5 Tips Agar Dilirik Agency Blogger





Anisa AE - Menunggu tulisan ini? Sebenarnya sih ini sudah saya tulis di hape sambil nidurin Michan. Trus pas saya blok dan mau copas ke blog, tiba-tiba kepencet delete. Rasanya sakiiit, pingin makan sandal. Padahal tuh sudah nulis sampai 2 memo lho di hape. Gak kebayang deh gimana capeknya saya nulis di balik aktivitas sebagai IRT.

Sebenarnya sih apa yang menjadi pertimbangan sebuah agency atau pihak marketing untuk meminang sebuah blog?

Sebenarnya awal ngeblog, blog saya 'dilamar' dengab harga 100 ribu per artikel. Itu untuk mempromosikan suatu produk. Jelas dong gak nolak, apalagi feenya setara dengan mengedit satu buku di penerbit indie. Selanjutnya 250 ribu per artikel. Sebuah angka yang lumayan menurut saya, apalagi untuk 300-400 kata.


Kalau saat ini, rate blog ini berkisar di 500 ribu per artikel, bahkan saya mendapatkan 800 ribu per artikel untuk artikel placement saat puasa kemarin. Itu saya melamar agency, PD banget ya? Padahal cuma modal blog. Awalnya dia langsung minta 600 ribu, angka yang sudah luar biasa dan itu diberikan ke saya tanpa nego. Lalu saya minta kenaikan menjadi 800 ribu dengan menjelaskan beberapa keuntungan yang akan didapatkan agency jika menyetujui rate tersebut. Alhamdulillah di-acc.


Sayangnya kemarin saat survey, saya mendapati ada yang mau dengan fee 50-100 ribu saja. Tapi setelah saya cek, ya memang blognya seperti itu. Untuk blog seperti itu mungkin dilirik oleh agency yang hanya membidik backlink tanpa memperhatikan blog tersebut. Ada pula yang kebalikannya, minta fee besar dengan blog yang isinya gitu-gitu aja.

Sebenarnya berapa sih fee untuk blogger? Kalau ini jelas menyesuaikan dengan blognya. Gak mungkin juga agency memilih blog asal-asalan untuk membayar dengan fee yang mahal. Sebenarnya dengan rate yang murah, kita bisa mendapat banyak job. Berbeda dengan rate mahal yang jobnya sedikit. Nah kalo saya sih pinginnya job banyak dengan rate yang mahal juga. Hahaha. Ada yang mau juga?


Setelah saya melakukan survey dan ikut banyak pelatihan dari berbagai sumber (#gaya :D ) akhirnya saya bisa memutuskan untuk merangkum tulisan ini. Yup, tips untuk para blogger agar bisa dengan cepat dilirik oleh agency.

1. Nama Blog
Jangan asal memberi nama untuk sebuah blog, apalagi jika dijadikan com atau sejenisnya. Nama adalah apa yang dipikirkan pembaca tentang blog kita. Misalnya blog keluargabiru dan keluargahamsa, pasti langsung tertuju pada parenting dan tips sekitar keluarga. Blog travelerien dan adventurose langsung ke traveling. Iya kan?

Nah kemarin itu saya mendapati nama blog yang tidak bisa dibaca, alias tidak ada huruf vokalnya. Sulit kan buat mengingat blog tersebut? Apalagi jika ternyata tidak ada niche blog di dalamnya. Ada juga yang namanya panjang seperti kereta. Padahal semakin pendek, akan semakin mudah diingat oleh pembaca.


Kalau blog gado-gado macam saya ini, amannya pakai nama sendiri. Banyak kok akhirnya blogger yang memakai nama mereka untuk membuat blog. Bisa membrandingkan diri pada blog tersebut. Kalau ada orang yang mencari saya, langsung halaman awalnya adalah blog ini.

Oh iya, dengan membeli domain berbayar, blogmu juga kelihatan keren lho. Terlihat banget kalau serius ngeblog.






