Tempat Wisata Murah di Ibu Kota Jakarta





Anisa AE - Banyak orang di luar Jakarta mengira wisata di Ibu Kota Jakarta mahal, karena Jakarta memang identik dengan sesuatu yang mahal. Apadahal tidak semua benar-benar mahal, meskipun itu terletak di Ibu Kota atau jantung Kota Jakarta. Selain kuliner, banyak tempat wisata yang benar-benar murah atau ramah di kantong. Walau pun letak wisata tersebut di lokasi Jakarta yang strategis, seperti Taman Suropati yang hanya berjarak 1.5 km dari hotel mewah berbintang lima Shangri La Hotel Jakarta.

Jadi kira-kira apa saja tempat wisata di Jakarta yang ramah di kantong, mari kita telusuri:

1. Taman Suropati




Taman Menteng Suropati adalah taman di tengah kota Jakarta yang cukup terkenal di antara taman-taman kota lain di Jakarta. Taman ini menyuguhkan pemandangan yang asri, terutama jika mengunjunginya di sore hari hingga malam. Apalagi jika malam weekend, banyak sekumpulan seniman jalanan yang mempertunjukkan seni musik di sini.

Tentu musik yang dibawakan cukup bagus dan menghibur, karena menggunakan alat musik lumayan lengkap, termasuk biola. Sehingga kehadiran seniman jalanan ini ditunggu-tunggu pengunjung Taman Menteng Suropati. Untuk mengunjungi taman ini tidak dipungut biaya, kecuali parkir.

2. Museum Nasional



Museum yang tidak jauh dari tugu Monas letaknya mudah dijangkau dari arah mana pun, jika dari Shangri La Hotel Jakarta, jaraknya hanya 4,3 km. Cukup sepuluh menit berkendara jika tidak macet. Museum Nasional juga sering disebut sebagai museum Gajah karena terdapat patung gajah di depan museum. Patung tersebut hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn, terbuat dari perunggu.


Selain terdapat peninggalan meriam jaman kolonial, Museum Nasional banyak terdapat koleksi arca-arca kuno dari yang kecil hingga besar, seperti arca Arca Bhairawa yang memiliki tinggi sekitar 4 meter. Juga koleksi miniatur rumah adat, pakaian adat di seluruh Indonesia.

Museum yang sangat lengkap ini harga tiket masuknya hanya :
Dewasa: RP.5000/ orang
Anak-anak: RP2000/orang
Wisatawan asing: Rp.10.000/orang


3. Monumen Nasional (MONAS)

MONAS yang pada puncaknya dilapisi emas 24 karat, merupakan icon atau landmark Ibu Kota Jakarta yang sangat populer. Monas merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi, karena selain tiket masuknya murah, di area Monas banyak terdapat taman-taman cantik, seperti Taman Pandang Istana. Lapangan yang luas untuk anak-anak bermain, memiliki tempat yang menjadi spot foto, terdapat museum juga dan kita bisa memandang Jakarta dari puncak Monas.

4. Masjid Istiqal







Masjid Istiqal yang dibangun atas prakasa Presiden RI pertama Soekarno ini, merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Namun dirancang oleh Arsitek beragama nonmuslim, Frederich Silaban. Masjid Istiqal memiliki kubah yang sangat besar dan sangat indah, jika kita tengah duduk atau sholat di bawahnya terasa menjadi begitu kecil. Selain kubah besar yang ditompang pilar-pilar tinggi dan kokoh, mata anda akan dibuat kagum pada ornamen geometrik berbahan baja yang tidak bisa berkarat.


Masjid Istiqal diperkirakan mampu menampung jamaah sekitar dua ratus ribu lebih, dan setiap hari besar umat muslim di masjid ini mengadakan siaraan keagamaan. Presiden Indonesia juga kerap menjadi iman di Masjid Istiqal pada hari-hari besar, seperti Idul Fitri. Untuk mengunjungi Masjid Istiqal sudah tentu gratis.


5. Pasar Tanah Abang

Berlibur atau berwisata jika tidak shopping rasanya tidak lengkap, maka di Jakarta ini terdapat satu tempat berbelanja yang sangat murah. Terutama jika anda berbelanja barang sejenis secara grosir atau dengan jumlah lebih dari dua, atau bisa juga dengan cara menawar sesuai kesepakatan. Pasar Tanah Abang banyak dikunjungi pembeli lokal maupun asing yang berbelanja untuk dijual kembali.

6. Kota Kasablanka

Meski termasuk mall terbesar dan terlengkap di Jakarta, Kota Kasablanka yang terkenal juga dengan sebutan KOKAS memiliki tempat-tempat shopping dari yang berharga mahal hingga strandart. Tempat makannya juga tersedia dari yang mahal hingga murah, jadi anda yang ingin menikmati hangout di sini bisa memilih sesuai budget.


Jika anda sedang berlibur di Shangri La Hotel Jakarta, ada baiknya mengunjungi tempat-tempat wisata ini, selain murah, mengasyikan, beberapa memiliki muatan pengetahuan. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

7 komentar:

  1. aah, baca artikel ini, jadi pengen ke Jakarta lagi :( dulu pas kerja di Jkt, belum sempet main di Taman Suropati.

    ReplyDelete
  2. Taman menteng sama taman suropati ga dipisah aja? itu dua taman loh :-)

    ReplyDelete
  3. memandangi Taman Suropati, saya jadi terkenang pada neng Lulu yang telah memilih pria lain untuk menjadi pendamping hidupnya dan jadi ayah dari anak-anaknya, padahal Taman Suropati itu adalah tempat kita saling berpelukkan mesra menautkan janji sehidup semati...oh neng Lulu ku, masih ingatkah engkau pada Taman Suropati kita itu?...eh

    ReplyDelete
  4. tak ikuti blognya jadi no 266, boleh?

    ReplyDelete
  5. Saya baru pernahnya ke monas sama istiqal Mbak. Eh, tanah abang juga deng Mbak... Paling asyik tuh di Tanah Abang... Brother Land...xixixi. Bisa kalap tuh Mbak.

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.