Hebohnya MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017


Anisa AE - Mahasiswa adalah generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, di tangan mereka kita akan serahkan tanggung jawab dan kepercayaan untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan lebih maju lagi. Di tangan dan pundak mereka juga akan kita serahkan masa depan calon penerus agama kita. Mereka adalah sumber daya manusia yang cemerlang, harus dibimbing dan diarahkan pada kegiatan yang positif dan memiliki nilai yang tinggi, sehingga mereka kelak terbiasa untuk senantiasa berada dalam lingkungan yang positif, serta jauh dari kebiasaan melalaikan waktu yang kelak akan disesali di usia tua nanti.


Mahasiswa yang merupakan sumber daya manusia yang masih mentah, mereka perlu ditempa dengan serius, dan tak hanya sebatas dengan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ilmu umumnya saja, namun juga harus ada pantauan serius dalam pengembangan pribadi dan juga karakternya. Dengan adanya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017 yang akan diadakan mulai tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2017 di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, impian kita membangun generasi muda yang berakhlakul karimah dan pandai ilmu duniawinya semakin dekat terwujud.



Kedua universitas besar yang disebut adalah tuan rumah untuk acara akbar yang satu ini, acara yang dihadiri oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Sudah tentu menjadi kebanggan luar biasa bagi para mahasiswa dan mahasiwi di kedua universitas bisa ikut andil melaksanakan acara besar yang satu ini. Bahkan bagi para alumnus dan masyarakat sekitar pun turut merasa bangga, serta ingin ikut mewujudkan acara yang sukses.
Ada banyak sekali acara dan kegiatan kompetitif yang akan dilaksanakan selama pekan MTQ Mahasiswa Nasional ini, agenda utama mereka yakni MTQ adalah yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi walau demikian, puluhan agenda acara lainnya juga tak boleh dilewatkan karena keseruannya yang tak akan ditemukan di tempat lain. Tahun ini MTQ dikabarkan akan menambah materi untuk cabang lomba Hifdzil 30 juz. Kemudian, apabila tahun lalu yang bisa mengikuti lomba hanya para hafiz, tahun ini ada perubahan peraturan menjadi sedikit lebih longgar untuk memperbesar peluang kompetisi untuk semua gender. 



Sekarang para hafizah juga diperbolehkan turut serta mengikuti lomba. Yang lebih menarik lagi, pada kategori lomba Hifdzil, pihak panitia memiliki rencana untuk mendatangkan Imam masjid Masjidil Haram langsung untuk menilai kemampuan Hafiz dan Hafizah. Luar biasa! Sudah tentu hal ini akan semakin mencambuk semangat para peserta untuk memberikan penampilan terbaik mereka dengan hati yang paling ikhlas dan tulus.

Kemudian selain Hifdzil, cabang lainnya yang akan dilombakan dalam MTQ Mahasiswa 2017 adalah Musabaqah Tilawatil Qur'an, Musabaqah Tartil Qur'an, Musabaqah Qira'ah Sab'ah, Musabaqah Fahmil Qur'an, kemudian ada juga Hifdzil 5 dan 10 juz, bahkan akan diadakan juga Debat Kandungan Al Qur'an (Bahasa Inggris) serta Lomba Karya Tulis Al Qur'an. Begitu banyak acara menarik yang bukan hanya menyulut semangat untuk berprestasi, namun juga menggelorakan semangat kita untuk mempelajari Al-Qur’an lebih dalam lagi.

Dengan tema "Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 kita integrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur", acara akbar yang satu ini memberikan kita banyak pelajaran berharga. Salah satunya adalah kekompakan dalam kegiatan positif yang menyebarkan good vibes pada lingkungan sekitar. Kerjasama antara kedua universitas menunjukkan bahwa kedua perguruan tinggi di Malang ini sangat kompak. 


Kekompakannya dimulai dari pembagian acara yang sangat rapi dan teratur, misalnya acara seremonial pembukaan akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya, sementara itu acara penutupan (yang rencananya akan dihadiri oleh Ustad Yusuf Mansyur) di lakukan di Universitas Malang. Hal ini sangat menganggumkan, bukan? Belum lagi adanya dukungan penyediaan tempat mengingat bagi sekitar 3.000 peserta lomba yang berasal dari seluruh Nusantara dari UIN Maulana Malik Ibrahim. Benar-benar sangat kompak demi kepentingan bersama. Salut!

