Sekilas Tentang : Dolly Saiki Point, UMKM, dan Inspirasi 60 Tahun Astra








Anisa AE - Surabaya yang identik dengan patung Sura dan Baya itu selalu membuat saya terkesima. Bukan karena saya tidak mencintai kota sendiri, namun karena perubahan besar yang dilakukan oleh kota tersebut dengan Bu Risma sebagai walikota.

Siapa yang tak kenal dengan sosok satu ini? Seorang ibu yang menaungi anak-anak di dalam kota tersebut, membawa perubahan yang luar biasa pada Kota Surabaya. Jika belasan tahun yang lalu Surabaya masih terasa panas, saat ini sudah banyak pohon di sepanjang jalan. Tak hanya itu, Dolly, siapa yang tak kenal dengan tempat itu? Sebuah tempat yang sangat terkenal di Asia Tenggara.

Bahkan saya pernah menulis sebuah cerpen dengan judul Dolly yang dimuat pada salah satu majalah di Aceh. Seterkenal apa tempat itu dulu? Pasti sudah tak asing lagi di telinga kita, bukan? Namun saat ini berbeda. Tempat itu sudah diubah sedemikian rupa menjadi lebih baik. Sebaik apa?

Peresmian Dolly Saiki Point : Sumber dollysaiki.com
Di Dolly saat ini sudah ada Dolly Saiki Point yang diresmikan oleh Bu Risma. Tempat apa itu? Itu adalah sebuah tempat untuk memperjualbelikan karya para warga Dolly dan sekitarnya. Berbeda dengan ‘karya’ sebelumnya, tempat ini mengenalkan pada masyarakat luas tentang produk UMKM, dibuat langsung oleh anggota yang lebih dari 300 orang. Bayangkan, tempat yang fenomenal se-Asia Tenggara itu diubah menjadi lebih baik untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga : Ide Usaha Agar Banjir Uang Menjelang Lebaran

Tidak hanya kota saya, Kota Surabaya pun sudah siap menghadapi MEA dengan membuat banyak pelatihan untuk UMKM.
Sumber : pahlawanekonomi.com






Dalam proses pengembangan UMKM tersebut tak bisa lepas dari campur tangan pihak lain, salah satunya adalah Astra. Astra memberikan hadiah sepeda motor untuk Anugerah Pahlawan Ekonomi di Surabaya. Itu adalah bentuk kontribusi dari Astra dalam salah satu yayasan yang dinaunginya, Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA).

Sumber : http://ydba.astra.co.id/

Yayasan Dharma Bakti Astra sendiri telah didirikan oleh William Soeryadjaya pada 1980 . Saya sangat setuju dengan filosofi yang memberikan kail, bukan ikan. Kenapa? Karena dengan banyaknya pengangguran di Indonesia, sebenarnya kita tidak harus memberikan mereka uang untuk kehidupan sehari-hari. Namun, kita perlu memberikan skill yang nantinya dengan kemampuan tersebut, mereka bisa menggunakan uang untuk modal usaha. Selain menguatkan ekonomi diri sendiri, bisa membuka lowongan kerja untuk orang lain. Lebih bagus lagi, jika skill tersebut dibagikan kepada orang lain. Seperti tulisan saya sebelumnya tentang Lowongan Kerja dan Mindset Masyarakat.

Sampai saat ini, YDBA sudah membina dari 8.500 UKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk pemuda putus sekolah, YDBA melatih 500 pemuda putus sekolah menjadi mekanik dan membuka lebih dari 57.000 lapangan kerja lewat UMKM. Tidak hanya itu, YDBA juga mendirikan LKM (Lembaga Keuangan Mikro) atau koperasi untuk membantu para UMKM.

Profil Yayasan Dharma Bakti Astra :



Tahun ini, Astra telah berumur 60 tahun ( Yey selamat ulang tahun buat Astra … :D ). Harapan saya di tahun ini, semoga Astra tidak hanya menjangkau Surabaya, tapi juga Malang (kota saya). Kenapa kota saya? Salah satunya karena di sini juga sangat banyak UMKM yang belum mendapatkan bimbingan dari ahlinya. Khususnya untuk para pengusaha yang berada di pelosok dan kurangnya jangkauan teknologi.

