Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

TRAVELING

LIFESTYLE

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » » » Launching Cokelat Collata Fineza dari PT Gandum Mas Kencana







Anisa AE - Tak ada yang tak suka dengan yang manis-manis, apalagi yang namanya cokelat. Maka karena itu, saat ada acara Sweetoday, antusiasime masyarakat terlihat sangat luar biasa. Maka karena itu, tepat pada tanggal 9 September 2017 silam, acara yang serba manis ini sukses digelar! Jadi acara regular yang memang selalu diadakan oleh PT Gandum Mas Kencana, yang merupakan produsen cokelat Colatta dan juga tepung premix Haan juga tentu saja bubuk cokelat Bendico ini selalu diadakan dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hebatnya lagi, antusiasime masyarakat tiap tahun selalu saja memuaskan! 


Tak ada yang tak suka dengan yang manis-manis, apalagi yang namanya cokelat. Maka karena itu, saat ada acara Sweetoday, antusiasime masyarakat terlihat sangat luar biasa. Maka karena itu, tepat pada tanggal 9 September 2017 silam, acara yang serba manis ini sukses digelar! Jadi acara regular yang memang selalu diadakan oleh PT Gandum Mas Kencana, yang merupakan produsen cokelat Colatta dan juga tepung premix Haan juga tentu saja bubuk cokelat Bendico ini selalu diadakan dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hebatnya lagi, antusiasime masyarakat tiap tahun selalu saja memuaskan! 

Baca Juga : Grand Opening Firda Bakery, 500 Roti Habis Dalam Satu Jam


Siapa yang gak mupeng jika tiba-tiba dapat telepon diminta menghadiri acara dari Collata? 

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 9 September, saya berkesempatan hadir dalam acara launching cokelat fineza, sebuah produk baru dari collata. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Yellow, Surabaya. Tentunya sebagai penikmat cokelat, saya tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Penikmat? Tahu sendiri kalau saya jarang sekali memasak. Selain tidak ada waktu, saya pun berasa ribet banget kalau memasak. Khususnya memasak kue. Aduuuh ribet. Belum dimixer, diopen, dan menghafalkan resepnya. Saya lebih suka makan. Khususnya makan kue dengan rasa cokelat. Biasanya saya beli di toko roti terdekat atau di penjual yang sering lewat depan rumah. Ya, kan rumah saya dekat dengan pasar. Hahaha.


Tapi tidak sembarang cokelat sih, saya sering merasa enek kalau kebanyakan makan kue. Apalagi Machin, dia sangat perasa. Kalau tidak cocok dengan lidahnya, dia akan langsung mengatakan tidak enak. Walau terkadang kami beda selera, lidahnya itu selalu cocok dengan siapa saja.

Tentang Sweetoday.

Jadi bagi yang masih bingung dengan acara tahunan yang satu ini, Sweetoday adalah merupakan gathering spesial bersama fans yang telah bergerak aktif di sosial media yang kemudian dipertemukan dalam satu kegiatan, khusus untuk bertukar ilmu seputar dunia baking, termasuk tren baking dan aneka trik tips yang sedang viral. Tentu saja salah satu tujuannya adalah supaya bisa saling berbagi ilmu baking, tak lupa juga saling berbag mengenai dunia wirausaha, satu lagi yang paling penting adalah sebagai wadah berkumpulnya pecinta pastry & bakery! Enak lho, bisa cicip-cicip makanan enak dan serba manis. Gratis!

Jadi pada kesempatan yang spesial ini para pengguna loyal cokelat colatta bisa berbagi enjoyment atau berbagi kesenangan bersama-sama dalam satu wadah komunitas Sweetoday yang sangat akrab. Acara ini dihadiri oleh setidaknya 60 peserta yang paling beruntung bisa terpilih dari ratusan peserta yang asalnya dari Surabaya dan kota sekitarnya.



