecewa banget. Tentu hal ini akan membuatmu tidak jadi memakainya dan alhasil artinya kamu sudah membuang sejumlah tabungan untuk hal yang sia-sia bukan? Jadi paling aman serta terpercaya jika membeli barang secara online lihat gambar dan juga harga dulu, jika keterlaluan memberi harga murah kamu patut curiga.

2. Memilih pembayaran aman dengan kartu kredit ketimbang kartu debit.
Melakukan transaksi pembayaran memang paling mudah jika menggunakan kartu, baik kredit maupun debit. Namun untuk pembayaran pembelian barang secara online lebih baik kamu menggunakan kartu kredit ketimbang debit. Kenapa? Hal ini dikarenakan karena kartu kredit adalah ektensi kredit, sedangkan jika kamu menggunakan debit uang akan langsung terambil dari akun bank kamu. Nah, hal ini tentu saja sangat berisiko terlebih jika informasi mengenai debit kamu bocor ke orang lain.





3. Jaga dengan baik informasi penting kamu seputar transaksi pembelian
Membeli barang secara online terkadang kamu diharuskan mengisi form dengan melampirkan data seperti nama, alamat rumah, nomer HP, dan lain-lain. Tidak jarang pula si pemilik toko online ini mengajukan pertanyaan lain. Bagi kamu yang merasa aneh dengan sejumlah pertanyaan yang dirasa mencurigakan, lebih baik untuk tidak mengisinya, atau jika perlu carilah toko online lain.

4. Simpanlah salinan bukti transaksi pemesan barang dengan aman
Selain menyimpan bukti transaksi seperti struk pentransferan uang yang kamu lakukan, sebaiknya kamu juga menyimpan hal lain seperti berkas yang berisi informasi seputar detail transaksi berupa harga, kode barang, dan lainnya. Simpan salinan tersebut dengan aman hingga barang yang kamu pesan sampai di tempat tujuan. Menyimpan bukti transaksi memudahkan kamu untuk klaim.

5. Crosscheck toko penyedia barang sebelum membeli
Memilih perusahaan penjual online dengan tepat merupakan hal paling penting yang mesti kamu lakukan. Crosschek apakah benar toko online tersebut terpercaya dengan melihat latar belakangnya. Bisa juga dengan mengecek apakah ada komplain atau mungkin testimoni baik dari para pembeli sebelumnya, semisal bisa kamu lihat pada fanspage atau web penyedia barang online tersebut. Toko online yang berkualitas biasanya akan melampirkan alamat real atau nomer telepon yang bisa kamu hubungi.


Apabila kamu masih ragu dalam memilih situs jual beli online yang aman dan terpercaya kamu bisa banget mengunjungi situs ini. karena untuk tablet seperti milik Asma, ada gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. Pastinya, banyak diskon yang ditawarkan juga buat kamu.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



Share on Google Plus

About Anisa Ae

22 komentar:

  1. Kalau untuk anak-anak memang tidak perlu muluk-muluk teh Gadgetnya ..
    Aku juga sering COD teh dan sering kec ewa juga, sampe akhirnya aku nemu Buk*Lapa* terus aku ketagihan belanja disana /;/ muehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh. Enakan belanja online ya?

      Delete
  2. Di harapkan dengan membaca artikel mba anisa ini semua pemburu belanja online bisa berbelanja dengan aman dan tidak mengecewakan :)

    ReplyDelete
  3. semoga dengan adanya tips ini para pembeli bisa jeli memilih seller ya mbak :-)

    ReplyDelete
  4. Sekarang ini aku lebih suka belanja online Nis.. enak, gak pake ribet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Gak panas dan capek. Bisa pilih-pilih juga

      Delete
  5. wah ini perlu disimak baik-baik nih mengingat sekarang marak situs-situs yang menawarkan belanja sistem online , jadi belanja online jadi aman barang nyampai kerumah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang online shop bejibun

      Delete
  6. saya juga sering belanja secara online mbak tapi kebanyakan produks pasutri

    ReplyDelete
  7. kalo afa pilihan COD prefer itu sie masih, atau tranfer manual hehehhe

    ReplyDelete
  8. Aku emang mending beli di e-commerce macam blanja.com gitu.. manajemennya lebih bagus dibanding olshop biasa.. tp mau di e-commerce atau olshop biasa, sebelumnya kudu cek testi costumer biar tau kualitas pelayanan olshopnya gimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi banyak juga lho mbak testimoni palsu

      Delete
  9. Wah. Aku gak punya kartu kredit. Masih takut kalap e..

    ReplyDelete
  10. drdulu aku memang lbh seneng blnja dgn kartu kredit drpd debit.. bener mbak, kalo debit takutnya transaksi gagal, tp uang kepotong juga.. pernah ada soalnya.. repot bgt ngurusnya, lbh rempong drpd kalo kartu kredit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, saya mah belum pernah pake kartu kredit sih mbak

      Delete
  11. kalo blanja online saya masih suka transfer via ATM Mba, soalnya belum punya kartu kredit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai e-banking juga cepet kok mbak. Daripada ke ATM-nya :D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.