Alasan Blogwalking yang Wajib Kamu Tahu







Anisa AE - Blogger pasti tak asing dengan istilah blogwalking. Apalagi tak jarang blogwalking memang dilakukan untuk interaksi sesama blogger maupun mencari pengunjung untuk blognya.

Blogwalking sendiri adalah jalan-jalan ke blog orang lain dengan meninggalkan komentar. Itu untuk membangun interaksi antar pembaca dan blogger. Tak jarang komentar di blog memang dari orang yang butuh informasi, pingin tahu isi tulisan, atau sekadar blogwalking ke sesama blogger.
Kenapa harus blogwalking? Sepenting apa sih blogwalking?

1. Tidak Dibilang Sombong
Blog sekarang tidak hanya dipakai sebagai curhat ataupun menulis yang gak penting. Beberapa orang sudah menggunakan blog sebagai penghasil uang mulai dari adsense sampai review.


Nah, di dalam dunia blogger ada istilah saling komentar atau minta view untuk sekadar dibuka halamannya. Dalam blogwalking tersebut ada juga istilah blogger sombong dan tidak mau blogwalking balik padahal udah dikunjungi. Hihihi.

Ya kan emang kesibukan orang beda-beda. Ada yang selalu stay di depan hape atau laptop untuk blogwalking, ada juga yang memang harus menyempatkan diri untuk blogwalking di sela aktivitasnya yang bejibun sebagai pekerja ataupun ibu rumah tangga.



2. Punya Banyak Teman
Kalau saya kan emang tidak sombong dan selalu blogwalking balik, jadi bisa punya banyak teman di dunia maya. Berasa gak punya teman aja, wkwkwk.

Dengan sering blogwalking, kita bisa lebih dikenal oleh blogger lain. Melakukan interes pada lebih banyak orang. Minimal dikenal nama dan blognya. Ah, saya jadi ingat almarhum Om Cumi yang suka banget bewe sampai ratusan blog. :(

Oh iya, kasih komentar yang relevan juga dengan isi blog. Minimal dua-tiga kalimatlah biar berasa banget interaksinya.

3. Menanam Link
Blogwalking adalah salah satu sarana menanam link kita pada blog teman dengan menambahkan link url dan nama kita saat komentar. Walaupun banyak yang bilang itu tidak berhasil karena link tersebut statusnya nofollow, namun tak sedikit pula yang berhasil (salah satunya saya).

Ngeblog







Mungkin untuk blogger femes yang punya banyak penggemar, hal itu tak perlu. Gak perlulah menanam link atau blogwalking untuk memperbanyak pengunjung blog. Tapi saya bukan blogger femes dan berasa banget wajib blogwalking agar lebih dikenal, sekaligus bisa menanam link untuk menaikkan DA dan PA blog.

Tapi ingat ya, tidak semua blogger mau menerima link hidup di dalam kolom komentar. Biasanya disediakan kolom url/name untuk meninggalkan link di sana. Jangan sampai karena pingin banget dapat backlink, jadi dikasih link hidup semua.


4. Dikenal Agensi
Sadar atau tidak, banyak agensi berkeliaran di dunia maya, salah satunya adalah blog. Dengan banyaknya komentar di dalam artikel, terlihat jika banyak pula yang mengunjungi blog kita. Itu menjadi nilai plus tersendiri di mata agensi maupun google.

5. Update Info
Sebagai seorang ibu yang tak punya televisi di rumah, blogwalking menjadi salah satu alasan saya untuk update informasi yang lagi booming. Khususnya jika ada lomba blog, SEO, maupun berita yang sedang hits. Apalagi blogwalking bisa banget buat mengetahui ada job apa di antara blogger. Hihihi.


Masih mikir kenapa harus blogwalking? Masih tak punya waktu buat blogwalking? Atau blogwalking menjadi hal penting dalam dunia ngeblogmu? Yuk share.




Share on Google Plus

About Anisa Ae

40 komentar:

  1. Biar tidak dikira sombong dan dikenal luas agensi. Berkat sering blogwalking, sering pula mendapat job-job. Dan lumayanlah bisa menambah pundi-pundi kantong biar tampak tebal terus.