Yang spesial selain berbagi enjoyment bersama sesama pecinta makanan manis, dalam acara sweetoday tahun ini yang berlangsung di Wok n Tok Yello hotel Jemursari Surabaya ternyata juga bertepatan dengan launching colatta Fineza, yakni salah satu produk cokelat terbaru unggulan dari PT Gandum Mas Kencana. Peluncuran produk spesial ini diwakili oleh Ibu Sri Utami yang merupakan Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana, akhirnya produk Colatta Fineza pun resmi diperkenalkan untuk para pecinta cokelat  dengan domisili di Jawa Timur, khususnya di Surabaya si kota pahlawan.


DRAMA Sebelum Berangkat ke Surabaya.

Beberapa hari menjelang acara, saya mendapat undangan dari BEKRAF untuk mengikuti diskusi di Hotel Papilio, Surabaya. Acara tersebut membahas sebuah buku yang akan diterbitkan untuk menjadi pedoman para penerbit mandiri atau yang lebih dikenal sebagai penerbit indie. Seperti penerbitan yang saya kelola selama lima tahun ini.
Galau, itu pasti. Di satu pihak ingin menghadiri acara collata, di pihak lain ingin menghadiri acara bersama BEKRAF. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, saya mengajak Meiga untuk berbagi tugas. Meiga datang di acara bersama BEKRAF mewakili saya, saya hadir di acara collata. 

Sebenarnya saya bisa saja hadir di acara BEKRAF terlebih dahulu karena dimulai pada pukul sembilan pagi. Lalu langsung pergi ke Yellow Hotel untuk menghadiri acara bersama Collata. Tapi rasanya tidak etis saja jika menghadiri sebuah acara dengan hanya mengikuti setengah dari rangkaian acara. Apalagi jika sampai acara di Hotel Papilio berlangsung lebih lama dari perkiraan.

Karena tidak bisa meninggalkan anak-anak dan suami, saya pun meminjam mobil beserta sopirnya untuk menemani ke Surabaya. Michan masih 100% asi, tidak pernah saya beri sufor. Sementara Asma bakal nangis kalau saya tinggal seharian. Kami pun berangkat jam 5.45 dari Kepanjen agar tidak telat menuju Hotel Papilio untuk mengantarkan Meiga ke acara BEKRAF.

Akhirnya Berangkat Juga.

Bukan pertama kalinya saya ke Surabaya, tapi biasanya naik kereta berdua dengan Michan. Tapi kalau dengan formasi lengkap, saya pun menyiapkan minum dan jajan untuk anak-anak. Apalagi Asma tidak bisa diam, ada saja yang dia minta saat di perjalanan. Saya lumayan pusing saat naik mobil ke Surabaya. Sudah bukan rahasia kalau saya itu mabuk kendaraan. Untungnya saya sukses tidak muntah di dalam mobil saat berangkat, sampai di Hotel Papilio. Belum menunjukkan pukul sembilan saat kami tiba, saya pun langsung mengantar Meiga ke dalam hotel. Untungnya ada bapak-bapak dari Lumajang yang tanya lokasi acara BEKRAF kepada saya, saya pun menitipkan Meiga pada mereka.

Rasanya sesuatu banget karena AE terpilih menjadi salah satu yang ikut dalam diskusi tersebut. Karena ternyata yang hadir dalam acara tersebut hanya beberapa orang. Setelah mengantar Meiga, kami mencari sarapan dulu dan mampir ke Bebek Sinjay di dekat Hotel Papilio. Sayang sekali menunya di sana hanya bebek, minumnya juga hanya teh. Padahal di menu yang terpampang, ada ayam juga, minumnya ada jeruk. Hiks, kecewa.


Setelah makan, kami menuju ke Taman Bungkul. Lumayan asri juga ya, karena saya baru pertama kali ke taman ini. Biasanya saat ke Surabaya, saya langsung ke lokasi acara, tanpa sempat jalan-jalan. Ini adalah rekomendasi dari Mas Yulianto, sopir yang mengantar kami ke Surabaya. Setelah parkir, saya langsung turun dari mobil. Sayangnya anak-anak sudah tidur semua. Oalah gak jadi jalan-jalan deh. Tapi setelah mendapat peniti dan bros, saya kembali ke mobil, membangunkan Asma agar ikut jalan-jalan. Ternyata dia sangat happy bermain di taman bermain yang ada di Taman Bungkul. Nanti saya tuliskan sendiri soal jalan-jalan ini.