2. Template
Ini juga penting. Banyak kok template gratis di luar sana yang akan membuat blogmu terlihat manis dan ciamik. Bukan alay bin lebay dan membuat mata sakit. Soalnya saya pernah juga masuk ke sebuah blog (karena tertarik dengab judulnya) lalu out lagi. Mata saya sakit melihat gambar yang berterbangan di layar, latar berwarna gelap dengan tulisan yang juga ikut gelap. Ini gimana saya bisa nyaman bacanya??

Ada juga yang bilang kurang suka dengan blog yang tulisannya warna-warni dengan font acak. Makin bikin sepet. Belum lagi ketika masuk blog tiba-tiba saja dikagetkan oleh musik yang dipasang oleh pemilik blog. Bagusnya bagaimana? Pakai latar putih dengan font standar dan tulisan warna hitam. Bawaannya blogger sudah bagus kok, tinggal dipercantik saja.

3. Tulisan
Tulisan yang unik juga sangat mempengaruhi. Uniknya seperti apa? Dengan gaya bahasa sendiri karena tiap blogger punya gaya bahasa yang berbeda. Tidak terlalu baku juga sih. Seperti blog saya ini, kalau yang tulisannya baku, bisa ditebak deh artikel apa.

Baca Juga : 7 Keuntungan Ngeblog

Pastinya jangan copas tulisan orang lain. Hari gini masih copas? Ke mana aja??? Selain tidak ada keunikan di dalam tulisannya, terlihat banget kalau kita tidak kreatif. Trus kalau tidak kreatif, minta fee besar?? Jangan harap deh.


4. Lengkapi
Lengkap blogmu dengan beberapa keterangan di dalamnya. Misalnya kontak, privacy police, grup yang diikuti, fanspage, twitter, about, alexa, dan lainnya. Jadi saat agensi masuk ke dalam blogmu, akan punya sebuah gambaran dengan melihat kelengkapan di sana. Eh jangan sepelekan about dan kontak ya .... Kan gak mungkin tuh agensi cari-cari kontakmu sampai lubang semut.

5. Optimasi
Setelah semua selesai. Kita lakukan optimasi pada blog. Misalnya seperti memperbanyak tulisan dan bewe. Jangan lupa share blogmu ke sosmed. Gak bakal ada yang tahu kamu punya blog jika tidak dishare.

Seharusnya di mana? Bisa di mana aja. Grup FB, twitter, dan akun-akun yang lain agar blogmu banyak pengunjung. Jangan sampai malas membagikan link blogmu. Misalnya nih saat nulis soal parenting,  bagikan di grup ibu-ibu. Kalau soal travelling, bagikan di grup yang sejenis.



Setelah semuanya selesai, jangan lupa berdoa agar dilirik agency. Eh tapi setelah dilirik, jangan langsung minta tinggi. Ya standar gitulah. Jangan tiba-tiba minta 500 ribu untuk blog yang baru dioptimasi. Kabur dong agencynya. Kalau status blog kamu sudah tinggi, bolehlah mulai kasih harga tinggi pula.

Lha kemarin kok saya woro-woro dengan fee sedikit? Itu cuma buat yang minat kok, soalnya kan banyak pula yang mau, walau gak sedikit juga yang nolak. Apalagi kemarin saya nego harga tidak bisa karena budget hanya segitu.

Nah buat yang mau dilirik dan dapat fee besar, bisa banget deh nyoba tips ini. Intinya, HARGA = KUALITAS.

Tapiii sangat disarankan untuk MENOLAK JOB REVIE DI BAWAH 100 RIBU. Kenapa? Ya agar kita kompakan dong mau kasih harga mahal. Masak iya sudah susah-susah naikin status blog kita, bayarannya gitu-gitu aja? Belum lagi capek nulisnya. Ini disarankan lho ya, bukannya tidak boleh. Kenapa saya sarankan ini?

