Blogger yang Juga Wirausahawati, Ria Mustika Fasha







Anisa AE - Ria Fasha memiliki nama lengkap Ria Mustika Fasha. Ia seorang perempuan keturunan suku Padang namun besar dan lahir di Bengkulu, sehingga ia lebih dikenal sebagai blogger Bengkulu, apalagi sekarang ia bersama keluarga kecilnya tinggal di Bengkulu dan aktif ngeblog di www.riafasha.com.

Ria Fasha ini termasuk sudah kahot (senior) ngeblog, sebab sejak masih kuliah ia ngeblog dengan platform Multiply dan kemudian membuat lainnya di Blogdetik, Kompasiana, dan akhirnya jatuh cinta di Blogspot. Sampai saat ini dua blog yang paling banyak ia gunakan adalah www.riafasha.com dan www.happyummi.com.


Ria Fasha memiliki bakat dagang yang sangat kuat, bahkan ibu dari Ubay Faris Arkhan (2th 6bln) ini memiliki banyak ide cemerlang untuk membuka bisnis yang menguntungan. Ketika ia masih SD, hampir setiap hari ia menjajakan keripik pedas dan es lilin pada teman-teman sekolahnya. Sekalipun guru sempat mengkhawatirkan konsentrasi belajarnya yang bisa teralihkan karena berwirausaha sejak dini, tapi ia berhasil membuktikan bahwa pelajaran dan wirausaha bisa dilakukan berbarengan tanpa mengganggu satu sama lainnya.






Saat kuliah, dimulai dari berjualan aneka kreasi kain flanel, jualan pin dan pulsa sampai buka rentalan dan juga mengajar les privat ia lakoni, bahkan ia juga sempat menjadi penyiar radio Jazirah FM lho! Hal itu ia lakukan demi meringankan beban kedua orangtuanya dengan kuliah secara mandiri. Ria Fasha bersama teman-temannya mendapatkan dana usaha dari Dirjen Dikti sebesar Rp. 38 juta setelah memenangkan kompetisi proposal usaha. Saat itu ia bersama temannya membuka usaha percetakan. Walau tak bertahan lama dan bikin nyesek, tapi ia tak mau lama-lama galau.


Saat menikah, Ria Fasha membuka usaha foto copy dan rental di kampus almamaternya, sistemnya bagi hasil karena modalnya diberikan oleh seorang dosen. Usahanya laris manis tapi terpaksa merelakan usahanya karena ia keguguran tiba-tiba. Menurut diagnosis dokter, sinar radiasi dari mesin yang membuatnya keguguran.

Akhirnya setelah diberi amanah sebagai seorang ibu oleh Allah, Ria Fasha juga mendapatkan kesibukan baru yang tak perlu meninggalkan rumah yakni usaha perlengkapan pesta dan juga menyediakan tart yummy untuk semua acara. Semangat dan keikhlasannya berwirausaha tak mengkhianati hasil yang sekarang ia dapatkan. Daebak!

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v




Share on Google Plus

About Anisa Ae

10 komentar:

  1. Mbak yang satu ini emang kece abis. Selama baca blognya yg ku rasakan itu adem, orangnya tegar banget. Salam buat Mbak Ria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam kata Mbak Ria. :D

      Delete
  2. Keren ya, Teh Ria. Aku langsung cek ke TKP aja ya, Teh, biar tahu lebih jelas :)

    ReplyDelete
  3. Ooo ini ta Ria M Fasha, kenal nama doang wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... Kenalan juga ma orangnya gih. Ramah banget lho. :D

      Delete
  4. Sepertinya sepak terjang beliau sangat menginspirasi banget, mulai dari dagang, jadi guru hingga jadi penyiar radio.

    ReplyDelete
  5. Mbak ria fasha multitalenta, ngga cuma ngeblog saja. Sang ibu dan wirausaha juga, memang layak disebut supermom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ah, pengen kaya dia juga aku.

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.