Penikmat Kopi, Wajib Tahu Ini






Asik ya kalo lagi ngelembur dan harus melek semalaman, kopi setia banget kalo dijadiin temen. Lagi galau juga gitu, sambil duduk di balkon rumah dan sebatang rokok yang terselip di jemari, ngga pernah lupa, di deketnya pasti ada secangkir kopi yang menemani.

Kopi ternyata sudah mengalami peruabahan. kalo dulu cuma dikemas alakadarnya dan hanya jadi minuman bapak tua, kini kopi udah masuk kafe-kafe dan jadi hidangan favorit. Bahkan harganya lumayan bikin kantong bolong.

Suka minum kopi ngga masalah sih. Minta temenin lembur sama kopi juga ngga masalah kok. Namun, ada baiknya kita juga harus tahu, baik buruknya kopi. Karena siapa tahu, di antara kita yang sama-sama penyuka kopi, masih ada yang ngga tahu efek baik atau buruknya kopi.




Nah berikut ini efek baiknya kopi yang perlu kita tahu :
1. Kopi mengandung kafein alami. Kita tahu sendiri kan, kalo kafein juga bagus karena memberikan nutrisi dan antioksidan untuk tubuh.
2. Kafein bisa mengambil glutamat yang menyumbat di otak Anda, sehingga membuat Anda waspada dan siap beraktivitas. Mungkin ini yang bikin kita selalu terjaga setelah minum kopi. Sayangnya, kadang mata emang ngga pengen merem, tapi otak ini udah lelah dan butuh diistirahatkan.
3. Biji kakao kopi berguna untuk melindungi otak. Penyakit otak seperti alzheimer atau parkinson jarang sekali menyerang orang-orang yang sering minum kopi.

Keburukan kopi, di antaranya sebagai berikut :
1. Kopi yang dikeringkan ternyata memberikan dampak negatif bagi kesehatan.
2. Sebagai penyuka kopi, kita harus jeli dan bisa mengetahui kualitas kopi dari aromanya. Kopi yang beraroma sedap, biasanya masih bagus. Tapi kalo kopi yang udah ngga sedap lagi aromanya, biasanya udah ngga bagus untuk dikonsumsi.
3. Perlu kita tahu, kopi juga salah satu pembentuk asal dalam tubuh kita. Keasaman yang lebih bisa meningkatkan penyakit pada otot dan tulang.
4. Kopi merupakan salah satu zat kuat yang bisa menyebabkan penurunan fungsi adrenal.

Nah, pilihan tetap di tangan kita




Share on Google Plus

About ilmi cilik

9 komentar:

  1. Saya kapok minum kopi karena sehabis minum kopi dada jadi berdebar-debar ga karuan. Pernah bergadang sehari semalam gara-gara mau ujian kuliah. Haha, sistem sks Mbak, sistem kebut semalam, terpaksa deh ngandelin kopi. Sejak itu kapok. Hmmm, baru kemarin-kemarin nyoba lagi, tapi ngga terlalu banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jarang banget minum kopi, kalo pas gak adikku bikin

      Delete
  2. wah klo udh pecinta kopi memang gak memedulikan efek baik maupun buruk sptnya bun, lidah lebih menilai sptnya..hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, lebih sehat air putih dong

      Delete
  3. Saya sih bukan penikmat kopi mba tapi saja mau tahu akan hal ini :) Mungkin ini akan sangat berguna di kala nanti saya membutuhkan karena tidak ada ilmu yang tidak berguna di dunia ini :)

    ReplyDelete
  4. Minum kopi hanya sesekali saja, termasuk jarang. Aromanya yang ngangenin.

    ReplyDelete
  5. Aku pas kuliah sering mbak minum kopi, ada deh tiap pagi minum kopi sebelum masuk jam perkuliahan biar mata melek. Tapi kebiasaan ini berhenti juga pas udah lulus kuliah, untunglah.. Hehehe

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.