Ya agar saat ada yang melempar job, agency itu sadar kalau semua blogger juga patut untuk dihargai. Kalau untuk placement, bolehlah dipikir dulu. Apalagi saat ini tuh agency memilih blogger dengan spam score di bawah 5. Kalau kita terima job terus dengan harga murah, tanpa diimbangi dengan artikel unik atau link masuk yang seimbang, bisa jadi spam score di atas 5 dan apa yang terjadi? Kita juga yang didepak oleh agency.

Dengan memberi harga mahal, jika tidak ada job, kita bisa mengisi dengan artikel lain. Ini untuk mengimbangi job artikel pada blog kita. Toh nantinya akan ada juga dengan kita melamar. Bayangkan jika banyak blogger yang mau diberi harga murah, otomatis agensi pilih yang murah dong. Lama-lama harga blogger juga bakal turun. Walau tidak menutup kemungkinan, agensi yang tahu itu mengerti mana blog yang 'berisi' atau tidak. Kalau bukan kita sendiri yang menghargai, lantas siapa lagi?

Baca Juga : Broken Link, Penyebab dan Cara Menghapusnya

Oh iya, saya mau bagi-bagi media kit gratis nih. Sudah ada isinya dari saya, tinggal dihapus, dan ganti beberapa yang sesuai dengan kamu. Memang untuk apa media kit? Ya agar brand atau agensi gak tanya-tanya lagi berapa fee untuk blogger saat mereka tertarik. Selain itu, media kit atau portofolio blogger bisa digunakan pula untuk melamar job review agar mendapatkan fee yng besar.

Yang tertarik, bisa inbox di FP Anisa AE (ada aplikasinya di bawah sendiri) dan jangan lupa like FP-nya. Saya tidak menerima inbox si FB pribadi, takut ketimbun inbox yang lain. 

Oke! Sekarang waktunya bikin blog kita menarik agar dilirik agency. Siap?

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

191 komentar:

  1. nomor 2. template, buatku itu susah banget. sering banget gonta ganti template tapi seringnya gak sreg, hikss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sering ganti-ganti template mbak eri, gak bakal ada habisnya, dan itu jelek buat trafik blog

      Delete
    2. Iya, jangan ganti-ganti mbak

      Delete
  2. wihhh sedepp betuull bun, 500ribu per artikel.
    mantab ya bun bisa bikin artikel dan kerja dibayar sgitu stiap hari oleh agency.
    saya blum prnh buat artikel paid gtu, gak bisa nulis bun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bakal dapat dari adsense. Niche blogmu kan bagus

      Delete
  3. Terima kasih banyak untuk sharingnya ya mbak Nisa :D

    ReplyDelete
  4. template, Mbak
    aku belum nemu yang cucokkk :(

    ReplyDelete
  5. wah keren mba... aku bookmark. tfs yaa

    ReplyDelete
  6. Wah saya banyak belajar di sini, mau dong mbak aplikasinya . saya add belum di konfirmasi @Ria_Bilqis

    ReplyDelete
    Replies
    1. inbox ya mbak. Bukan aplikasi kok

      Delete
  7. Belum nemu template yg cocok saya Mbak.. hiks...
    Btw spam score itu apa ya Mbak? Ngeceknya di mana?
    *eh apa googling dulu ya... :)

    Makasih banget Mbak share ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, PM aja mbak buat tanya-tanya :D

      Delete
  8. Wow! Mbak Nisaaaa.... asli ngiler aku hehehe.
    Trims banget buat tipsnya yaaa...

