Theme images by dino4. Powered by Blogger.

ARTIKEL

TIPS

TRAVELING

LIFESTYLE

BUNDA

KULINER

PROFIL

» » » Tips Ampuh Atasi Sakit Gigi Pakai Bahan Alami


Anisa AE -Kalau orang sedang sakit gigi, jangan coba-coba buat  diganggu deh. Karena, temperamen orang sakit gigi itu sedang pada fase ganas-ganasnya. Mungkin bagi yang belum pernah mengalami sakit gigi tidak akan pernah tau betapa gigi semakin sakit kalau ada orang beriksik di sekitar, rasanya seerti ingin makan orang :D. Bahkan ada lirik lagu yang mengatakan “lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi”, betul banget loh, tapi bagi sebagian orang mungkin tidak setuju karena dua-duanya juga sakit :’(. Sakit gigi terjadi saat terjadi peradangan atau infeksi pada gigi yang berlubang , makanan dan minuman yang memiliki suhu terlalu dingin atau terlalu panas, makanan dan minuman manis, dan bisa terjadi karena peradangan gusi.

Saat mengalami sakit gigi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah pergi ke dokter  gigi untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi jika ingin menggunakan cara alternatif juga ada, dan cara ini bisa dibilang cara alami karena hanya menggunakan bahan-bahan alami.
1.     Air garam

Garam adalah salah satu dari bumbu dapur yang tidak dapat lepas dari masakan. Meskipun memiliki rasa yang asin dan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi jika terlalu banyak mengonsumsinya, kandungan zat dalam garam sudah terbukti dapat membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi pada gigi berlubang.

Caranya adalah dengan melarutkan garam secukpnya menggunakan air hangat. Kemudian kumur-kumurlah mengunakan larutan air garam terebut. Mungkin akan terasa sakit pada gigi yang berlubang, tapi tidak akan berlangsung lama.

2.     Getah jarak

Anda sudah tau dengan pohon jarak? Pohon jarak sering disebut sebagai apotek hidup. Kenapa demikian? Karena jarak sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak dahulu. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari pohon jarak. Selain bisa menyembuhkan luka dan gatal-gatal, bisa juga digunakan sebagai obat alami sakit gigi.

Caranya dengan memotong daun pohon jarak, lalu teteskan langsung getahnya pada gigi yang berlubang. Bisa juga dengan menaruh getanya pada kapas atau cotton bud lalu kompreskan pada gigi yang sakit.

3.     Bawang putih

Bawang putih sendiri adalah salah satu yang digunakan dalam membumbui masakan. Akantetapi beberapa orang  tidak menyukai bawang putih dengan alasan baunya yang sangat mengganggu. Mengonsumsi bawang putih juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh. Tetapi selain sebagai bumubu masakan, bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. 

Caranya ambil satu suing bawang putih, lalu belah menjadi dua. Letakkan bawang putih yang telah dibelah pada gigi yang sakit, diamkan selama beberapa menit.  Atau bisa juga dengan melembutkan bawang putih sampai menjadi seperti pasta dan oleskan pada gigi yang sakit menggunakan cotton bud.

4.     Minyak tawon

Banyak orang yang menggunakan minyak tawon sebagai minyak untuk pijat. Di balik minyak tawon terdapat banyak kegunaan selain untuk minyak pijat. Diantaranya bisa sebagai obat saat terkena gatal-gatal, bisa juga obat untuk luka luar agar cepat kering. Meskipun baunya menyengat dan sangat mengganggu, minyak yang biasa digunakan untuk pijat keseleo ini  juga bisa mengobati sakit gigi.

Caranya dengan mengoleskan minyak tawon pada cotton bud atau kapas steril lalu kompreskan pada gigi berlubang yang sakit dan diamkan beberapa menit. Lakukan secara teratur maka sakit pada gigi akan berkurang.





5.     Es batu

Siapa sih yang tidak akrab dengan es batu? Ya, biasanya es batu identik dengan minuman segar dan dingin. Tapi tahukah jika es batu sangatlah banyak manfaatnya. Es batu dipergunakan dalam pengawetan ikan agar tetap segar.  Juga digunakan dalam mengaduk adonan roti agar suhu adonan tetap dingin dan tidak mengembang. Selain itu manfaat lain dari es batu bisa meredakan sakit pada gigi.

Caranya dengan mengkompreskan es batu pada pipi yang bengkak akibat sakit gigi. Hal tersebut terbukti dapat meredakan nyeri pada gigi.

6.     Cengkeh

Alasan kenapa orang zaman dahulu jarang yang terkena sakit gigi adalah kebiasaannya dalam mengunyah cengkeh atau biasa disebut nyusur atau nginang. Karena dalam biji cengkeh terdapat zat yang ampuh dalam meredakan nyeri pada sakit gigi. Pada zaman modern Anda tidak perlu mengunyah biji cengkeh secara langsung, karena sudah terdapat minyak dari biji cengkeh.
Anda cukup mengambil sedikit tetesan minyak cengkeh pada kapas atau cotton bud lalu oleskan pada gigi yang sakit. Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak cengkeh, karena menurut beberapa penelitian cengkeh dapat menyebabkan sennsasi seperti terbakar jika terlalu banyak. 

