Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi yang Mempesona





Danau Gunung Tujuh
Anisa AE - Danau Gunung Tujuh di Jambi ini terletak di Gunung Tujuh. Tepatnya, di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Jambi. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari Jambi menuju ke Pelompek setelah sebelumnya melewati Kota Sungai Penuh. Secara pandangan geologi, Danau Gunung Tujuh merupakan kaldera, atau danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi.

Danau Gunung Tujuh juga disebut sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara, dengan ketinggian 1.950 mdpl. Seperti namanya, Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang dikelilingi oleh barisan pegunungan berjumlah tujuh buah. Yakni, Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 mdpl, , Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2.418 mdpl, Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2.469 mdpl, Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2.330 mdpl, Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 mdpl, Gunung Lumut dengan ketinggian 2.350 mdpl, serta Gunung Selasih yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl.


Di Danau Gunung Tujuh ini, menyimpan sebuah mitos. Menurut masyarakat, danau ini termasuk danau keramat. Karena dihuni dan dijaga oleh makhluk gaib yang berbentuk seperti manusia yang bernama Saleh Sri Menanti dan Lbei Sakti. Selain itu, ada juga para pengawal daripada makhluk gaib tersebut yang berbentuk harimau.

Akses ke Danau Gunung Tujuh

Untuk menuju kawasan danau, terdapat 2 jalur yang bisa Anda pilih, yaitu:
Jalur pertama, dari gerbang pos jaga Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki kondisi medan landai, namun jarak tempuh yang akan Anda lalui lebih jauh, memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Jalur kedua, dari belakang wisma Gunung Tujuh, memiliki jalur yang relatif sulit dengan kondisi medan yang terjal dan curam. Namun hanya memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan.

sumber





Akomodasi Wisata Danau Gunung Tujuh

Berbicara mengenai akomodasi, rasanya tidak ditemukan fasilitas penginapan atau hotel yang bisa Anda pesan sebagai tempat menginap, dan mungkin akan lebih menarik jika Anda mendirikan tenda di tepian danau untuk menikmati keindahannya pada malam hari.

Bagi Anda yang memilih penginapan mungkin Anda bisa mencari home stay yang berada di Desa Pelompek, tetapi bagi yang ingin mencari hotel Anda bisa mendapatkannya di Sungai Penuh, mungkin saat Anda perjalanan pulang.


Terkait dengan kuliner, tak perlu khawatir, karena di desa sekitar menuju lokasi danau Anda dengan mudah menemukan kedai yang menyediakan berbagai makanan khas seperti gulai ikan semah, lemang dan lainnnya. Kuliner lain yang perlu Anda coba adalah dengan memasak sendiri ikan tangkapan atau beli dari nelayan yang mencari ikan di danau tersebut.

Danau ini menjadi sumber mata air dari Sungai Batang Sangir serta Air Terjun Telun Berasap, yang mengairi ribuan hektar lahan pertanian masyarakat di beberapa Provinsi Sumatera. Bukan hanya ketinggian dan keindahan alamnya yang mengagumkan, namun kejernihan air Danau Gunung Tujuh, juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, air Danau Gunung Tujuh merupakan air baku terbaik di Asia Tenggara, sehingga dimanfaatkan oleh PDAM Tirta Sakti Kerinci.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

22 komentar:

  1. wiih... serem juga ya sama penunggu danau gunung tujuh-nya :) banyak wisatawannya gak mba?

    ReplyDelete
  2. Pesona danaunya indah dan bkin kagum bunn.. ini dijambi ya, bru tau di jambi ada danau..tertinggi pula..hehe
    bru mampir, templatenya keren bun..cakkep :))

    ReplyDelete
  3. duh kece abiz ini danau...semoga nanti bisa sampai sana juga hehe

    ReplyDelete
  4. Wow danaunya sangat luas ya mbak Anisa, mengingatkan pada danau Toba. Hebatnya danau ini dikelilingi 7 pegunungan. Tujuan wisata yang rekomended nih :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. wah lihat gambarnay keren dan pastinay di sana adem , enak duduk2 di tepid anau dan bisa bikin puisi aku mah

    ReplyDelete
  7. Jambi juga mempunyai tujuan wisata keren ternyata ya Mbak. Danaunya keren ya, dikelilingi gunung-gunung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu wujud kekayaan Indonesia

      Delete
  8. Kemping di tepi danau?? Hmm menarik!

    ReplyDelete
  9. Bikin penasaran wae mbak. ayo siapa yang mau join buat jalan kesana??? yuk ah

    ReplyDelete
  10. cantik nian mbak danaunya..asyik ya kayaknya naik perahu disitu

    ReplyDelete
  11. waw, deket Kerinci ya mbak? Penasaran, masya Allah kerennya itu loh :) kemping bisa kali ya mbak?

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.