    ReplyDelete
  9. Wah, semoga dengan artikel ini, agency semakin melirik blog kita ya mbak. Alhamdulillah, kalau agencynya mampir

    ReplyDelete
  10. Masih belum bisa kalau buat tulisan yang unik mbak, masih harus banyak latihan. Tapi makasi banyak buat tipsnya mbak, ini berguna banget buat aku yang pengen dapet job lewat blog. :D

    ReplyDelete
  11. Aku males banget share artikel di sosmed.. ckckck

    Aku nunggu job dari mbak anisa aja wes, haha

    ReplyDelete
  12. Horeee nama blogku disebut, tapi kok gak dikasih backlink sih wkwkwkwk #kidding

    Alhamdulillah akhirnya artikel ini tayang, semoga blogger2 makin bnyak rejekinya, dan agensi2 makin banyak yang menghargai blogger sesuai effortnya ya mbak:D

    Nice sharing thx :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, mau backlink to? :D Tungguin, nanti tak ganti. Soale kalo nulis via hape gak bisa ngasih backlink

      Delete
    2. Wkwkwkwk just kidding Mbak Nisa :))

      Delete
  13. Hallo, Mba Anisa salam kenal.
    Makasih,mak untuk infonya. Saya tertarik banget Mak, dilirik agency blog, yah tapi update z jarang.
    Soal template juga belum dapat yang cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. :)

      Yuk mulai perbaikan.

      Delete
  14. Lagi belajar melakukan optimasi blog neh saya :)
    Eh, itu henponnya sampai tujuh ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu hape jadul, gak bisa dipake. Cuma buat aksesoris foto doang.

      Delete
  15. Sangat setuju kualitas blog menentukan rate card..bermanfaat banget artikelnya mba, noted !

    ReplyDelete
  16. Aku pribadi masih merasa template-ku kurang sreg, ditambah nggak bisa munculin itulo widget viva. Sepertinya perlu diganti biar muncul. Haha. Artikelnya menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Hihihi..iya Mbak..kadang suka bingung, liat job blogger bertebaran harganya 50rb doang. Placement artikel aja kayaknya berat juga..karena mereka mintanya do follow. Akhirnya..ya sudahlah...ngeblog ga selamanya harus cari duit kan Mbak...walaupun mutlak pengen dapet duit dr ngeblog..xixixi.

    ReplyDelete
  18. Seneng banget baca artikel ini...nambah wawasan...thanks ya mba

    ReplyDelete
  19. Tulisan keren mba, catet ah. Makaaih tipsnya.

    ReplyDelete
  20. Syarat ninggiin harga itu apa mbak? Mis kita pede kalo udah alexa brp, page views brp kira2?

    ReplyDelete
  21. Hah ada ya nama blog yg nggak ada huruf vokalnya? Terus gimana cara bacanya yah hahahaha. Aku juga suka out kalau nemu blog yg fontnya tiba2 beterbangan. Pernah, suatu saat kaget masuk blog tiba2 ada lagu kenceng banget, mana lagunya metal yg bener2 ngagetin. Aku shocked. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Kirain cuma aku aja yang gak suka.

      Delete
  22. keren bangeet udah dilamar segitu.. mauu.. iya nih blm bikin domain2 juga aku, msh bingung pilih nama yg cocok *galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istikharah buat nentuin namanya. :D

      Delete
  23. Aku share ya mba, buat pengingat juga nih.

    ReplyDelete
  24. Wah mantep deh Mbak, kasi 10 jempol he he.

    ReplyDelete
  25. Mentorku yang satu ini memang te op pe be ge te dahhh...mbak nisa bagaimana dengan nama blog ku...bwahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Nama blognya udah kece kok

      Delete
  26. Trus hepi banget kalo ketwmu brand atau agency yang ga pake nawar karena mereka sudah berkunjung ke blog dan kepoin isi blog kita sendiri. Hihi.

    ReplyDelete
  27. Mba, biar dilirik gitu apakah ada standart kunjungan minimal blog kita? Masih awam banget nih saya ~

    ReplyDelete
  28. Guna banget mbaaaa, makasih yaaah. Oh ya belum follow semuanya punya mba... Bookmark..

    ReplyDelete
  29. Sepakat, mbak Anisae. lha aku sendiri selama ini belum berani nglamar ke agency, gak pede, haha... ternyata bisa ya gitu? ngga melulu kita yang dikontak duluan.