Setelah jalan-jalan, kami langsung menuju ke Yellow Hotel. Jangan sampai telat deh ke lokasi acara sweetoday deh.

Sambutan sebuah cokelat collata fineza dengan ukuran besar membuat saya tersenyum. Tingginya hampir sama dengan tubuh saya. Setelah registrasi, saya pun langsung mengajak Asma buat bergaya bersama cokelat abal-abal tersebut. Hihihi.

Setelah itu, kami langsung menuju ke tempat makan siang. Di sana Asma minta es dan saya mengambilkan makan untuk suami. Kebetulan saya masih kenyang dari bebek sinjay tadi. Menunya di sana sangat menarik, yang paling menarik adalah air mancur cokelat yang meleleh banget. Ada marsmellow yang bisa dicelupin ke cokelat. Tidak hanya itu, ada biskuit yang bisa dicelupin juga.
Cokelat itu sangat menarik Asma dan dia suka banget dengan marsmellow yang dicelupin ke cokelat. Berkali-kali ngambil. Saat cokelatnya mengeras, dia ambil lagi yang masih cair. Dipikir mainan kali ya? Saya pun penasaran dan ikut mencicipi dua snack tersebut. Wow, cokelatnya enak, langsung lumer di mulut. Marsmellow dan biskuit dicelupin ke cokelat juga enak banget. Perpaduan rasanya itu lho. Eh, ternyata itu adalah cokelat fineza yang sedang launching. Wow.


Kopdar Blogger Tipis-Tipis

Lalu datang Mbak Vicky dan juga keluarga biru. Akhirnya saat makan, kami duduk semeja di balkon. Asma jadi punya teman buat lari-lari dan menikmati cokelat lagi saat bersama Aiman. Sementara Machin sama Aira duduk berdua, emak-bapak mereka pun saling ngobrol, bertukar pengalaman. Tak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan sharing dunia perbloggeran saat bertemu dengan mereka. Ada saja yang kami bahas. Mulai dari dunia blogger sampai dengan keluarga. Obrolan makin hangat.


Saat makan siang dan menunggu acara dimulai, dihibur oleh mas-mas manis dengan suara merdunya. Lalu datanglah MC lucu bin gokil yang membuat para peserta tersenyum. Jika di tempat lain, foto berada di akhir acara, hanya di sini foto di awal acara. Katanya sih mumpung bedak belum luntur, maklum deh para pesertanya kan emak-emak semua. Di situ rasanya sang MC pengertian banget deh. Hihihi.







Workshop Photography

Rangkaian acara menjadi semakin seru dan meriah dengan adanya workshop photography dengan pemateri Puji Rahayu (ia adalah pemenang Lomba Kreasi Resep Colatta di tahun 2016 silam, FYI), yang menjadi objek fotonya adalah aplikasi resep Clay-pound dan Coconut Hokaido chiffon yang hasil kreasi dari Technical Advisor dari Gandum Mas Kencana, yakni Chef Dino dan juga Chef Deny Sualang. Luar biasa, deh! Terlihat begitu enak dan menggugah selera jadinya. Btw, Mbak Puji ini juga salah satu blogger dari Malang dan saya baru ketemu saat acara itu berlangsung. Nah, Mbak Puji pun memberi tips dan trik sekalian praktik bagaimana cara memotret makanan dengan baik, menggunakan kamera ponsel. Wah, ternyata memotret dengan kamera ponsel juga menghasilkan gambar yang bagus loh.


