Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

TRAVELING

LIFESTYLE

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » 5 Jenis Dimsum dan Cara Asik Saat Memakannya







Anisa AE - Jika Anda ke Hongkong salah satu makanan khas dari negara tersebut adalah dimsum. Eh, tapi Anda sudah tau tentang makanan khas Hongkong ini belum? Atau malah makanan ini salah satu dari makanan favorit Anda? Hmm, bagi Anda yang belum tahu, tepat sekali. Saya akan menjelaskan tentang seperti apa sih itu dimsum? Dan ada berapa saja jenis dimsum itu, hehe. Chek it out!

Makanan yang disebut juga dengan hanyu pinyin atau dianxin ini, jika dilihat dari bahasa kantonis memiliki arti makanan kecil. Makanan yang memiliki bentuk kecil yang berisi daging dan sayuran ini biasanya dimakan untuk sarapan atau makanan kecil sebelum makan siang. Cocok sekali buat Anda yang tidak terlalu menyukai makanan berat seperti nasi sebagai menu sarapan. Jadi, Anda tidak hanya melulu sarapan roti deh pas pagi hari, hehe. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran-restoran yang menjual sajian makanan jenis ini. Jadi, kita tak usah jauh-jauh pergi ke Hongkong yaa jika ingin merasakan bagaimana rasa dari dimsum atau biasa disebut dianxin ini, hehe.

Dianxin ini biasanya dikonsumsi berbarengan dengan minum teh atau sebagai cemilan saat makan berat. Saking terkenalnya makanan dari Hongkong ini, tidak sedikit yang membuat makanan kecil ini untuk dikonsumsi sendiri atau dijual misalnya lewat toko online. Mengingat banyaknya peminat dari makanan yang biasa digunakan sebagai makanan pembuka ini, tak heran jika dengan berjualan dianxin merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.
Ada beberapa jenis dianxin yang bisa Anda coba yang rasanya sangat lezat.

Baca juga : Khas Malang  yang Tak Boleh Terlewatkan

1. Hakau

Bagi Anda yang penyuka udang, makanan ini wajib untuk dicoba. Jenis ini merupakan jenis dianxin yang berisi udang yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis yang transparan. Hakau akan semakin enak saat dimakan dengan saus cabai. Apalagi saat hakau masih panas, pastinya akan sangat terasa nikmat. Di musim hujan seperti ini, menyantap hakau sebagai menu sarapan bisa sekali Anda coba. Bagi yang tidak suka pedas bisa diganti pakai saus tomat atau bisa juga pakai mayonnaise.

2. Phoenix claw

Walaupun namanya terdengar sangat keren namun makanan ini merupakan dianxin kaki ayam. Beberapa orang menyebutnya ceker ayam, hehe. Bagi sebagian besar orang, kaki ayam akan dibuang saat memasak ayam karena geli sehingga enggan untuk memakannya. Namun, sayang sekali jika Anda langsung membuangnya begitu saja, padahal di dalamnya banyak mengandung protein yang baik bagi kesehatan. Namun jangan kawatir, sekarang Anda bisa membuat phoenix claw dengan merebus kaki ayam terlebih dahulu serta diberi bumbu khusus atau sesuai dengan resep pembuatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan resep tersebut melalui buku memasak atau cari saja di web yang menyediakan resep dan cara pengolahan phoenix claw , lalu Anda bisa mengolahnyabaru kemudian dikonsumsi. Jika jenis dianxin lain dibungkus dengan kulit pangsit, jenis ini dibiarkan saja sehingga Anda akan menemukan ceker dengan warna merah yang menggoda. Wah, tentunya sangat sayang sekali kan jika biasanya Anda membuang kaki ayam yang bisa dibuat makanan selezat ini. Selain lezat juga bergizi bagi tubuh.

3. Char siau bauu

Jenis dimsum ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh umat Islam. Kenapa ya? Sebab, makanan yang memiliki bentuk seperti bakpao dengan ukuran yang lebih kecil ini menggunakan isian daging babi. Tapi, buat Anda yang non muslim bisa sekali loh makan dimsum jenis ini, apalagi Anda yang sangat menyukai olahan daging babi. Dianxin ini terbuat dari daging babi yang sebelumnya diolah dan dibumbui dengan bumbu tertentu. Penyajiannya sendiri adalah dengan cara dipanggang atau dikukus.

4. Tofu skin roll






Dari namanya sendiri pasti sudah dapat ditebak jika terdapat formula tahu di dalamnya. Jika jenis dianxin yang lainnya umumnya dibuat dengan cara dikukus, maka jenis ini sedikit berbeda loh yaitu dibuat dengan cara digoreng. Di Indonesia sendiri memang banyak sekali makanan yang proses pembuatanya di goreng, jadi tak heran jika makanan ini sangat pas di lidah orang Indonesia. Dianxin ini menggunakan kulit tahu yang di dalamnya diisi dengan sayuran dan daging udang yang sudah dibumbui sebelum akhirnya digoreng. Agar lebih enak saat makannya, bisa dicocol dengan mayonnaise ataupun sauscabai. Sungguh sangat menggugah selera kan? Apalagi jika Anda termasuk penyuka gorengan, sangat cocok sekali untuk di konsumsi sebagai camilan saat santai. Anda tidak akan bosan dengan dengan menu dianxin yang satu ini, saus cabai yang menjadi teman dari tofu skin roll akan semakin menambah nafsu makan Anda.