    ReplyDelete
  30. Informatif sekali mba, aku mau dong media kit nya

    ReplyDelete
  31. wah tipsnya bermanfaat banget Mbak Anisa. makasih sharing ilmunya, buat blog yang baru dioptimasi kayak aku bagus banget ini insightnya. Sempet dapet yang di bawah 100K tapi nggak aku ambil hehehe berarti udah betul yah?

    Mau info2nya & media kitnya juga Mbak Nisa:D

    Salam kenal, Ifa
    www.imusyrifah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ... salam kenal juga. Udah bagus banget kok. ^^

      Delete
  32. Noted mba. Bener euy yg kedua templates itu agak riweuh ngurusnya, xixi *plaak

    ReplyDelete
  33. Seneng deh kalau mba Anisa udah mulai share masalah blog lagi. Soalnya saya banget ini

    ReplyDelete
  34. kmrn aku dpt tawaran utk placement, malah g hrs ngapa2in, semua udh dr mereka, aku tinggal publish tok, dan bayaran lumayan, ga setinggi mbak juga sih :D ... sesuai pula ama niche blogku mbak, traveling dan kuliner. Tapiiii stlh baca draft yg mrk bikin, kok malah ga sreg krn kaku bhsanya, dan di situ ditulis seolah2 aku prnh dtg ke tempat yg mrk mau post, padahal kenyataannya blm prnh :D..

    nah ga bisa tuh aku nulis something yg sbnrnya aku blm prnh rasain.. jd terpaksa deh draftnya aku ubah, kali ini aku bikin ini salah satu bucket list yg mau aku singgahin, jd ga bohong jugakan isinya :D.. hihihii... niat awal ga mau repot padahal ;p.. untungnya agensinya setuju ama draft yg aku bikin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Aku udah nengokin kok artikelnya. :D

      Delete
  35. Alhamdulillah sekarang sudah berdomain udah mulai ada job menghampiri.. eheheh
    Tapi mesti banyak yang diperbaiki

    ReplyDelete
  36. Seperti matahari, sangat terang bin jelas alias clear...

    ReplyDelete
  37. Selama ini baru sekali dapat tawaran mbak, Alhamdulillah :-)
    untuk masalah template sendiri akhirnya saya memutuskan untuk beli yg premium ajalah selain beda ya lebih aman diotak ataik.
    Awalnya juga dulu pusing mikirin template. Hehehe..
    Wah boleh tuh mbak tutornya dicoba ahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Alhamdulillah udah dapat job

      Delete
  38. Wuaaah manfaat sangatsss. Trm kasih, mbak. Bw dunk mbak, minta daryik template blogku. Bikin sakit mata, gak?
    Byw baru tw jg. Ternyata backlink itu bikin spam ya mbak? Hmm jd pikir2 kalo ada yg nawarin di bawah 100... salam kenal ya mbak. Folbek mbak

    ReplyDelete
  39. Hehehe.... namanya rezeki saya terima mba, ga perduli alexa saya brp nilainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah individu masing-masing kok

      Delete
  40. makin mantap nih mbak nisa. makasih tipsnya ya.

    ReplyDelete
  41. wahhh asikkkk langsug semangat lagi hahay

    ReplyDelete
  42. Wah kerennn tulisannya mba..aku jd belajar banyak..makasih sdh sharing ya

    ReplyDelete
  43. Wah, saya dapat ilmu banyak disini. Karena saya baru beberapa bulan ngeblog lagi jadi emang belum niat monetize sih, mbak. Apalagi masih sibuk ngurusin bocil-bocil. Jadi ya ngeblog sebisa dan selonggarnya. Sambil belajar juga. Makasih sharingnya, mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak.Saya juga gitu kok. Ngeblog di sela-sela ngurusin 2 anak

      Delete
  44. Waah saya ratenya ga jelas gede pernah dapet, yg 100 juga diembat hihi.. kurang dari 100 ribu emang kekecilan ya. Terima kasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  45. aah! Nice tips, setuju sama yang kalau bisa tolak yg nawar kemurahan hahaha..semoga bisa semakin di lirik agency macem mba Nisa <3

