7 Tips Lengkap Membeli Air Conditioner Bekas Agar Tidak Tertipu Harga AC Murah






Anisa AE - Air conditioner adalah perangkat elektronik yang dapat berfungsi untuk menghasilkan udara yang dingin dan suhu udara yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara mengaturnya lewat remote control. Aircon memiliki harga yang cukup tinggi namun beberapa orang memilih untuk membeli aircon second atau bekas dengan harga AC yang terjangkau namun tetap dapat berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa kiat cermat untuk membantu Anda memilih aircond second.

Pertama adalah perhatikan dari luarnya atau casing atau bodynya. Cek apakah air conditioner tersebut masih mulus atau ada yang cacat misalnya tergores atau berkarat. Anda tidak hanya harus mengecek bagian AC yang dipasang di dalam ruangan namun juga yang di luar ruangan. Bagian luar ruangan atau outdoor yang harus diperiksa yaitu:

  • Apakah ada kecacatan fisik atau tidak.
  • Apakah compressor nya masih original atau sudah diganti.
  • Apakah terdapat kebocoran di kondensor atau tidak.
  • Apakah di bagian pres dalam kondisi baik atau tidak.
Kedua adalah dengan memperhatikan nyala AC. Ketika dinyalakan, apakah air conditioner tersebut tetap dapat menyala dan mati dengan mudah saat dikontrol atau tidak. Untuk mengetahui kondisinya dengan baik, maka Anda harus melakukannya selama beberapa kali. Untuk beberapa jenis AC biasanya memerlukan waktu, misalnya beberapa detik sebelum dapat berfungsi secara maksimal.

7 TIPS MEMBELI AC BEKAS




Ketiga adalah dengarkan suaranya. Suara AC yang masih dalam keadaan yang baik adalah AC tersebut memiliki suara yang halus. Jika terdapat suara yang berisik dan cukup keras, maka jangan ragu untuk bertanya langsung kepada yang menjualnya sehingga harga AC yang ditawarkan kepada Anda tidak merugikan Anda. Keempat adalah cek bagian remote controlnya. Lakukan pengecekan dengan memencet tombol yang ada di remote tersebut termasuk tombol untuk naik-turunkan suhunya sehingga nantinya Anda tidak perlu untuk membeli remote AC yang baru dan penggunaan AC second tersebut tetap nyaman.

Kelima adalah cek di bagian connection installation. Lihat dan perhatikan apakah terdapat bagian yang sambungannya menempel atau tidak serta jangan lupa apakah terdapat sambungan yang rusak atau tidak karena dapat mempengaruhi kinerja dari air conditioner tersebut. Keenam adalah cek di bagian daya apakah mau transfer listrik ke unit yang ada di luar ruangan atau tidak sehingga Anda tidak perlu mengganti bagian tersebut dikemudian harinya setelah instalasi di tempat Anda.

Ketujuh adalah dengan melihat kelengkapan dari AC tersebut termasuk kartu garansinya. Mungkin saja AC yang akan Anda beli tersebut masih memiliki masa garansi sehingga dapat Anda gunakan garansi tersebut jika ternyata terdapat masalah di air conditioner tersebut.

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan untuk memilih AC agar tidak tertipu harga AC yang abal-abal yaitu:

  • Pertimbangkan dan bandingkan dengan jenis AC bekas yang lainnya. Jika Anda membeli di toko yang menjual berbagai jenis AC bekas atau alat elektronik yang lainnya, maka Anda harus membandingkannya dengan teliti sehingga Anda tidak salah dalam memilih AC tersebut.
  • Jangan lupa untuk mengajak orang yang ahli atau mengerti di bidang alat elektronik terutama AC. Walaupun Anda dapat menanyakan pendapat secara langsung mengenai AC mana yang bagus untuk dibeli kepada orang yang menjualnya, namun sebagian besar orang tersebut tentu akan mempromosikan barang yang sudah lama atau yang terbaru. Dengan orang kepercayaan Anda, maka tidak hanya dapat membantu untuk memilih namun juga menawar harga. 
Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v



Share on Google Plus

About Anisa Ae

10 komentar:

  1. Kebetulan nih mba adikku pengen beli AC. Tapi beli AC bekas harus perhatikan benar produknya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Biar tidak sampai salah beli.

      Delete
  2. Terima kasih tipsnya bunda ANisa,,

    ReplyDelete
  3. Ternyata kalau mau beli AC second itu banyak yang harus dicek ya. Jadi tau nih apa2 aja yang harus dicek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mbak. Hape aja dicek dulu, apalagi AC. ^_^

      Delete
  4. wah.... tipsnya oke mbak....
    jujur, saya lebih suka membeli yg baru, tapi apa salahnya juga yah kali len beli yg bekas....

    ngirit dot com ... hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi ngirit emang bikin mupeng emak2

      Delete
  5. Makasih tips nya
    Tapi untuk elektronik, saya l3bih prepare beli yang baru.
    Tetapi kalau kualitas second masih bagus, kenapa gak ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong. ^_^ Kan jatuhnya lebih hemat. :)

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.