    ReplyDelete
  2. Saya ngerasain sendiri mba, waktu sebelum bw sama sesudah berusaha buat bw. Saya jadi dikenal nama saya yg lengkap. Klo saya bilang Halo saya Ipeh. Pasti langsung pada nyaut, oh Ipeh alena ya? Duh senangnya ada yang inget hehe

    ReplyDelete
  3. Sejak punya bayi dan leptopku
    rusak,makin jarang bewe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku juga gitu. Sekarang alhamdulillah, bayi mulai besar, jadi ada waktu lagi.

      Delete
  4. masak jaman se modern kaya gini masih g punya televisi ...ah mbak Ae bisa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan. :D Dulu ada, tapi entah gimana nasibnya.

      Delete
    2. Blogwalking itu perlu lhoo mbak... Ya sekedar coret coret aja bikin seneng admin, di samping itu kita tahu perkembangan berita terupdate.. .iya kan?

      Delete
  5. aku sering dpt info yg menarik terutama tentang alam yg indah di indonesia, suka banget walau gak pernah ke sana tpi tahu betul keadaannya dari baca dr bolgger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya sih, Bun. :) Tapi kau belum puas kalau belum lihat langsung. :)

      Delete
  6. Alhamdulillah aku jadi semakin semangat untuk BW, mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kan udah sering colek-colekan juga di FB, Mbak :D

      Delete
  7. Iya bener Mbak banyak keuntungan blog walking. Akhir2 ini aku jarang blog walking...hiks. Tapi mungkin seberapapun sibuknya tetep harus nyempetin BW kayaknya ya Mbak...menjalin silaturahim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Silaturahmi antar blogger. Kalo belum bisa, ya di sosmed aja :D

      Delete
  8. Beqe memang penting banget, semenjak rajin BW saya bisa kenal banyak orang dan belajar banyak hal. Termasuk dari mba Ae.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika bisa belajar dari saya :)

      Delete
  9. Setuju, dan siapa tahu bisa bertemu secara langsung, kopdar gitu. Secara sudah kenal secara blogwalking :)

    ReplyDelete
  10. Alasan saya BW buat nambah wawasan dan juga bisa belajar banyak dari semua blogger serta informasi yang diberikan.

    ReplyDelete
  11. Iya mba kadang rajin BW juga jgan baper klo seandainya blog yang kita BW ternyata ga balik BW hahaha...
    yg ptg niatnya BW memang selain menjalin silaturahmi didunmay tapi krn butuh informasi yang disajikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. :D Yang penting ikhlas dan niat yang baik.

      Delete
  12. Banyak banget ya manfaat blogwalking selain menjalin silaturahmi

    ReplyDelete
  13. No. 1 saya banget mba haha, uda hampir 3 bulan nggak blog walking, #jadicurhat iihh hihi

    ReplyDelete
  14. Aku bw juga buat ngeliat tulisan Blogger yang lain mba, kadang membaca tulisan mereka yang bagus-bagus itu membuat mood nulis jadi lebih baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi motivasi juga deh. :D

      Delete
  15. Aku suka banget tipsnya, mau nyoba rajin BW lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... kalau BW, rajin berkunjung ke sini juga, ya? Hihihihi

      Delete
  16. Trnyata banyak.manfaatnya bw ya mbak...y wes tak rajin bw diluk engkas...siapa tau yg tak bw..bw balik..jadi bw bw an...hiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, iyo, Mbak. :D BW en blog ku pisan yo?

      Delete
  17. Kalo aku alasan blogwalking arna suka sama kontenya,
    yang kedua karna blognya memag sudah aku follow sebelumnya.
    yang ketiga kalau lagi mood pasti aku bisa marathon blogwlking ke banyak blog muehe

    ReplyDelete
  18. Ohh, biasanya paling cuma baca artikel tanpa koment. Ternyata manfaatnya banyak sekali

    ReplyDelete
  19. BW mungkin yang baik disesuaikan tema saat tulisan dipublish. Blog saya ttg dunia hobby motor CB dan sekitarnya, karena sedang bahas manfaat bekas syik eyeshadow buat pembersih, akhirnya buka buka tentang eyeshado meski ini dunianya wanita

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.