    ReplyDelete
  46. Terima kasih sharingnya Mbak Annisa AE, kalau lagi senggang mau dong dikasih masukan buat blog saya dari yang udah expert :D

    ReplyDelete
  47. Langsung betah disini, banyak info yang didapet makasi mba :) salam kenal ^^

    ReplyDelete
  48. Belum pernah dapat tawaran nih mba anis, ehehehe.. makasii banyak yaa tips2nya.. seneng deh berkunjung ke blog ini.. jadi nambah ilmu.. :D

    ReplyDelete
  49. alhamdulillah.. satu per satu sudah banyak yang dilirik agency yah hihih semoga yang lain nyusul

    ReplyDelete
  50. Hhaa gak enak banget mba udah cape-cape nulis di handphone dan di blok mau di copy malah kepencet delete :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Tapi hasil tulisannya makin bagus

      Delete
  51. Pengen sekali, bisa isi blog dengan tulisan yang berkualitas. Harus memeras ide lebih keras lagi he he he

    ReplyDelete
  52. Nulis udah capek2 tapi bayarannya ga sesuai itu bikin nyesek yaa

    ReplyDelete
  53. Lirik saya dong kakak agency :D

    ReplyDelete
  54. Mantep tips nya.. tapi itu sudah ditulis susah-susah di hape, pake acara kehapus segala. Sakitnya dimana-mana

    ReplyDelete
  55. Widiw. 8rts rebeng. Sedep benerrr. Sebanding sama usahanya juga sih. Hihi

    ReplyDelete
  56. Sip banget tulisannya Mbak. Masih bingung pilih template yang kayak apa :)

    ReplyDelete
  57. Aku juga mb nisa, template suka susah yang sreg di hati, mentok2nya bawaan blogspot, pernah edit tapi singkronisasi rata kanan kiri jdi ga imbang huhu

    ReplyDelete
  58. nama blog saya udah oke, tp alamat emailnya blum euy huhuhu

    ReplyDelete
  59. Sebenernya fee berapapun selama itu worthy gak masalah buat dikerjain, besar kecil fee itu tergantung persepsi masing2 individu sebenernya :)

    ReplyDelete
  60. Mantap share nya mbak Anisa :)

    Kalau blog saya masih polosan nih, jadi kepikiran untuk memoles dikit-dikit biar lebih hidup gitu, hehe

    ReplyDelete
  61. mmhhh kpn ya bisa dpt job review, pengen juga neh dpt penghasilan dri blog... klo ad agency yg butuh blogger, boleh dong di lirik2 dlu blog gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Kalo blogmu bagus, pasti ada yang datang kok

      Delete
  62. wah keren
    aku belum pernah dpt placement 800 ribu :D
    mentok di angka 500 ribu untuk review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak lho yg lain yg lebih gedhe feenya

      Delete
  63. Plg lelah ganti2 template...
    Alhamdulillah sdh Nemu yg lumayan. Aq

    ReplyDelete
  64. siip tipsnya...dan saya sangat setuju ...jangan mau dibeli dengan harga dibawah standar ..mengingat tulisan kita adalah kreasi dan seni, dan seni itu mahal harganya...iya kan?

    ReplyDelete
  65. setuju dengan 5 tipsnya..

    mba nissa niy emang ya keren uy! sukaaa!!

    ReplyDelete
  66. lagi belajar biar bisa kayak mba,,makasih banget sharing nya, tulisan lainnya juga aku baca. Keren2 parah..

    ReplyDelete
  67. Blogku masih banyak kekurangannya. *ngaku deh.
    Suka sama tulisannya. Jadi semangat nulis.

    ReplyDelete
  68. mba Anis master banget masalah beginian,
    saya masih mempelajari tentang agnecy nih mba,
    mohon bimbinganya muehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi belajar kok. Reminder buat diri sendiri

      Delete
  69. Waah keren..bisa ngelamar agency ya ternyata Mbakk...Nice tips mbak.