Para peserta sangat antusias dalam mempelajari tehnik fotografi oleh Mbak Puji. Bahkan, ada 5 orang yang belajar secara khusus, plus nantinya dipilih satu orang untuk mendapat hadiah. Ngomong-ngomong soal hadiah, acara ini bertabur hadiah. Banyak peserta yang mendapat doorprize undian, ada juga lomba foto di IG dan facebook. Foto terbaik mendapat hadiah pula. Ternyata kali ini saya belum hoki, tidak ada satu pun doorprize yang nyantol.

Kenalan Dengan PT Gandum Mas Kencana

Sebelum membongkar resep spesial yang dibagikan oleh kedua Technical Advisor kebanggaan Gandum Mas Kencana, alangkah lebih baiknya jika berkenalan terlebih dahulu dengan perusahaan yang satu ini. Gandum Mas Kencana telah mengedepankan misi: “Menyenangkan dan memuaskan orang melalui produk makanan dan minuman serta layanan terkait, sesuai kebutuhan setiap pelanggan.”
Hal itu jelas terbukti, sebab sejak berdiri tahun 1985 silam, PT Gandum Mas Kencana (disingkat GMK) mampu menunjukkan keseriusan eksistensinya di bidang industri makanan spesialis cokelat dengan brand Colatta dan juga ada produk andalan lainnya yang berbahan dasar powder, terkenal dengan brand Haan dan Bendico. Pasti sudah sering dengar, dong? Di supermarket dan minimarket seluruh Indonesia juga ada, kok!

Seperti kebanyakan perusahaan besar yang melegenda, GMK juga merupakan perusahaan yang dimulai dari usaha rumahan spesialisasi penyedia kebutuhan baking skala rumahan juga, hingga saat ini GMK telah berkembang menjadi pion terdepan dan jadi salah satu pemain utama dalam industri cokelat. Hebatnya lagi, sekarang GMK telah menjadi pengekspor cokelat dalam negeri yang sudah merambah ke sejumlah negara besar lainnya di Asia, Afrika, Eropa juga lho! Bahkan ke depannya sudah menyusun rencana untuk melebarkan sayap ke berbagai negara yang lain.



GMK tahu betul bahwa kebutuhan pasar akan terus berkembang dan ditambah lagi berbagai ide serta tren akan terus tumbuh dan bergantu, GMK juga memahami bahwa setiap konsumen itu membutuhkan produk yang spesifik dan sesuai dengan harapan mereka. Setiap waktu industri makanan senantiasa membutuhkan bahan baku yang berkualitas tinggi yang nantinya akan mempengaruhi produk jadi. Tetapi pertimbangan lainnya adalah harga yang bersaing menjadi titik paling penting dalam bisnis ini. Berangkat dari hasil riset tersebut, maka GMK mengerahkan teknologi terkini mereka, tim riset dan serta tim quality management untuk mewujudkan harapan masyarakat akan kebutuhan yang lebih spesifik serta dalam tujuan mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen dewasa ini.

GMK juga didukung oleh sertifikasi Halal, HACCP, ISO 9001, ISO 22000 dan SNI, dilengkapi dengan teknologi tinggi, menghasilkan banyak produk bermutu, juga mencetak sumber daya manusia berkualitas untuk mengembangkan produk yang memenuhi harapan seluruh mayarakat.

Resep Spesial dari kreasi cokelat Gandum Mas Kencana



Berikut ini adalah salah satu resep spesial yang bisa kita cicipi dari kreasi cokelatnya GMK. Asyiknya lagi kreasi cemilan yang satu ini adalah santapan tradisional yang seringkali kita lihat sebagai jajanan pasar, dengan sentuhan modern membuat kuliner yang satu ini makin cucok. Klepon bertranformasi menjadi Clay-Pound dan bagaimana cara membuatnya? Namanya jadi aneh ya? Bukannya aneh, tapi biar makin kekinian. 