5. Shiomai.

Kok namanya familiar sekali ya? Yup, Sekilas memang terdengar seperti jenis makanan dari Indonesia yaitu shiomai khas Bandung yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun makanan ini berbeda jauh dari shiomai bandung loh, karena dalam olahanya tidak menggunakan bumbu kacang atau olahan ikan tengiri sama sekali seperti yang biasa digunakan dalam bahan pembuatan shiomay khas bandung. Hampir sama seperti char siubaau, makanan ini juga menggunakan daging babi yang dibumbui sebagai isiannya. Tapi jangan kawatir bagi Anda yang muslim masih bisa mengkonsumsi dianxin shiomay ini karena ada juga yang menggunakan daging ayam sebagai isianya. Nyam-nyam, pasti sangat membuat Anda penasaran kan? Anda bisa menikmati shiomai dalam rasa dan penyajian yang berbeda.

Untuk makan dimsum seperti di hari raya imlek, misalnya Anda diundang di tempat teman Anda saat merayakan Imlek, cara makannya adalah:

1. Mulailah terlebih dahulu dengan minum teh. Pastikan dahulu the sudah terendam dengan cukup dan jika teh dalam teko sudah habis, maka balikkan tutup teko tersebut atau biarkan saja terbuka. Teh berfungsi untuk menetralisir lidah, menurunkan minyak dan lemak.

2. Gunakan sumpit. Dalam memakan dianxin, sendok hanya digunakan sebagai pembantu untuk makan, sedangkan garpu dan pisau adalah alat makan yang tidak digunakan apalagi jika Anda ikut dalam perjamuan makanan saat Imlek.

3. Saus seperti saus sambal dan mayonnaise bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang terbiasa makan pedas. Namun jika Anda ingin makan dengan rasa yang autentik, maka Anda tidak boleh mencampurkan saus tersebut. hanyaada 3 jenis cocolan saat makan dianxin yaitu kecap asin. Cuka yang sudah dicampurkan dengan irisan jahe atau chili oil.

Nah gimana? Usai sudah penjelasan saya tentang dimsum dan jenisnya yang lezat dan patut untuk Anda coba. Bukankah hanya dengan membaca artikel ini sudah mampu menggugah selera Anda? Dimsum mana yang rasanya paling enak? Jawabanya hanya bisa Anda dapatkan ketika sudah mencobanya sendiri, hehe. Selamat mencoba yaa … dan tentukan sendiri mana dimsum favorit Anda, karena selera orang berbeda-beda.

Baca Juga : Launching Cokelat Collata Fineza dari PT Gandum Mas Kencana

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

16 komentar:

  1. Char Siau Bau ini sering bgt dibahas di acara masak2 di TV itu. Sempat kemecer, e ternyata B2. Hahaha... Pupus sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu, kita orang jadi nggak bisa makan. :'D

      Delete
  2. Makan ceker enak,, lah klo ditambahin kulit pangsit, tambah mantap tuh mbak, hhee

    ReplyDelete
  3. Saya dan Vani suka Hakau mbak Anis, kalau nggak salah isinya udang ya. Tapi sayang mahal jadi kami belinya nggak boleh terlalu sring, paling sebulan sekali hehe..

    Penasaran juga sama Tofu skin roll, sepertinya segar karena ada kuahnya dan tentu isinya enak sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu, Mbak. Hehehehe biarlah sebulan sekali, yang penting hasrat terlaksana. :D

      Delete
  4. Yummy! Pengen banget makan dimsum...terutama yg all u can eat. Hmmm baca jenis2nya ini bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. :D Jadi pengen lagi aku. Hehehehe

      Delete
  5. Oh, jadi gitu ya, Teh, ada cara-caranya sendiri ya..
    Intinya pertama harus minum teh dulu ya.. hehe

    Unik juga ya, tapi pagi jam segini lihat makanan rasanya laper gini..

    ReplyDelete
  6. Dimsum favorite bgt buat sarapan yg shiomai... Enakkkk

    ReplyDelete
  7. cekernya ga dibuang kok mbak.. hahaha :) enak plus murah itu

    ReplyDelete
  8. January besok aku ke Hongkong dan udh bikin list tempat dimsum terkenal di sana, yg khusus muslim, krn aku mau puasin makan dimsum di tempat asalnya :D.

    Ada lagi jenis xiao long bao mba.. Itu dimsum yg isinya ada daging/keju dan kuah sekalian. Jd pas masuk mulut, kuah gurihnya lgs nyembur, enak bangettt :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, penasaran sama sensasi rasanya. Pasti lumer banget. :D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.