    ReplyDelete
  70. Harus banyak belajar sama Mba Anisa nih biar aku juga bisa dilirik brand trus abis itu nggak diphpin karena email tak kunjung dibalas, hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya .... bakal ketemu jodohnya kok

      Delete
  71. Makasih tipsnya Mba.. :) harus lebih semangat nulis lagi nih.. ^^

    meskipun saya newbie.. tapi saya juga mikir2 kalo dikasih fee dibawah 100rb apalagi nulis sendiri. hehe

    ReplyDelete
  72. Ane lom pernah dapet review mbak.. hehe. moga aja bisa dapet :D aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakal dapet kok kalo kamu baca-baca di sini

      Delete
  73. wow bingit bayarannya mbak...


    Pernah sih dapet job senilai 2 juta untuk review sekaligus membuat mikroblog dan twitter... Alhamdulillah belum dapet yg senilai itu lagi :)
    dan sekarang, kalau nge review saya cuman pasang tarip 50 rebu sajah.... hehehe...

    BTW, tipsnya oke mbak... saya terapken ah....
    matur nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayarannya lumayan. Tapi kok sekarang malah turun ya??

      Delete
  74. alhamdulillah, dapat ilmu berkarya lagi...
    terimakasih sudah melirik di blog-ku, mbak; masih harus blajar tanda baca dan blajar ngeblog lagi... :)

    ReplyDelete
  75. Tipsnya dahsyat banget mbaaak. makasih yaa

    ReplyDelete
  76. Saat mastah turun gunung, langsung bagi2 ilmu tingkat tinggi,,hahahhaa *apasih*

    Mba Nisa pinter deh bikin postingan long lasting kayak gini. Ajarin Mbaaa :*

    ReplyDelete
  77. Itu job review, Nis. Kalau artikel gimana? Sering banget lihat yang harga per artikelnya cuma cukup buat beli gorengan. Aku sih terus terang, lihatnya aja sedih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji penulis artikel udah pernah aku tulis Mbak. Di post sebelumnya.

      Delete
    2. http://www.anisae.com/2015/12/gaji-penulis-artikel.html

      Delete
  78. Informatif banget mba, memang punya blog kudu dikelola layaknya punya bisnis yaa :)

    ReplyDelete
  79. Optimasi jd PR. Kdg malesnya kumat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ... Apalagi pas kerjaan rumah numpuk

      Delete
  80. mau dong mba, media kit nya...biar tambah pinter, bagaimana caranya?
    artikelnya sangat bermanfaat, jadi bisa membayangkan "pendapatan seorang blogger yang udah jadi" hehe ..makasih sebelumnya
    NB : saya sudah follow blognya dan G+

    ReplyDelete
  81. Harus sering2 main ke blog-nya mba Nisa nih, biar saya makin pinter ngeblognya, hehe...

    ReplyDelete
  82. Mulai menyimak artikel dalam blog ini. Mencerdaskan sekali. Makasih sudah berbagi. Salam.

    ReplyDelete
  83. Duh mba...sampe cape scrollnya komen nya banyak banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ... hitung-hitung senam jari biar sehat .:D Hehehehe

      Delete
  84. Waaah bermanfaat banget nih buat aku yang masih newbie hihihi

    ReplyDelete
  85. Lagi nyari banyak ilmu buat jdi blogger, makasih infonya mbak. ....

    ReplyDelete
  86. Terimakasih banyak mbak ilmunya salam kenal :) Jadi makin semangat ngeblog

    ReplyDelete
  87. Luar biasa pembekalannya.
    Langsung aku share di FB.
    Siap-siap dapat pesan bertubi-tubi dari diri ini :)
    Btw, template blogku sudah SEO friendly kah?
    Soalnya, nganu... masih yang gretongan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, sudah kok. Punyaku ini juga gretongan

      Delete
  88. Mantap sekali artikelnya Mbak...

    https://salam30.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.