Bahan Kulit:
250gr Tepung Ketan (Glutinous Rice Flour)
50gr Tepung Beras (Rice Flour)
235ml Air
8gr Garam
±2½ gr Pasta Pandan
 ±2½ gr Pasta Strawberry

Bahan Filling:
75gr Fineza Dark Compound, cacah kasar sampai cukup kecil ukurannya (boleh dilebihkan timbangannya jika kurang)

Bahan Coating:
25 gr Kelapa parut kering

Proses:
1. Campur semua bahan kulit, uleni hingga adonan kalis dan halus. Bagi adonan menjadi 2 (@270 gr), adonan 1: tambahkan dengan pasta pandan, adonan 2: tambahkan dengan pasta strawberry
2. Timbang adonan @ 20 gr, padatkan hingga membentuk bulatan.
3. Isi dengan bahan filling (@ 3 gr), padatkan dan bulatkan kembali. (bisa disimpan di chiller)
4. Masukkan klepon dalam air mendidih selama ± 3 menit atau hingga klepon mengapung, setelah mengapung, biarkan selama ±  1 menit, angkat dan tiriskan
5. Proses coating dengan kelapa parut kering, sajikan

Dari satu resep kita bisa membuat setidaknya 25 buah klepon spesial, dan cemilan spesial ini cocok sekali sebagai dessert atau makanan penutup yang lezat. Selain itu kudapan ini juga direkomendasikan untuk menu di cafe-cafe dan restoran, sebab bisa diproduksi massal serta praktis penyajiannya.

Baca Juga : Hidangan Lezat Menggugah Selera dari Jakarta Catering

Hanya saja untuk penyajian massal, sebaiknya pada step kedua atau sebelum filling sebaiknya dibungkus dengan menggunakan plastik, atau disusun dalam wadah yang kedap udara supaya kleponnya tidak keras dan bisa diisi cokelat saat siap untuk dimasak. Sehingga hasil kleponnya masih segar dan enak. Khusus untuk yang ingin warnanya lebih terang, maka saat memasukkan perisa lemon, baiknya ditambah dengan pewarna makanan kuning juga supaya warnanya lebih keluar dan warna kleponnya jadi lebih cantik. Selamat mencoba!

Acaranya luar biasa karena saya baru menyadari bahwa para peserta yang hadir adalah undangan eksklusif. Semua kursi penuh, ternyata antusias para ibu-ibu di Kota Surabaya untuk acara launching produk dari collata ini sangat patut diacungi jempol. Terlebih, para undangan adalah ibu-ibu yang suka masak. Kecuali saya, suka makan. Hahaha. Lengkapnya bisa dilihat pada vidio di bawah, ya.



Acara berlangsung sangat meriah, pulangnya, para peserta mendapat goodie bag juga. Wah, selain mendapat ilmu, hadiah, juga dapat goodie bag. Tidak rugi deh datang ke acara sweetoday4 bersama collata di Surabaya ini. Jika kamu pingin ngrasain produk baru dari collata, bisa langsung mengunjungi toko kue terdekat, di Alfa juga ada lho. Mau cobain resep di atas juga boleh banget. 

Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AEbiar dapat update info tiap hari ^^v





«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

14 komentar:

  1. Wuaahhhh...mupeeeeng. Apalagi saya doyan banget nih ngemil cokelat. Collata ini andalan saya kalau bikin kue-kue cokelat gitu :)

    ReplyDelete
  2. salfok sama coklat bar-nya gede banget.. beneran itu isinya coklat mbak?

    ReplyDelete
  3. aku mau yang coconot hokkaido chiffon mbak
    acaraya seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget. :D Di Indomart dan Alfamart ada lho.

      Delete
  4. Asyik dong mba biSa datang ke event ginian. Aku penikmat cokelat pula..kl beli roti...hampir selalu yang rasa coklat/dalemny ada isian coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iya, Mbak. :D Cocok banget buat pecinta coklat.

      Delete
  5. Itu keliatan nyempil fotonya Mbak Ivon yah Mbak Nisa? heee
    Gendong Aira?
    Aku belum pernah nyobain loh Coklat Colatta Fineza itu mbak, hhe
    Resepnya boleh juga nih hhhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... Ayo dicobain, Mbak. :D

      Delete
  6. Acara yang cukup meriah, meskipun aku mengharap ruang acaranya bisa lebih besar :)

    ReplyDelete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.