7.     Cabe hijau

Cabai tidak hanya digunakan untuk membuat sambal. Dibalik rasanya yang pedas dan panas memiliki banyak sekali kegunaan. Kandungan pedas pada cabai bisa meningkatkan nafsu makan pada orang yang mengonsumsinya. Terlepas dari itu cabai bisa membantu dalam pengobatan sakit gigi.

Caranya dengan memotong ujung dari  cabai hijau, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan hal ini dua kali sehari secara rutin sampai nyeri pada gigi mereda.

8.     Jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat bagus bagi tubuh. Di era modern ini banyak produk kecantikan yang juga menggunakan kandungan dari jeruk nipisdi dalamnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, dapat menyembuhkan jerawat, dan mengurang produksi minyak pada kulit yang berminyak.  Jeruk nipis juga sangat ampuh dalam meredakan nyeri pada sakit gigi yang disertai dengan gusi yang bengkak.

Caranya yaitu ambil satu buah jeruk nipis. Belah jadi dua bagian, lalu peras. Tempelkan perasan jeruk nipis pada kapas, lalu kompreskan pada gigi berlubang yang sakit. Bisa juga ditambahkan garam pada air perasan jeruk nipisnya. Selain jeruk nipis makanan lain yang mengandung banyak vitamin C sangat bagus dalam menjaga kesehatan gigi.
Selain tips-tips di atas terbukti dapat membantu mengobati sakit gigi, alangkah baiknya jika kita dapat mencegah daripada mengobati. Mencegah dengan cara mengubah pola hidup menjadi sehat. Menjaga gigi adalah investasi masa depan. Karena dengan gigi yang sehat, di masa tua kita tidak akan kesulitan dalam mengunyah makanan. Kalau di masa muda saja gigi sudah banyak yang rusak dan berlubang bagaimana dengan masa tua kita? Pakai gigi palsu juga tidak semudah itu, selain harga pemasangan gigi palsu yang mahal, perawatannya juga tidak semudah perawatan gigi biasa. Banyak orang yang bilang jika memakai gigi palsu juga menimbulkan efek samping seperti bau tidak sedap pada mulut. 

Oleh sebab itu merawat gigi dengan baik sejak dini adalah cara terbaik untuk dilakukan. Yaitu dengan secara teratur menggosok gigi dua kali sehari, pagi dan sebeum tidur tidak lupa berkumur menggunakan cairan pencuci mulut. Cairan pencuci mulut bertujuan membunuh kuman yang tertinggal saat menggosok gigi. Bisa juga menggunakan benang gigi untuk membersikan kotoran pada gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.  Serta Jangan dibiasakan makan dan minum yang terlalu panas atau dingin. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi semua. ^^ 






  Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, dan G+, ya? Kalo info ini bermanfaat buat kamu. Nanti akan langsung saya follback buat yang komentar langsung. Bisa juga follow twitter @anis_sa_ae dan FP Anisa AE biar dapat update info tiap hari ^^v

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

14 komentar:

  1. Wah, aku baru tau kalo es batu bisa untuk sembuhkan sakit gigi. Noted, ah! Kalo cara alami yang lainnya sih udah pernah dengar, Mba. :) Thanks for share ya, Mba Anis.

    ReplyDelete
  2. Aku selalu pake air anget dikasih garam buat kumur2

    ReplyDelete
  3. Air garam itu lumayan ampuh loh
    aku aja sering pakai itu kalai sakit gigi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak sih emang rasanya. Rileks. :D

      Delete
  4. biasanya aku pakai cengkeh mbak manjur
    duh tapi jangan deh ampun klo sakit gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit gigi tuh udah menyiksa, nggak ada yang jengukin pula. :V

      Delete
  5. Getah jarak sudah terbukti ampuh buat suami saya.
    Di tempeli irisan cabe hijau, duh ngebayangin aja udah bikin ngilu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, jangan dibayangin kalau gitu, Mbak. :'D

      Delete
  6. Pengalaman saya setelah menggunakan garam untuk menyembuhkan sakit gigi, memang terkadang manjur dan terkadang tidak.Efek Jangka panjangnya menggunakan garam secara terus menerus ialah akan membuat gigi kita rapuh dan hancur.

    Kalau menggunakan getah jarak sebaiknya jangan terlalu banyak, karena getahnya itu loh, sepertinya akan membahayakan, kecuali untuk pengobatan luar.

    pakai cengkeh juga pernah.

    yang penting setelah gigi sembuh jagalah kesehatan gigi, karena sakit gigi sama tidak enaknya dengan sakit hati. :)

    kalau sedang sakit gigi, mendengar suara ayam ribut2 saja membuat emosi, apalagi mendengar orang yang main petasan.Pasti kita marah besar..... :)

    Sekarang saya tidak lagi sakit gigi, karena giginya sudah hancur semua. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau gitu, Bang. :'D

      Delete
  7. Yang sudah pernah pke bawang putih mba..

    Cengkeh pernah juga.

    Tp krn berlubang, ga bisa ditambal lagi..akhirnya aku relakan dicabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku juga ada beberapa yang terpaksa dicabut, Mbak. :'D

      Delete

Harap tidak meningglkan link hidup. :) Terima kasih.