Karena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017 ini bukan hanya tentang kompetisi MTQ antar mahasiswa dari berbagai penjuru Tanah Air, namun juga memberikan hiburan serta pengalaman baru bagi masyarakat sekitar. Karena itulah perguruan tinggi di Malang berusaha keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelaksanaan acara yang satu ini. Harapannya bukan hanya menyukseskan acara, namun juga memberikan banyak pengalaman  baru serta makna positif bagi seluruh mayarakat.



Buah dari kekompakan tersebut adalah banyaknya kegiatan menarik yang akan membuat masyarakat terhibur dan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah bazar. Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang paling ditunggu oleh kaum ibu dan para gadis, karena memang hakikatnya mereka senang berbelanja, jadi tak heran jika yang mendatangi lokasi bazar kebanyakan adalah kaum hawa. Asyiknya lagi, bazar diadakan oleh kedua kampus sehingga masyarakat bisa memilih bazar mana yang akan mereka datangi. Bazar Universitas Malang atau Bazar Universitas Brawijaya? Yang jelas kedua-duanya sama menariknya, kok!

Baca Juga : Jalan Jajan ke Bazar MTQ UB

Universitas Negeri Malang menggelar bazar mereka di Kompleks Gedung Graha Cakrawala, sementara itu Universitas Brawijaya memilih untuk mengadakan bazar di Lapangan Parkir Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya. Lantas apa saja yang menarik disana? Total lebih dari 100 stand dari kedua bazar akan menanti kita disana. Dari mulai stand makanan dan jajanan tradisional, stand usaha mahasiswa mandiri dan masih banyak lagi. Pengunjung bukan cuma bisa menghadiri acara MTQ saja, namun juga bisa berburu kuliner dan berbelanja berbagai kebutuhan mereka disini. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.



Jangan lupa, ada kegiatan sebar 1000 kupon makan gratis selama bazar untuk pengunjung MTQ Mahasiswa Nasional 2017 lho! Kemudian ada pawai yang berwarna-warni, workshop Pudding Art & Painting (seni menghias dan melukis puding yang cocok untuk jadi kegiatan sampingan dan menghasilkan uang ini sangat ngehits lho! Kemudian workshop painting untuk mengenalkan masyarakat dengan teknik decoupage yang bisa menghias benda bekas menjadi benda layak jual), kompetisi tumpeng mini (berkreasi dengan bahan yang harganya tak lebih dari 50 ribu Rupiah tentu sangat seru, ya!), Festival Lomba Anak Soleh (terbagi dua kategori yaitu anak 3-6 tahun dan kategori anak 7-10 tahun), juga ada Beauty Class dimana kita bukan cuma mendapatkan ilmu baru di dunia make up, namun juga bisa mendapatkan produk kecantikan dari Wardah gratis!

Berbagai kegiatan yang ada dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XV 2017 ini bukan hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa dan mahasiswi seluruh Indonesia saja, namun juga bagi para orangtua yang ingin menambah ilmu, bahkan adik-adik kecil juga diajak berkompetisi untuk bersama-sama menjadi generasi yang positif dan selalu belajar demi kehidupan yang lebih baik.

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v
Share on Google Plus

About Anisa Ae

11 komentar:

  1. Anyway mba, namanya kok jd Mahasiswa Nasional? Biasanya MTQ kan umum ya. Apa ini khusus Mahasiswa aja ato gmn? Baru ngeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pesertanya khusus mahasiswa. :D

      Delete
  2. MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 pasti semarak banget ya mbak? Ngomong mbak admin turut serta nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut jalan2 sama jajannya sambil cari bahan tulisan. Hehehehe. :D

      Delete
  3. Mblog nya sampean lebih dari satu ya mbak, saya kadang bingung mau komen di blog yg mana, khawatirnya nyasar di blog lain

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillaah..., kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat dan amat perlu untuk terus dilestarikan dari tahun ke tahu ya, Mbak, agar semakin mahasiswa-mahasiswa yang cinta al-Qur'an dan semakin mendalami al-Qur'an.

    ReplyDelete
  5. Asik banget mba acaranya.. apalagi ada acara beauty class hihihihihi.. *tetep yaaa yang dicari beauty-beauty-an**

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  6. wah seru banget sepertinya,,,keren !!!

    ReplyDelete
  7. Kebetulan acaranya dekat kampus saya Polinema. Tapi saya kurang fasih kalau membacanya masih perlu banyak belajar

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.