Baca Juga : Gentong Uang dari Ngeblog

Di sini juga ada yang mirip seperti Dolly, namanya Suko di Sumberpucung. Ada juga di Godanglegi. Saya ingin Astra juga memberikan bimbingan dan fasilitas lebih untuk para 'mantan pekerja' di sana. Agar tidak ada lagi yang bekerja seperti di Dolly dulu, tapi menjadi Dolly yang sekarang. :)


Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

52 komentar:

  1. Salut buat Surabaya dan Ibu Risma yang udah mengangkat martabat para mantan penghuni Doly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. :D Ngefans berat deh sama sosok Bu Risma.

      Delete
  2. Saya setuju bahwa kini Surabaya kian membaik dg segala perubahannya

    ReplyDelete
  3. Kita, sekeluarga besar adalah pengguna setia brand ini :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
  4. Aku ke Dolly waktu masih aktif di Bonektim dulu, skrg nggak lagi

    ReplyDelete
  5. Bu Risma ketje badai pokoknya..berani nutup Dolly.. sukses untuk lombanya Mbak.. sedih saya nggak bisa ikut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin. :D Semoga bisa ikut untuk yang selanjutnya.

      Delete
  6. Wah keren ya
    Beginilah seharusnya kerja nyata dari seorang pemimpin
    Bukan sekedar membubarkan tapi juga memberi solusi
    Seneng deh melihat warga Dolly nantinya bakal lebih produktif menghasilkan karya positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren sekali, Mbak. Makanya aku salut banget ma Bu Risma. :)

      Delete
  7. Bu Risma memang TOP! Salut banget ama beliau yang bisa mengubah citra Dolly jadi lebih baik. Semoga bisa jadi cobtoh untuk daerah-daerah lain

    ReplyDelete
  8. Produk UMKM di Dolly Saiki Point itu apa aja Nis?

    ReplyDelete
  9. gebrakan bu risma mmg keren
    dolly jadi sgt berubah sekarang

    ReplyDelete
  10. Asyik banget UMKM yang mendapat bimbingan begitu. Semoga bermanfaat program-program nya ya Astra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :D Alhamdulillah, Mbak. Manfaatnya besar buat masyarakat sekitar

      Delete
  11. Astra itu memang inspiratif banget ya ... ampe sekarang selalu salut sama Astra

    ReplyDelete
  12. Weeh keren Astra memberikan bimbingan ya. Ini tuh seperti rumahnya para UMKM ya, jadi tahu bergam karyanya.

    ReplyDelete
  13. InsyaAlloh sedikit demi sedikit image Dolly jadi positif ya setelah adanya Dolly Saiki Point.

    ReplyDelete
  14. Sempet mikir tempat apa ya... Trs baru ngeh... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe bisa saja Mbak Vety. :D

      Delete
  15. Selamat ulang tahun ke 60 Astra, Semoga di Suko, Sumberpuncung & Gondaglegi juga bisa dialihfungsikan seperti Dollysaiki.

    ReplyDelete
  16. "Karya" warga Dolly yang dahulu dengan yg sekarang jauh berbeda dan jauh lebih baik pastinya ya, Mbak. Semoga Surabaya semakin maju, juga Malang dan semua kota di Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Alhamdulillah bisa makin maju. Kota2 yang lain juga. Semoga jadi lebih maju. ^_^

      Delete
  17. Astra makin banyak membuat inspirasi di masyarakat, Mbak.

    ReplyDelete
  18. Astra sangat menginspirasi ya mba. Tak terasa teryata skarang sudah 60 tahun :)

    ReplyDelete
  19. Surabaya memang layak jadi kota inspirasi berkat walikota yang berprestasi.

    ReplyDelete
  20. Keren banget pemerintahan di Surabaya, ga butuh waktu lama buat merevitalisasi citra dari Dolly. Semoga bisa ditiru oleh kota-kota lain di Indonesia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :) Walikotanya keren sih :D

      Delete
  21. Ya Allah, ngiri sama perjuangan bu Risma, bisa merubah keburukan menjadi kebaikan, yg selama ini dibiarkan.. ngiri kebayang pahalanya, aku mah apa atuh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa kok melakukan hal baik, walaupun tidak sekeren Bu Risma. Allah tahu yang terbaik. :)

      Delete
  22. Surabayaa makin kecee mbak yaa :D selain industri kreatif yg makin berkembang, kotanya juga makin hijau berserii. saluut pokoknyaa sama warga surabaya dan Bu Risma tentunyaa :)

    ReplyDelete
  23. gebrakan Bu Risma memang sangat bagus, pantas saja kalau beliau termasuk walikota terbaik di Asia

    ReplyDelete
  24. Kalau ke surabaya, pengin deh main ke dolly. tapi kapan yah ke surabaya? hahaha

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.